- Hardware, Printer

Canon Pixma G3000 : Printer Yang Hebat Dalam Cetakan





Printer inkjet terbaru dari Canon, Pixma G3000  yang telah hadir beberapa bulan lalu terlihat seperti printer inkjet multi-fungsi yang lain dengan scanner flatbed di bagian atas. Namun yang membedakan dan menjadikannya spesial dari sisanya adalah tangki tinta built-in yang dapat menyimpan lebih banyak tinta daripada kartrid tinta tradisional.

Bagian yang menarik adalah bahwa sistem tangki tinta ini tidak ditempatkan di samping tetapi dalam tubuh utama printer pada panel depan. Hal ini membuat ukuran printer lebih besar. Printer ini memiliki ukuran 445mm lebar dan 163mm tinggi dan beratnya sekitar 5.8kg dalam keadaan tinta penuh.

Untuk mengisi ulang, Anda hanya perlu untuk mengangkat penutup atas printer dan membuka tangki tinta. Anda tidak usah khawatir mengenai kapan akan mengisi tinta, karena tank tinta transparan, sehingga anda dapat melihat status tinta setiap saat.

Opsi pencetakan secara Wireles atau nirkabel

Ketika printer tidak digunakan, modus auto sleep akan segera mematikan mesin ini untuk mencegah konsumsi daya. Dan hebatnya lagi, hal ini dapat mengaktifkan dengan sendirinya sendiri ketika anda memberikan perintah cetak. Printer ini mendukung semua jaringan Wi-Fi, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil print-out dari setiap smartphone melalui koneksi Wi-Fi, tablet atau PC di jaringan yang sama.

pixma-accesspoint-mg6670

Bahkan jika Anda tidak berada pada jaringan yang sama, anda masih dapat mengambil printout melalui smartphone anda. Untuk melakukan hal tersebut, anda hanya membutuhkan aplikasi Canon Selphy dan printer akan mengatur jaringan nirkabel pribadi untuk berhubungan dengan telepon. Sayangnya, ia tidak memiliki port Ethernet.

Campuran antara kualitas dan hasil yang tinggi

Printer Pixma G3000 dapat mencetak warna dan dokumen hitam-putih dan foto 4×6 inci pada lembar ukuran A4. Ia memiliki resolusi cetak maksimum hingga 4800x1200dpi. Untuk mencetak foto warna pada selembar A4 glossy dengan modus standar akan membutuhkan waktu 2 menit 20 detik, dengan hasil yang mengesankan jika dibandingkan dengan standar dari printer inkjet warna lainnya.

Untuk mencetak dokumen warna (seperti halaman web yang khas) dengan gambar dan teks hanya butuh 25 detik. Mencetak dokumen yang sama dengan warna putih hitam hanya memakan waktu 8 detik, dan itu lebih baik. Printer ini juga mendukung modus Duplex auto, yang berarti anda dapat mencetak pada kedua sisi halaman.

Kenunggulan dari printer ini juga tidak hanya dari sisi kecepatan. Printer ini dapat mengubah kualitas tinggi print-out, seperti menebalkan warna hitam atau cetakan yang berbasis teks dan warna yang kaya dan nuansa warna print-out. Printer ini muncul dengan satu set alat editing yang disebut My Image Garden yang memungkinkan anda untuk meningkatkan kualitas gambar atau meningkatkan aspek-aspek tertentu dalam sebuah gambar seperti wajah rautan, koreksi mata merah, tambahan filter, menambah atau meningkatkan fokus lembut dan bahkan menyesuaikan ketajaman, kontras dan kecerahan .

Sebuah tangki tinta hitam yang penuh dapat berhembus hingga sebanyak 6.000 cetakan, sedangkan tiga warna tinta tank-cyan, kuning dan magenta bisa mengeluarkan hingga 7.000 cetakan. Dan hal ini jauh lebih daripada printer berbasis cartridge tinta lainnya, yang dapat mengelola tidak lebih dari beberapa ratus cetak pada satu waktu. Dan juga, harga dari tinta tidaklah terlalu mahal, dibawah 100 ribuan.

Untuk proses scanner, printer ini dapat memindai hingga 1200x600dpi, yang menjadi ciri khas untuk sebagian besar printer multi-fungsi pada harga ini.

Ergonomi

Baki kertas di bagian belakang dilengkapi dengan slider yang disesuaikan untuk penyelarasan. Sehingga, printer ini dapat menampung hingga 100 lembar pada waktu yang standar untuk sebuah printer inkjet. Apa yang kita tidak suka adalah bahwa ketika baki terbuka, printer ini lebih condong ke belakang. Dan itu berarti anda akan memerlukan beberapa ruang di bagian belakang.

canon_inktank

Kontrol Panel mencakup garis vertikal tombol dan termasuk tombol power, nirkabel dengan indikator LED. Apa yang membuatnya benar-benar mudah digunakan adalah tangki tinta yang berkapasitas tinggi, yang menjamin anda tidak perlu banyak atau sering mengganti kartrid . Tank-tank tinta ini ditutupi oleh tutup plastik: hanya mengangkat bagian atas dan anda dapat mengisi tinta di dalamnya melalui botol tinta. botol tinta ini dirancang secara unik sehingga anda tidak akan menumpahkan setetes tinta saat mengisi ulang.

Kesimpulan

Printer Canon G3000 bukan hanya akan memastikan bahwa anda tidak perlu khawatir tentang mengubah tinta secara teratur, tetapi juga menawarkan semua fitur pencetakan secara modern dan mode dari apa yang diharapkan pengguna untuk sebuah printer rumah. Harga tampaknya sedikit tinggi, tapi itu sesuai dari apa yang disajikan, karena biaya pencetakan bahkan akan keluar biaya awal. Saat ini, harga yang ditawarkan untuk printer Canon Pixma G300 dipasaran mencapai 2.6 Juta.

Canon Pixma G3000

Kelebihan                                                      Kekurangan

Konsep tangki tinta yang unik                          Tidak ada Port Ethernet

Rendah Biaya Percetakan                               Tidak ada tampilan Control Panel

Hasil Cetakan Yang Bagus

Bisa Dicetak Via Smartphone



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat