- Berita Terbaru, Games

Inilah Alasan Mengapa GTA V Mods Dilarang Secara Online Oleh Pengembang

Mooding tools yang sangat populer untuk Grand Theft Auto V tampaknya sudah dihentikan oleh penerbit Take-Two awal bulan ini sehingga ini berdampak negatif bagi ribuan penggemar game tersebut. Para pemain membombardir Grand Theft Auto V dengan ribuan ulasan negatif pada Steam, dan lebih dari 77.000 orang menandatangani petisi secara online yang meminta agar GTA V Mods kembali dipulihkan.




Ternyata, teriakan gamer tersebut telah terdengar sangat nyaring dan jernih sampai ke pihak pengembang dan penerbit. Sampai kemarin malam, OpenIV sekali lagi diperbaharui dan didistribusikan oleh para penciptanya.

Sementara penerbit Take-Two mengejar alat cheat untuk GTA Online akhir-akhir ini, pengembang Rockstar lama mengatakan bahwa mereka tidak akan mengejar pemain Grand Theft Auto V untuk menggunakan mods tersebut untuk single player. Itu sebabnya ancaman hukuman mendadak dari Take-Two terhadap pemain single player yang fokus pada OpenIV awal bulan sangat mengejutkan, dan tentu saja merugikan mereka yang suka sekali membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain.

Dalam sebuah pernyataan kepada beberapa situs terkenal, Rockstar menjelaskan bahwa “sayangnya, OpenIV memungkinkan mods berbahaya baru-baru ini yang memungkinkan pelecehan pemain dan mengganggu pengalaman GTA Online untuk semua orang.” Pencipta OpenIV Yuriy “Good-NDS” mengakui dalam sebuah wawancara dengan Motherboard bahwa beberapa pemain memang menggunakan OpenIV untuk menipu pada bagian permainan online, sebuah kasus penggunaan yang dia katakan tidak tertarik baginya.

Sejak itu, Rockstar memberi tahu Rock Paper Shotgun bahwa mereka telah menghubungi Krivoruchko dan mengkoordinasikan update OpenIV yang memastikan alat modding tidak dapat digunakan di GTA Online, yang mengarah ke pemulihan namanya secara online. Dan dalam sebuah pernyataan baru, Rockstar dan Take-Two menegaskan kembali komitmen umum mereka untuk mengizinkan pemain single mods dalam permainan.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Pihak pengembang membuat sebuah pernyataan yakni :

Rockstar Games percaya pada kreativitas penggemar yang masuk akal dan, khususnya menginginkan pencipta untuk menunjukkan hasrat mereka terhadap permainan kami. Setelah diskusi dengan Take-Two, Take-Two telah sepakat bahwa pada umumnya tidak akan melakukan tindakan hukum terhadap proyek pihak ketiga yang melibatkan game PC Rockstar yang merupakan single player, nonkomersial, dan menghormati hak kekayaan intelektual (IP) yang merupakan pihak ketiga. Hanya saja ini tidak berlaku untuk (i) multiplayer atau layanan online; (Ii) alat, file, library, atau fungsi yang dapat digunakan untuk mempengaruhi layanan multiplayer atau online, atau (iii) penggunaan atau impor IP lain (termasuk IP Rockstar lainnya) dalam proyek ini. Ini bukan lisensi, dan ini bukan merupakan pengesahan, persetujuan, atau otorisasi dari proyek pihak ketiga manapun. Take-Two berhak untuk menolak proyek pihak ketiga manapun, atau untuk merevisi, mencabut dan / atau membatalkan pernyataan ini kapan saja atas kebijaksanaannya sendiri. Pernyataan ini bukan merupakan pengabaian hak-hak yang dimiliki Take-Two sehubungan dengan proyek pihak ketiga.




Blok legalese yang besar memberi Rockstar dan Take-Two hak untuk mengubah pikiran mereka tentang sikap tegas  ini terhadap modding kapanpun, tentu saja. Untuk saat ini, meskipun, kita semua sebagai pemain akan cukup senang, semua pihak tampaknya telah memahami bahwa ini akan membiarkan pemain single player untuk bisa berkreasi dalam modding dan terus bekerja sambil melindungi pengalaman GTA secara Online.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat