Semakin banyak variasi kartu grafis khusus mining yang akan hadir ketika Biostar baru saja memperkenalkan GPU VA47D5RV42 yang akan dirilis tidak lama lagi. Kartu ini didasarkan pada GPU AMD Radeon RX 470D, dimana saat ini hanya tersedia di negeri Tiongkok. Biostar mengklaim bahwa GPU ini akan sangat cocok bagi mereka yang sedang mencari kartu grafis yang layak dengan pilihan harga lebih terjangkau, apalagi GPU ideal bisa diandalkan bagi “pemain hemat biaya”.




Kartu grafis RX 470D ini akan memiliki unit hitung (compute units) dan stream processor yang lebih sedikit daripada RX 470, namun ia akan memiliki clock speed, memori, dan daya khas yang sama. Fitur yang “dikurangi” tersebut akan membantu pilihan harga kartu berbasis RX 470D lebih terjangkau tanpa menguranginya terlalu banyak.

Biostar’s VA47D5RV42 (Mining) akan memiliki 1.792 stream processors dan memori 4GB GDDR5. Kartu ini juga memiliki desain dual-fan, walaupun ia tampak tidak seperti kartu yang berfokus pada pertambangan. Sebelumnya, Asus juga memiliki kartu grafis khusus untuk ini dimana perusahaan tersebut mengungkap hal tersebut pada bulan Juni, dengan jajaran GPU mining Asus tidak akan memiliki port display. Sehingga hal tersebut juga kemungkinan akan terjadi pada produk khusus dari Biostar yang dengan cepat akan mengubah citra produk agar bisa lebih menarik bagi lebih banyak para penambang Bitcoin dan Ethereal.

Biostar tampaknya ingin mendapatkan momentum saat antusias dunia bitcoin saat ini tengah mengalami Euphoria, apalagi kartu grafis AMD Radeon dan jajaran produk Nvidia kelas menengah sedang mengalami krisis. Apalagi, nilai tukar mata uang bitcoins kini telah meningkat ke level tertinggi sepanjang masa selama beberapa bulan terakhir, yang juga mendorong para penambang untuk meraup lebih banyak keuntungan dengan menambah kartu grafis (tidak lupa hadir pula penambang baru). Semakin banyak kartu grafis maka semakin banyak Ether yang bisa dihasilkan untuk pengembalian investasi yang substansial. Hanya ada satu masalah kecil: saat ini tidak ada cukup kartu grafis untuk bisa dimainkan.

Inilah yang telah menyebabkan kartu grafis berbasis AMD Radeon RX 570 dan 580, atau Nvidia’s GeForce GTX 1060 dan 1070 menjadi cukup langka, sehingga harga yang hadir bisa melompat ke posisi harga yang jauh luar biasa atau hilang dari rak digital pengecer online. Sementara Kartu low-end (RX 560, GTX 1050) dan high-end (GTX 1080) tidak terlalu terpengaruh oleh hiruk pikuk dunia pertambangan.




Biostar belum mengungkapkan informasi harga secara pasti atau kapan ketersediaan kartu grafis VA47D5RV42 (mining) akan hadir. Mungkin saja jajaran ini masih hadir secara eksklusif di negeri Tiongkon, namun kita tidak secara pasti kemungkinan itu akan segera berubah. Sementara itu, siapapun yang mencari kartu khusus pertambangan ini mungkin bisa untuk mengimpornya sendiri. VA47D5RV42 (mining). Kami menduga akan tetap eksklusif ke China, namun, sampai AMD memutuskan untuk membawa RX 470D ke pasar lain. Sementara itu, siapapun yang mencari kartu khusus pertambangan mungkin harus bersiap untuk mengimpornya sendiri.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

Related Posts