Cara Setting Website Berbasis WordPress untuk Pemula

Setelah anda tahu dan telah membuat Website berbasis WordPress pada panduan kami sebelumnya, maka kemudian anda perlu mengatur beberapa pengaturan untuk melihat bagaimana idealnya situs anda. Berikut dibawah ini adalah beberapa langkah mudah untuk mengatur website yang berbasis wordpress setelah anda telah menginstalasinya .


Baca juga :  Cara Membuat Blog di WordPress

1. Memilih Tema / Template untuk situs Anda

Anda pastinya akan memerlukan sebuah tema – desain template yang memperlihatkan bagaimana design situs web Anda . Ada ribuan tema yang mengagumkan , yang dirancang secara profesional yang dapat dipilih dan disesuaikan untuk situs Anda . Berikut adalah cara untuk menemukan tema yang Anda suka :
  • Log in ke  WordPress dashboard Anda 

Jika anda tidak yakin, tulis di: http://yoursite.com/wp-admin (ganti “yoursite” dengan domain anda).

Maka tampilannya akan seperti ini :

cara setting wordpress
Tampilan Dashboard

Semuanya mudah untuk diberi label . Jika Anda merasa sedikit kewalahan , jangan terlalu dipikirkan – saya akan menunjukkan tempat untuk pergi berikutnya .

Setelah berada di dashboard , Anda mempunyai akses ke lebih dari 1500 tema gratis . Untuk bisa mengakses dan menginstal theme tersebut, anda hanya perlu pergi ke ” Appereance” , kemudian klik ” Themes ” Pada bagian ini anda bisa memilih mana yang ideal dan sesuai dengan gaya anda. Ada banyak pilihan yang mungkin sangat sesuai dengan ide kita dan banyak juga dari mereka memiliki fitur dan gaya yang snagat  profesional dan sangat baik sebagai referensi.

cara setting wordpress

Seperti yang dapat Anda lihat di atas , menginstal tema baru untuk situs web Anda sangat mudah . Anda dapat mencari kata kunci tertentu dan / atau menggunakan filter untuk menemukan tema yang sesuai dengan gaya. Menemukan tema yang sempurna dapat memakan waktu cukup lama , tapi  sangat berharga. Anda juga harus mencari tema yang ” responsif ” , karena hal ini berarti mereka akan terlihat baik pada setiap perangkat mobile . 

  • Install Tema Baru

Setelah Anda telah menemukan tema yang Anda suka , menginstal itu adalah yang sederhana, yakni dengan pilih opsi Install Now  diikuti dengan ” Aktifkan ” .

cara setting wordpress

Mengubah Tema tidak akan menghapus posting anda sebelumnya seperti , halaman dan konten . Anda dapat mengubah tema sesering yang anda inginkan tanpa harus khawatir tentang kehilangan apa yang telah Anda buat.

2. Membuat Konten dan Halaman

Ketika Tema sudah terinstal, maka langkah secara tidak langsung anda siap untuk mulai membuat konten . Berikut dibawah ini adalah cara untuk Menambah dan membuat halaman baru : 

  • Carilah sepanjang sidebar di Dashboard WordPress untuk ” Pages ” – > ” Add New ” .
  • Setelah anda mengklik , anda akan menemukan sebuah layar yang terlihat banyak
  • Tambahkanlah teks , gambar dan lebih untuk membangun halaman yang anda inginkan, kemudian simpan ketika sudah selesai 

Menambahkan halaman ke menu

Jika Anda ingin halaman baru Anda untuk dihubungkan ke dalam menu bar navigasi Anda ,caranya :

  • Simpan perubahan yang telah dibuat ke halaman dengan mengklik ” Update”
  • Klik ” Penampilan ” – > ” Menus ” di sidebar Dashboard WordPress
  • Cari halaman yang telah Anda buat dan tambahkan ke dalam daftar dengan mengklik kotak centang di sebelah dan kemudian ” Add to       Menu” .

cara setting wordpress

Menambah dan mengedit posting

Jika Anda ingin memiliki sebuah blog/Post di website Anda , langkah berikutnya adalah ke menu “Post” . Anda dapat menggunakan kategori yang berbeda untuk kelompok tulisan yang sama . Jika Anda ingin menambahkan blog ke situs web Anda , Anda dapat menggunakan kategori yang posting berbeda  . Katakanlah jika anda ingin membuat kategori bernama “blog ” . Untuk melakukannya, cukup tambahkan ke menu Anda dan mulai membuat posting .

blogcategory

 Membuat kategori baru dengan pergi ke ” Tulisan – > Categories ” ATAU .  Membuat posting blog dengan pergi ke ” Tulisan – > Add New ” . Setelah Anda selesai menulis blog posting ,posting blog Anda sudah siap  dan anda perlu menambahkan kategori yang tepat untuk itu.

