- Hardware, Tutorial

Perbedaan istilah Integrated dan Dedicated Kartu Grafis Dalam komputer Atau Laptop

Ketika Anda membeli komputer, khususnya laptop, salah satu bagian dari hardware yang paling sulit untuk dipilih adalah kartu grafis. Anda mungkin pernah mendengar istilah seperti integrated, diskrit dan DedicatedPertama, untuk menghapus beberapa kebingungan, diskrit (Discrete) dan dedicate berarti hal yang sama, sehingga hanya ada dua istilah yang perlu anda ketahui untuk memahami perbedaan antara kedua jenis kartu grafis.

Jadi apa perbedaan antara kartu grafis terintegrasi(Integrated) dan berdedikasi (Dedicated), dan apa manfaat dan kekurangan masing-masing? Jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut tergantung pada apa yang anda butuhkan pada komputer pilihan anda untuk melakukannya

Sebelum Anda membeli laptop gaming atau kartu grafis, anda perlu tahu bagaimana anda akan menggunakannya. Untuk membantu Anda memutuskan apa yang anda butuhkan adalah mengetahui perbedaan antara kartu grafis terintegrasi (integrated) dan berdedikasi (Dedicated).

Perbedaan

Integrated atau terintegrasi

Sebuah unit terintegrasi pemrosesan grafis (GPU) tidak menggunakan RAM sendiri; GPU itu menggunakan memori sistem. Jadi, jika Anda memiliki komputer dengan 4GB RAM, kartu video dapat digunakan di mana saja antara satu dan lima persen dari memori yang tersedia untuk pengolahan grafis. Tentu saja, persentase ini bervariasi tergantung pada ukuran tugas, terutama jika anda memakainya untuk multitasking atau bermain game.

Manfaat untuk unit terpadu ini adalah bahwa hal itu jauh lebih murah, yang pada gilirannya berarti komputer atau laptop menjadi lebih murah. Kartu grafis terintegrasi juga menghasilkan panas yang sedikit dari pada kartu video khusus dan menggunakan daya yang kurang juga, sehingga meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan.

Kartu grafis terintegrasi cocok untuk orang yang melakukan pengolahan grafis sehari-hari. Termasuk menonton atau editing video, game 2D dan pengolah kata umum. Dan kegiatan-kegiatan tersebut tidak memakai grafis intensif, sehingga kartu video low-end cukup ideal.

Sebuah prosesor grafis dapat tertanam ke dalam prosesor CPU atau dapat ditambahkan ke motherboard dengan slot ekstensi. Mereka yang diintegrasikan ke dalam prosesor disebut unit grafis terintegrasi dan mereka yang terpasang melalui slot ekspansi PCIe disebut unit khusus.

Unit terintegrasi ini berbagi RAM CPU dengan prosesor. Mereka sering kurang kuat dan hanya dapat memberikan kinerja yang layak yang dapat mendukung video HD dan game PC yang sederhana. Dan grafis ini tidak dapat menangani grafis game yang intensif, meskipun mendukung syarat minimal untuk membuat permainan di frame rate rendah dan kualitas grafis yang rendah.

Grafis terintegrasi pada dasarnya adalah sebuah graphics processing unit yang tidak memiliki memori itu sendiri tetapi menggunakan sejumlah kecil dari memori sistem . Hal ini dapat menjadi bagian dari chipset atau CPU dan cukup bagi pengguna rata-rata .

Dedicated

Sedangkan Dedicated Graphics card memiliki RAM dan data terpisah yang ditransfer melalui bus PCI. Yang biasanya lebih kuat bila dibandingkan dengan unit terpadu dan bertujuan untuk tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Dedicated kartu grafis memiliki memori sendiri . Katakanlah Anda memiliki GeForce GTX 550 Ti dengan memori 1GB , sehingga 1 Gb memory akan di manfaatkan dan tidak menggunakan memori sistem .

Sebuah dedicated, atau diskrit, GPU memiliki sumber independen sendiri untuk memori video, sehingga RAM sistem anda tidak tersentuh. Jika Anda memiliki kartu video GeForce GTX 680M dengan memori 2GB video, misalnya, memori tersebut  benar-benar terpisah dari 8GB komputer dari memori sistem.

 Kartu video ini akan mendapatkan tempat yang hangat untuk komputer atau Laptop yang dikhususkan gaming. Namun ada beberapa kekurangan dalam memiliki Dedicated Kartu grafis. Jika Anda seorang gamer serius atau jika anda menjalankan sistem dual-monitor, GPU akan harus bekerja lebih keras dan akan cepat panas. Kartu ini juga haus akan kekuasaan, sehingga jika anda menggunakan laptop dengan kartu grafis dedicated, hal itu juga akan menurunkan daya tahan baterai.

Satu hal yang kami sarankan jika Anda akan menggunakan kartu khusus Dedicated adalah untuk memastikan Anda mendapatkan laptop dengan setidaknya satu atau dua kipas dan banyak ventilasi. Anda dapat menemukan pendingin khusus jika Anda ingin memberikan sistem perlindungan ekstra dari panas.

Beberapa kartu video bisa switchable. Hal ini berarti GPU dibangun sebagai kartu khusus Dedicated dan Integrated (terintegrasi). Ketika Anda melakukan hal-hal seperti mengedit spreadsheet atau browsing, anda bisa switch card ke unit yang terintegrasi, yang akan menjaga baterai laptop Anda. Ketika Anda menonton film definisi tinggi atau bermain grafis-berat, kartu grafis dedicated bisa mengambil alih kekuasaan dan bekerja sebagai kartu khusus, meningkatkan kinerja secara keseluruhan tetapi menurunkan daya tahan baterai.

Sebelum anda membuat keputusan mengenai jenis kartu grafis yang Anda inginkan, pastikan anda tahu bagaimana anda akan menggunakannya.

Baca juga :

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat