Panduan Memilih Harddisk External Yang Ideal Untuk Anda

Panduan Memilih Harddisk External Yang Ideal Untuk Anda

Kadangkala memiliki tempat penyimpanan cadangan seperti harddisk external merupakan ide yang sangat baik bagi anda yang selalu memiliki data penting atau berbagai aplikasi yang bisa dibutuhkan setiap saat. Nah, jika anda sedang mencari harddisk external yang sangat baik untuk kebutuhan anda, berikut dibawah ini merupakan kriteria ideal yang perlu anda cari ketika akan membeli perangkat tersebut.




Fasilitas penyimpanan awan mungkin sangat berguna, tapi tidak semua orang mempercayainya. Sehingga, kebutuhan perangkat seperti harddisk external sangat dibutuhkan bagi orang-orang ini. Masalahnya, ketika anda akan membeli harddisk external, ingatlah bahwa proses pembelian HDD eksternal bisa sangat banyak apalagi pilihan di luar sana bisa sangat membingungkan. Maka dari itu, disini kami akan membantu anda dalam mencari yang terbaik dari perangkat ini.

Sebelum anda akan membeli sebuah atau beberapa HDD external, maka anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut dibawah ini, yakni:

  • Untuk apa anda akan menggunakan perangkat ini ?
  • Seberapa banyak ruang yang benar-benar anda butuhkan ?
  • Dan seberapa sering anda akan membuat cadangan file?
  • Apakah anda menginginkan perangkat ini lebih ringan dan terenkripsi sehingga mudah untuk dibawa kemana saja dan terlindungi dengan baik ?
  • Atau apakah Anda berencana menyimpannya di satu tempat, sehingga Anda bisa membeli perangkat yang lebih berat namun berpotensi lebih murah?

Ketika anda menjawab pertanyaan tersebut,  ini akan membantu anda setidaknya untuk bisa mengukur opsi perangkat penyimpanan terbaik yang akan anda miliki nantinya pada perangkat tersebut.

Kapasitas penyimpanan

Oke, yang pertama adalah kapasitas penyimpanan. Sebuah HDD eksternal bisa berkisar dari sekitar ratusan Gb hingga 4TB. Bahkan, beberapa perusahaan bisa meletakkan dua drive 4TB dalam satu chassis, sehingga ia bisa memiliki HDD sebesar 8TB, dan ini tentunya sangat berlebihan bagi kebanyakan orang. Namun sebagai referensi, komputer akhir-akhir ini biasanya hadir dengan kapasitas sekitar 250GB dan 1 TB ruang di harddisk. Apalagi sekarang juga hadir HDD eksternal mini (juga dikenal sebagai flash drive) yang dapat anda simpan juga sebagai gantungan kunci dan disaat yang sama ia menyimpan beberapa dokumen penting, atau tempat menyimpan semua foto, lagu, dan video Anda.

Harddisk External

Ukuran yang cerdas bagi orang-orang yang ingin menyimpan file besar seperti video dan sebagainya adalah 1TB atau 2TB. Namun jika anda bertujuan hanya menyimpan email dan dokumen, atau file-file yang lebih kecil, maka pilihan kapasitas HDD external dibawah 500GB akan baik-baik saja. Sebagai catatan, semakin banyak file yang ingin Anda simpan, dan semakin besar jenis file (foto dan video lebih besar dari dokumen word), maka semakin besar pula anda perlu memiliki perangkat HDD external. Hard drive eksternal dengan jumlah ruang yang layak katakanlah 1 Terabyte bisa memiliki harga paling murah sekitar 700 ribuan keatas.

Kecepatan transfer

Harddisk External

Setelah anda menentukan kapasitas, maka saatnya anda perlu melihat kemampuan kecepatan transfer data yang bisa dicapai. Ketika anda lebih suka perangkat yang mampu mengambil data dari komputer bisa lebih cepat, maka anda perlu memiliki HDD external dengan konektivitas USB 3.0 keatas. Pilihan konetivitas USB 2.0 tampaknya hanya bagi mereka yang membutuhkan perangkat ini dengan pilihan harga yang lebih murah (walaupun pilihan 3.0 juga bisa bervariasi). Tapi perlu diingat juga bahwa meskipun anda perlu memiliki konektivitas USB 3.0 untuk transfer data lebih cepat, anda juga bisa mempertimbangkan eSATA sebagai pilihan yang terbaik untuk urusan kecepatan (juga lebih mahal). Perlu dicatat disini bahwa tidak semua harddisk eksternal bekerja dengan semua komputer. Jika komputer desktop atau laptop anda memiliki koneksi USB 1.1 atau USB 2.0, maka pilihan HDD external USB 3.0 akan menjadi kendala.

Portabilitas




Ketika anda berencana akan membawa HDD external kemana saja, maka pilihan berat yang cukup ringan (ingat bukan bahan yang sangat tipis) bisa menjadi solusi ideal. Namun jika memang anda tidak berniat untuk membawa perangkat tersebut kemana saja, hanya berdiam diri disuatu tempat yang aman, maka pilihan apa saja tidak menjadi masalah. Inilah yang disebut sisi portabilitas, fitur praktis dalam sisi mobilitas perangkat yang nantinya akan anda gunakan. Unit penyimpanan portabel yang perlu anda lihat adalah pilihan yang bisa menawarkan daya tahan untuk melindungi file anda dari kejutan dan kerusakan. Maka dari itu, hindari sesuatu yang tipis dan cari drive yang menampilkan bahan padat dan tahan lama seperti plastik atau aluminium yang berkualitas.

Lalu kehadiran sisi portabel secara teknis, anda perlu melihat fitur ini juga. Apakah perangkat tersebut  dirancang untuk tetap tersimpan dan memerlukan adaptor daya. Atau anda lebih suka memiliki perangkat yang cukup mudah, tinggal memasukkannya ke komputer tanpa sumber daya eksternal. Selain itu, pastikan juga untuk mencari fitur yang memiliki kipas built-in jika anda nantinya akan sering menggunakan perangkat ini untuk transfer file yang berat. Kipas built-in akan membantu memperpanjang umur HDD.

Keamanan

Pastikan HDD eksternal yang akan anda beli juga dilengkapi dengan enkripsi berbasis hardware, Fitur ini lebih bisa diandalkan daripada enkripsi berbasis software. Hal ini sangat penting karena jika anda ingin menyimpan berbagai file pribadi anda, maka sisi keamanan yang dimiliki perangkat ini juga perlu dilihat. Maka dari itu, kita perlu selangkah lebih maju dan membuat enkripsi menjadi perhatian utama.

Kemudahan dan kehandalan

Kadangkala kita tidak mau terlalu ribet untuk melakukan proses intalasi atau konfigurasi perangkat HDD external. Maka dari itu, pilih HDD dengan perangkat lunak yang disertakan. Ini tidak hanya akan membuat hal-hal jauh lebih mudah, namun juga akan memberikan anda kepastian yang aman. Jadi membeli perangkat dengan berbagai kemudahan dan sisi garansi bukanlah ide yang buruk, terutama jika anda menginginkan perangkat yang bisa bertahan lebih lama dari setahun lebih.

Kompabilitas

Kadangkala ada beberapa perangkat tertentu seperti HDD external hanya kompatibel dengan PC atau Mac, atau bahkan tidak keduanya. Pastikan perangkat yang akan anda beli sesuai dengan spesifikasi yang anda miliki dirumah atau di tempat kerja. Sayang juga kan jika anda membeli sebuah perangkat namun tidak sesuai dengan perangkat yang lain.

SSD eksternal

Pilihan SSD mungkin bisa lebih mahal daripada kebanyakan harddisk tradisional. Apalagi pilihan kapasitas mungkin masih terbatas, tidak seperti harddisk konvensional kebanyakan. Tapi jika memang anda menginginkan sesuatu yang terbaik, maka SSD bisa menjadi pilihan utama anda.

Terlepas dari semua hal yang telah diungkap diatas, ini bisa menjadi modal dasar anda saat akan membeli sebuah perangkat HDD external. Dan perlu diingat bahwa pilihan barang yang berkualitas juga tidak datang dengan murah (juga tidak selalu mahal). Kita hanya perlu lebih cermat dalam melihat sebuah spesifikasi perangkat tersebut secara detail.




Nah, jika anda sudah cukup mengerti dari apa yang telah diungkap diatas, anda mungkin sudah bisa melihat bagaimana HDD external yang ideal untuk anda. Jadi, jika anda perlu harddisk external, anda bisa mulai melihat beberapa pilihan HDD external di daftar ini (membantu kami tentu saja).

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com