AMD Ryzen Kehabisan Stok Setelah Meledaknya Penjualan Prosesor Ini Saat Rilis

AMD Ryzen Kehabisan Stok Setelah Meledaknya Penjualan Prosesor Ini Saat Rilis

AMD Ryzen 7, prosesor terbaru dari AMD yang secara resmi diluncurkan beberapa hari lalu, tampaknya prosesor baru ini membuat rekor sendiri ketika hasil kinerja yang dirumorkan memiliki kekuatan layaknya monster dengan harga yang jauh lebih murah ini terbukti sudah. Kini, barisan prosesor High-end tersebut telah terjual habis baik saat pra-rilis maupun hingga beberapa hari sejak resminya tanggal rilisnya untuk konsumen. Bahkan, beberapa toko online terbesar di dunia, seperti Amazon dan New Egg kehabisan stok untuk memenuhi pesanan pelanggannya yang semakin hari semakin tidak terkendali. Bahkan beberapa dari mereka bersedia untuk menunggu hingga stok tersedia lagi.




Seperti yang diberitakan oleh situs Tom’s Hardware, mereka melihat Amazon telah kehabisan stok untuk produk unggulan Ryzen 1800X, serta 1700X dan 1700, meskipun anda masih dapat membeli dari penjual pasar pihak ketiga. Dan anda akan membayar sedikit lebih jika membeli pada vendor pihak ketiga, sebagai contoh, mereka menjual 1800X dengan harga $ 553 atau sekitar 7.5 jutaan(lebih mahal dari harga yang disarankan $ 499 atau sekitar 6.5 jutaan).

AMD Ryzen

Situs ini juga mencatat bahwa prosesor Ryzen lainnya juga terjual habis juga di situs besar lainnya seperti Fry , bahkan mereka tidak melihat ada model 1800X di Newegg – meskipun yang terakhir tampaknya memiliki unit tapi kehabisan stok. Best Buy juga tidak menawarkan CPU ini sama sekali, hanya beberapa PC prebuilt yang didukung oleh chip Ryzen.

Jadi bagaimana dengan di Indonesia? Kebanyakan di situs online atau toko offline komputer disini sudah memasang harga prosesor Ryzen dengan harga tidak jauh berbeda, namun tidak dicantumkan apakah mereka memiliki stok atau tidak. Kemungkinan besar, ketika anda ingin memesan, bisa dipastikan anda harus menunggu hingga beberapa pekan kedepan hingga ketersedian stok sudah normal kembali, khususnya untuk pasar Asia.

Prosesor Ryzen sudah resmi hadir, dan banyak berbagai ulasan mengenai prosesor ini. Secara keseluruhan, prosesor ini memiliki tanggapan yang positif, karena apa yang dirumorkan selama ini mengenai kinerja terbukti sudah. Apalagi kinerja yang berkaitan dengan pekerjaan yang melibatkan multimedia, Ryzen akan sangat handal untuk hal tersebut, bahkan ia mampu setara atau melebihi kinerja dari prosesor Intel i7 6900K yang memiliki harga 2x kali lipat dengannya.




Adapun beberapa kekurangan pada prosesor ini terlihat pada kinerja gaming dengan resolusi 1080p( 1920×1080). Walaupun tidak secara signifikan mempengaruhi pengalaman gaming yang berkualitas, ada sedikit kesenjangan tersendiri dengan prosesor intel(walaupun beberapa frame-rates yang jatuh tidak akan menjadi masalah). Berbeda halnya ketika berkaitan dengan gaming pada resolusi yang besar, seperti 1440p atau 4K. Prosesor Ryzen mampu bersaing ketat dengan Intel.  Untuk hal inilah, tampaknya akan ada update tersendiri baik dari rekanan AMD, seperti dari motherboard, perusahaan Game atau dari AMD sendiri yang akan merilis semacam patch atau sebagainya untuk memperbaiki kinerja gaming pada resolusi 1080p.

hosting
Terlepas dari itu semua, Ryzen memang pantas mendapatkan berbagai pujian, setelah sekian lamanya pasar prosesor High-end dikuasai Intel secara berturut-turut, kini ia mampu membuat rekor tersendiri dengan kehadiran Ryzen. Selain itu pula, berbagai vendor kini sudah yang banyak mendukung kehadiran prosesor ini, mulai dari built-in High-end PC yang hadir berdasarkan Ryzen, lalu banyak pula solusi pendinginan untuk CPU Ryzen, dimana hanya 1700 saja yang dibundled dengan pendinginan bawaan AMD, yakni Wraith Cooler terbaru.

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com