Asus Luncurkan 2 Kartu Grafis Khusus Mining, P106 & RX 470

Asus Luncurkan 2 Kartu Grafis Khusus Mining, P106 & RX 470

Penambang  kripto tampaknya bisa bernapas lega untuk beberapa bulan kedepan karena  produsen kartu grafis yang sangat terkenal, Asus telah mengumumkan dua kartu grafis baru yang dirancang khusus untuk pertambangan kriptocurrency seperti Ethereum. Perusahaan tersebut akan menghadirkan seri RX 470 dan P106 khusus mining, dimana mereka mengklaim bisa menghasilkan tingkat rating megahash bisa mencapai 36% lebih baik jika dibandingkan dengan  kecepatan kartu grafis biasanya.

Kartu khusus pertambangan tidak akan memiliki output video HDMI dan DisplayPort, sehingga kita bisa mengharapkan bahwa GPU tersebut akan datang dengan pilihan harga lebih murah Ada beberapa perbedaan utama antara kedua kartu dan model standar antara RX 470 dan P106 (GTX 1060). Yang pertama tentu saja pilihan port, jika anda melihat bagian belakang kartu tempat video dijual berada, anda akan melihat bahwa Mining P106 tidak memiliki output apapun, sedangkan RX RX0 hanya memiliki output DVI, dengan port DisplayPort dan HDMI biasa tidak memiliki konektor seperti biasanya mereka hadir.

Kartu Grafis

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa penambang nyatanya tidak memerlukan keluaran video untuk pertambangan, dan banyak penambang hanya menggunakan grafis onboard prosesor mainstream Intel untuk mengarahkan video ke monitor. GPU P106 dan RX 470 diklaim Asus menawarkan tingkat hash yang lebih tinggi sampai 36%, dimana kedua kartu tersebut dapat mempertahankan operasi 24/7 untuk dunia pertambangan. Apalagi Asus mengungkap bahwa kedua GPU tersebut dirancang untuk penggunaan berkelanjutan jangka panjang, ini tak lain berkat kehadiran komponen yang memiliki efisiensi tinggi seperti halnya kipas dengan bantalan bola ganda yang bisa bertahan hingga dua kali lebih lama jika dibanding dengan kipas lengan tradisional.

Kartu Grafis

ASUS Mining P106 ini didasarkan pada GPU NVIDIA P106-100 dan dilengkapi dengan 6GB GDDR5 yang mungkin telah dimodifikasi dengan timing kustom untuk meningkatkan hashrate untuk algoritma penambangan memori yang lebih intensif seperti Dagger-Hashimoto (Ethash) yang digunakan oleh Ethereal. Baseclock GPU tersebut sebesar 1506 MHz dan Boost Clock adalah 1708 MHz. Menurut informasi awal, NVIDIA P106-100 GPU akan didasarkan pada versi 9 Gbps GTX 1060, meskipun ini mungkin masih berlaku dengan memori yang tampaknya pada 8 Gbps dengan timing yang lebih agresif.  

Berikut dibawah ini adalah tabel spesifikasi lengkap dari kedua GPU ASUS :

Spesifikasi Asus MINING-RX470-4GAsus MINING-P106-6G
Graphics EngineAMD Radeon RX 470NVIDIA P106-100
Video MemoryGDDR5 4GBGDDR5 6GB
GPU Boost Clock1206 MHz1708 MHz
GPU Base Clock926 MHz1506 MHz
Stream Processors / Cuda Cores20481280
Memory Clock7000 MHz8008 MHz
Memory Interface256-bit192-bit
InterfaceDVI Output : Yes x 1 (Native) (DVI-D)No Support
Power Connectors1 x 8-pin1 x 6-pin
Dimensions24 x 13 x3.89 Centimeter24 x 13.1 x3.8 Centimeter

Terlepas dari kenyataan bahwa gamer PC juga saat ini tengah berjuang untuk mendapatkan kartu game yang hebat ini, kehadiran kedua GPU tersebut setidaknya bisa meredakan masalah permintaan. Ini adalah harapan Asus dimana mereka juga bisa berharap kartu khusus pertambangannya dapat membantu mengurangi kekurangan pasokan ini, memberi para penambang manfaat dari kartu grafis yang lebih efisien.




Sedangkan untuk pilihan harga dan ketersediaan saat ini masih belum hadir, karena Asus tampaknya masih mempersiapkan segala sesuatu lebih baik. Tapi mereka menjanjikan tidak lama lagi, itu berarti kemungkinan besar GPU tersebut akan hadir pada bulan juli.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “Asus Luncurkan 2 Kartu Grafis Khusus Mining, P106 & RX 470

Comments are closed.