Lihat Juga : Cara Membuat Blog di WordPress

Custom & Tweaks ( Widgets , komentar & hanya beberapa  Hal yang Anda perlu tahu )

Mengubah Judul dan Tagline Judul halaman menjelaskan kepada pencari website  , dan mereka juga sudah menjadi bagian besar dari bagaimana mesin pencari menentukan peringkat Anda , sehingga Anda ingin memastikan mereka untuk mempunya kata kunci yang Anda ingin targetkan di dalamnya . Anda harus menggunakan judul yang unik pada setiap halaman situs Anda . Misalnya , judul situs saya adalah ” Cara Membuat Website ” . . Slogan ditambahkan pada akhir judul di setiap halaman . Tagline situs saya adalah ” Panduan Langkah demi Langkah ” Dalam rangka untuk mengubah judul dan tagline website Anda, pergi ke ” Settings – > Umum ” dan mengisi formulir di bawah ini :

cara setting wordpress

Menonaktifkan Komentar untuk Posting & Pages

Beberapa situs web ( situs bisnis / organisasi sebagian besar ) tidak ingin pengunjung untuk mengomentari halaman mereka . Berikut adalah cara untuk menutup komentar off pada halaman WordPress :

  • Ketika Anda menulis halaman baru , klik ” Opsi Layar ” di sudut kanan atas .
  • Klik ” Diskusi ” kotak . “Izinkan Komentar ” kotak akan muncul di bagian bawah .
  • Disable tanda centang ” Izinkan Komentar ” .

Ingin menonaktifkan komentar pada setiap halaman baru secara default ?

  • Pergi ke ” Settings – > Diskusi ” dan Tanda centang disable ” Izinkan orang untuk mengirim komentar pada artikel baru “

cara setting wordpress

Menyiapkan Static Front Page

Halaman statis adalah halaman yang tidak berubah . Tidak seperti blog , di mana artikel baru pertama akan muncul di bagian atas setiap kali , halaman ” statis ” akan menampilkan konten yang sama setiap kali seseorang datang ke situs – seperti halaman rumah yang Anda rancang .

Untuk menyiapkan halaman depan statis :

  • Pergi ke ” Settings – > Reading ”
  • Pilih halaman statis yang telah Anda buat . ” Front Page ” yang menunjukkan halaman rumah Anda , ” halaman Posts ” adalah halaman depan blog Anda ( jika seluruh situs Anda tidak blog ) . Jika Anda tidak memilih halaman statis pada Anda sendiri , WordPress akan mengambil posting terbaru Anda dan mulai menampilkan mereka di situs Anda .

cara setting wordpress

Mengedit sidebar

Kebanyakan tema WordPress memiliki sidebar di sisi kanan ( dalam beberapa kasus itu di sebelah kiri ) . Jika Anda ingin menyingkirkan sidebar atau mengedit item yang tidak perlu seperti ” Kategori ” , ” Meta ” dan ” Archives ” , yang biasanya sia-sia , inilah caranya :

  • Pergi ke ” Appereance– > Widgets ” di Dashboard WordPress .
  • Dari sini , Anda dapat menggunakan drag n ‘drop untuk menambahkan ” kotak ” yang berbeda untuk sidebar Anda , atau menghapus item yang tidak Anda inginkan . Ada juga “kotak HTML ” – kotak teks di mana Anda dapat menggunakan kode HTML . Untuk pemula , jangan khawatir tentang ini .

Menambahkan Plugin Extra

Apa itu plugin ? ” Plugins ” ekstensi yang dibangun untuk memperluas kemampuan WordPress  , menambahkan fitur dan fungsi ke situs Anda yang tidak datang secara built-in . Mereka adalah jalan pintas untuk mendapatkan situs Anda dalam melakukan apa yang Anda mau, tanpa harus membangun fitur dari awal . Anda dapat menggunakan plugin untuk melakukan segala sesuatu dari menambahkan galeri foto dan bentuk penyerahan untuk mengoptimalkan website Anda dan menciptakan sebuah toko online . 

Nah, itulah beberapa hal penting dalam membuat website dalam platform WordPress. Memang masih banyak lagi yang harus anda perhatikan dalam membangun sebuah web, karena hal-hal yang disebutkan di atas hanya umumnya saja. Anda hanya perlu waktu dan sabar dalam membangun sebuah website yang ideal. anda bisa mengajukan pertanyaan atau menghubungi saya lewat contact page untuk lebih lanjutnya.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts