Belanja Di Amazon? Kenapa Tidak

Belanja di luar negeri kadangkala memberi keuntungan tersendiri kepada kita seperti belanja di salah satu situs terkenal di dunia, Amazon.com. Sebagai contoh, belanja di Amazon akan memberikan kita item yang sangat lengkap, banyak pilihan, dan tentu saja pilihan harga yang lebih murah.

Dan hari ini, banyak orang di Indonesia belanja diluar negeri tanpa harus pergi jauh-jauh, cukup di depan komputer atau laptop, dan memesan barang yang dibutuhkan tanpa harus melangkah jauh-jauh. Salah satu contoh nyata banyak orang belanja online di luar negeri adalah belanja di situs Amazon.

Amazon.com, Inc sering disebut sebagai Amazon, merupakan perusahaan perdagangan secara elektronik Amerika dengan kantor pusat di Seattle, Washington. Amazon merupakan pengecer berbasis internet yang terbesar di dunia dengan total penjualan dan kapitalisasi pasar.

Amazon.com awalnya sebagai toko buku online, kemudian melakukan pelebaran pasar dengan menjual DVD, Blu-ray, CD, download video / streaming, download MP3 / streaming, download audiobook / streaming, software, video game, elektronik, pakaian, furniture, makanan, mainan dan perhiasan.

Perusahaan ini juga memproduksi elektronik terutama untuk konsumen seperti Amazon Kindle e-reader, Fire tablet , dan Fire TV. Selain itu, Amazon adalah penyedia layanan infrastruktur cloud terbesar di dunia (IaaS).  Amazon juga menjual produk-produk low-end tertentu seperti kabel USB dengan brand AmazonBasics nya.

Amazon memiliki situs ritel terpisah untuk Amerika Serikat, Inggris dan Irlandia, Perancis, Kanada, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Australia, Brazil, Jepang, Cina, India dan Meksiko. Amazon juga menawarkan pelayaran internasional ke negara-negara tertentu lainnya untuk beberapa produk.

Pada tahun 2016, Amazon tersedia dalam versi bahasa Belanda dan Polandia dari situs Amazon  Jerman saat diluncurkan. Pada  tahun 2015, Amazon melampaui Walmart sebagai pengecer yang paling berharga di Amerika Serikat berdasarkan kapitalisasi pasar, dan, pada 2016 Q3, perusahaan ini menjadi perusahaan publik keempat yang paling berharga.

Ada keuntungan dan kerugian tersendiri jika berbelanja di Amazon, berikut penjelasannya :

Keuntungan Belanja Online Di Amazon :

  • Kenyamanan. Hal terbaik tentang Amazon adalah Anda dapat pergi berbelanja tanpa pernah berjalan keluar pintu.
  • Murah. Karena banyak dari produk yang dijual kembali oleh konsumen, Anda bisa mendapatkan barang yang sering jauh lebih sedikit murah daripada anda membeli di situs tertentu.
  • Keamanan Terjamin. Amazon merupakan situs yang sangat aman daripada kebanyakan ketika datang untuk membayar barang-barang anda, apalagi jika anda akan membayarnya dari luar negeri, seperti dari Indonesia. Jika anda tidak ingin menggunakan kartu kredit atau kartu debit di situs, anda memiliki pilihan untuk menggunakan PayPal, yang merupakan cara yang lebih aman untuk pembayaran.
  • Banyak pilihan atau Variasi. Amazon lebih baik daripada mal atau situs yang ada di Indonesia, karena anda dapat membeli apa saja di Amazon, tinggal klik mouse atau tekan keyboard.
  • Ulasan Barang. Di Amazon, anda memiliki kemampuan untuk membaca ulasan pengguna sebelum membeli produk, dan anda juga dapat melihat review dari penjual, sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda mendapatkan yang terbaik.
  • Pengiriman Cepat. Belanja di Amazon tidak usah khawatir akan metode pengiriman barang, karena anda bisa belanja dengan pilihan pengiriman yang relatif banyak variasinya. Mulai dari paket ekonomis hingga pilihan 3 hari sampai ke tempat tujuan, walaupun anda berada di Indonesia.

Kerugian Belanja Di Amazon:

  • Amazon Menagihkan Beban Kepada Penjual- Juga disebut komisi atau beban, biaya penjualan adalah biaya yang dibayarkan untuk membeli atau menjual investasi tertentu. Hal ini dinyatakan sebagai persentase dari jumlah yang diinvestasikan. Sales Charge tergantung pada kategori produk antara 7% dan 20%
  • Dengan pilihan “Shipping Via Amazon“, biasanya biaya pengiriman dimasukkan juga dalam harga jual
  • Menemukan sesuatu yang menarik (dengan keluar arah) cukup sulit di Amazon kecuali jika Anda menambahkan barang favorit anda untuk rekomendasi mereka.
  • Pengalaman Situs web UI terlihat sedikit canggung. Ada banyak yang bisa berubah di sana untuk memberikan pengguna pengalaman membeli yang lebih baik seperti bagian pilihan mainan dengan mainan pria dan wanita.
  • Pengalaman pengiriman Internasional Amazon benar-benar didasarkan pada jasa kurir.

Tips Saat Belanja Di Amazon

  • Pastikan anda mengetahui bahwa barang yang akan anda beli bisa dikirim ke Indonesia. Biasanya, ada keterangan bahwa barang tersebut bisa atau tidak bisa dikirim di Indonesia. Namun cara yang lebih baik adalah mencentang tanda “International Shipping” dimenu sebelah kiri.
  • Sebelum anda memastikan bahwa anda akan membeli barang, sebaiknya hitung terlebih dulu total jumlah harga barang tersebut ke dalam rupiah, termasuk biaya pengiriman dan pajak masuk. Jika lebih murah dibanding di Indonesia, anda bisa membelinya, jika tidak dan ada yang lebih murah disini, lebih baik membeli di Indonesia.
  • Lihat total jumlah keseluruhan harga sebelum membeli. Jika Anda mengklik barang yang akan dibeli, anda akan melihat tag harga beserta dengan biaya pengiriman plus Import Fees Deposit Ke Indonesia.
  • Biasanya, Import Fee Details hanya perkiraan saja, bisa jadi lebih mahal atau lebih murah. Anda bisa pergi ke situs bea cukai Indonesia untuk lebih jelasnya mengenai pengiriman barang dari Indonesia. Biasanya, barang dibawah 50$ tidak akan kena biaya pajak masuk.




Comments