masalah video graphic pada windows
- Software, Tutorial, Windows

Cara untuk Memperbaiki Masalah Video Graphics setelah Windows 10 di-Update

Ada banyak pengguna mengeluhkan masalah setelah Windows 10 mereka di-update, mulai dari masalah koneksi Wi-Fi, tidak ada suara setelah update, layar menjadi hitam dan  masalah tampilan graphic driver.

Disini kami telah memiliki beberapa solusi mengenai masalah diatas yang bisa diterapkan untuk memperbaiki masalah tersebut dan anda dapat mencobanya. Posting ini berfokus pada kesalahan layar setelah anda mengupdate Windows 10 dan beberapa solusi yang bisa anda coba dengan mudah dalam memperbaiki Windows 10 mengenai masalah tampilan.

Catatan: Kartu grafis juga disebut kartu video, adaptor display, adaptor video, adapter grafis, atau kartu grafis.

Masalah Display adapter yang paling umum di Windows 10 setelah di-update :

  • Anda mendapatkan pesan error “You may experience problems with the display” dari komputer ketika menginstal Windows 10.
  • Sistem output display crash setelah Windows 10 secara otomatis memperbarui driver kartu grafis Nvidia melalui Windows Update.
  • Anda mendapatkan render gambar yang buruk setelah Windows 10 upgrade atau update.
  • Anda mendapatkan masalah ketika bermain video game pada Windows 10, khususnya saat bermain game 3D.
  • Windows 10 memiliki masalah untuk mendapatkan driver display ketika akan diinstal.
  • Masalah grafis telah terdeteksi.
  • GPU tidak terdeteksi setelah Windows 10 pembaruan atau Update
  • Driver GPU tidak bekerja setelah anda menginstal Windows 10, atau kartu video tidak terdeteksi pada Windows 10.
  • Ada garis aneh pada seluruh atau sebagian layar komputer, atau Anda mendapatkan layar hitam setelah Windows 10 update.
  • Setelah instalasi atau update Windows 10, kartu video PC tidak ditemukan.

Bahkan, Microsoft juga telah memperingatkan anda mengenai masalah dengan kartu grafis Advanced Micro Devices (AMD) ketika Windows 10 Technical Preview keluar. Dan tidak peduli apakah anda menggunakan kartu grafis Intel (R) HD, Nvidia, atau AMD Graphics, cobalah cara berikut ini untuk memperbaiki masalah grafis.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah Layar Berkedip Setelah Windows 10 Di Update

Cara untuk memperbaikinya

Cara yang paling efektif untuk memperbaiki masalah ini pada Windows 10 adalah untuk memperbaiki masalah pada sisi driver grafis, tidak peduli apakah anda memakai kartu grafis Nvidia , Intel HD , AMD, dll. Update Windows 10 akan menghapus apapun yang tidak kompatibel dengan itu, termasuk driver dari kartu grafis anda. Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan Windows 10 mengenai masalah tampilan, biasanya karena driver dari kartu grafis sudah usang, rusak, atau hilang.

Bagaimana untuk memecahkan masalah pada layar Windows 10 ?

Anda bisa mencari driver grafis terbaru di situs web produsen dari kartu grafis anda atau dari OEM. Dan bagaimanapun juga, anda akan menghabiskan banyak waktu atau jika anda beruntung, anda bisa langsung mengunduhnya.

Jika Anda lebih memilih satu-klik metode sederhana, cobalah Driver Talent (sebelumnya disebut DriveTheLife). Alat ini sangat terkenal di kalangan pengguna Windows. Software ini dapat membantu untuk memeriksa apakah driver display memiliki masalah (jika itu usang, rusak atau hilang), dan kemudian menginstal driver display terbaru resmi terkait dengan Windows 10, baik 64-bit atau 32-bit.

Anda bisa mencoba driver Talent pada setiap laptop Windows, desktop atau notebook, seperti Asus, Acer, Dell, Lenovo, HP, ThinkPad, Toshiba, IBM, Sony, Gateway, Samsung, dll untuk memperbaiki kesalahan kartu video Anda di Win 10.

Cara untuk mengupdate secara Otomatis melalui Windows Update

 Sementara itu mungkin Anda sudah memiliki driver terbaru, namun jika anda mengalami masalah dengan perangkat, Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan memperbarui driver atau menginstal ulang itu. Selain itu juga, anda bisa meng-update driver pada Windows 10 ( seperti monitor , printer , dan kartu video) yang akan secara otomatis di-download dan diinstal melalui Windows Update. Berikut langkah-langkahnya:
Pilih tombol Start, ketik Device Manager , dan pilih dari daftar hasil atau tekan enter.

  • Perluas salah satu kategori untuk menemukan nama perangkat Anda , kemudian klik kanan ( atau tekan dan tahan ), dan pilih Update Driver Software .
  • Jika anda sudah terhubung langsung dengan internet, Pilih Search automatically for updated driver software
  • Jika Windows tidak menemukan driver baru, Anda bisa mencoba mencarinya secara manual di situs web produsen perangkat dan mengikuti instruksi mereka .

Jika langkah ini tidak berhasil, cobalah untuk menginstal ulang driver, caranya :

  • Buka Device Manager, klik kanan ( atau tekan dan tahan) nama perangkat
  • Pilih Uninstall .
  • Restart PC Anda dan Windows akan mencoba untuk menginstal ulang driver .

c04762348

Catatan : Beberapa pengguna melaporkan bahwa menginstal ulang driver display kadangkala tidak dapat membantu untuk memecahkan masalah ini. Hal ini karena driver yang sedang coba anda instal tidak dapat bekerja dengan baik pada Windows 10. Cobalah driver Talent untuk memperbaiki masalah driver ini .

Jika Anda memiliki mengenai masalah Windows 10, anda bisa meninggalkannya di bagian komentar di bawah . Kami akan mencoba untuk membantu.

Baca juga : 

Loading…

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat