3 Langkah Mudah Dalam Membuat website berbasis WordPress

Membuat Website Berbasis WordPress – Tahukah anda, bahwa kini membuat sebuah situs web tidaklah serumit yang dibayangkan. Kini, setiap orang pun bisa membuat situs web sendiri yang sederhana tanpa harus ribet memikirkan hal-hal yang rumit, seperti kode HTML atau pun yang lainnya. Yang menjadi modal utama dalam membuat sebuah web sederhana adalah mengetahui setidaknya dasar-dasar komputer, internet dan situs web yang akan dibangun.

Sebuah situs web adalah satu set halaman web terkait biasanya disajikan dari domain web tunggal . Sebuah website dapat diakses melalui jaringan seperti Internet atau jaringan area lokal swasta melalui alamat Internet yang dikenal sebagai uniform resource locator ( URL ) . Semua situs yang dapat diakses publik merupakan kolektif World Wide Web .  Untuk membuat Web sederhama, anda kini bisa menggunakan WordPress, karena hampir lebih dari 40% situs web di seluruh dunia menggunakan web yang berdasarkan WordPress.

popular-website-platforms
Tiga platform membangun website yang paling populer di 2015

Baca juga :  Cara Setting Website Berbasis WordPress untuk Pemula

Mengapa WordPress lebih banyak dipakai daripada yang lain ?

  • Karena Gratis, dengan banyak pilihan Layout.
  • Sangat ramah bagi pemula

Untuk membuat sebuah web yang sederhana, ada beberapa langkah mudah yang bisa dikerjakan, antara lain :

  • Langkah 1 :Pilih Jenis Platform Website yang akan dibangun

Sebelum Anda mulai khawatir tentang skema warna dan nama domain , Anda harus memutuskan platform seperti apa untuk  membangun website yang akan Anda buat . Pada Tahun 2005, pengalaman saya, sebagian besar situs yang dibangun menggunakan HTML ( kode ) , CSS dan bahkan Flash. Hal ini perlu mengambil banyak waktu untuk belajar dan sulit untuk menguasai . Itu sebabnya kebanyakan orang masih berpikir membuat website dari awal sulit atau membutuhkan banyak coding dan desain keterampilan – tapi itu tidak lagi benar ! Pada 2015 , sistem manajemen konten ( CMS ) seperti WordPress telah membuat membuat websitebisa  diakses oleh semua orang . Sebuah sistem manajemen konten adalah platform yang mudah digunakan  untuk membangun website dan mengelola konten online anda sendiri , daripada menggunakan sekelompok halaman HTML longgar .Platform yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah WordPress.

  • Langkah 2: Pilih Nama Domain & Web Hosting untuk Website Anda

Untuk mendapatkan website baru online, Anda akan membutuhkan dua hal :

–  Sebuah nama domain ( alamat web seperti yoursitename.com )

–    Hosting ( layanan yang menghubungkan situs Anda ke internet )

Platform WordPress sendiri adalah gratis, tetapi nama domain dan hosting akan dikenakan biaya. Memiliki nama domain sendiri terlihat jauh lebih profesional daripada memiliki situs Anda pada domain orang lain ( seperti yourbusiness.freewebsite.com ) , dan hal itu sangat  terjangkau , juga. memiliki hosting sendiri akan memastikan beban situs Anda dengan cepat dan tidak akan turun selama berjam-jam pada suatu waktu (cukup penting bagi semua orang yang mengunjungi halaman Anda )

Dimana saya mendapatkan Domain dan Web Hosting?

Ada banyak situs Hosting di Indonesia yang bagus, yang menyediakan berbagai paket hosting dan Domain. Anda bisa menanyakan teman, kerabat, tentang tempat membeli hosting yang bagus, atau di situs penyedia layanan jasa, seperti Google. Namun, yang terpenting adalah layanannya yang prefesional, tidak ribet, dan akses 24 jam. Saya biasa mengambil  di Niagahoster, sebuah situs layanan hosting yang sangat professional dan mempunyai layanan yang sangat ramah.Anda bisa mengunjunginya disini . Namun, anda bisa mencari bahan referensi lain di tempat yang berbeda, karena sekarang, banyak situs hosting yang sudah profesional baik dalam hal pelayanan, maupun aksesnya.

  • Langkah 3 : Mengatur Situs WordPress Anda

Setelah Anda membeli nama domain Anda dan mengatur hosting , Sekarang saatnya untuk mendapatkan website Anda dan mulai berjalan . Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah menginstal WordPress untuk domain Anda.

Ada dua cara yang mungkin untuk menginstal WordPress , Yang pertama :

  • Satu – Klik – instalasi / Instalasi otomatis untuk Website seperti WordPress , Drupal , Joomla

Contoh Dashboard

Hampir setiap perusahaan hosting yang handal dan mapan telah terintegrasi dengan satu – klik – instalasi untuk WordPress .

Langkahnya adalah :

  1. Log in ke hosting account anda
  2. Lalu ke control panel /Cpanel
  3. Cari yang ada “WordPress” icon.
  4. Pilih Domain yang telah anda buatkan
  5. Click the “Install Now” button dan anda sudah mempunyai akses ke situs WordPress anda yang baru
wordpress_default_dashboard
Contoh Dashboard
  • Instalasi Manual . (Jika anda tidak memiliki satu klik instalasi, mungkin anda salah memilih hosting ,:P)

Pada bagian ini, setelah anda  menginstal wordpress pada situs anda, kemudian adalah memilih Tema/Template, Membuat Halaman,Membuat Pos, Menu dan sebagainya. Disinilah Ilmu pengetahuan tentang internet dan komputer diperlukan. Karena bila anda benar-benar tidak mengerti cara mengoperasikan computer, tentu anda akan sangat kesulitan.  Pada bagian inilah yang harus dipelajari bagi anda.  Anda bisa mempelajarinya disini.

Jika Sudah berhasil, selamat anda telah bisa membuat situs web anda sendiri. Simpel Dan mudah bukan?

 Baca Juga :



Comments

Related Posts