Ini Dia Kisaran Harga Data Pribadi Yang Telah Dicuri Di Dark Web

Ini Dia Kisaran Harga Data Pribadi Yang Telah Dicuri Di Dark Web

Kita tahu bahwa tidak semua hal yang ada di Dark web itu ilegal, tapi kenyataan bahwa ini adalah pasar yang sangat besar untuk data dan informasi pribadi yang telah dicuri. Biasanya, ketika data seseorang dicuri melalui pelanggaran data atau peretasan, informasi data pribadi tersebut biasanya sering diperjual-belikan disana oleh pencuri identitas yang ingin menghasilkan uang, sehingga pembeli bisa memeras jauh lebih dalam tentang keberadaan kita, khususnya yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Dan jika anda ingin tahu bagaimana mereka menjualnya, berapa kisaran harganya dan hal lainnya yang berkaitan dengan semua ini, dibawah kami hadirkan beberapa deskripsi yang mungkin membuat kita semua kaget. Tentu saja hal utama dari semua itu adalah betapa pentingnya untuk selalu menjaga informasi rahasia yang kita miliki secara online.

Jadi, Informasi apa saja sih yang diperjualbelikan dan berapa harganya?

Menurut situs Foxnews, hal tersebut tergantung dari seberapa penting dan seberapa banyak informasi korban layak untuk penjahat? Jawabannya mungkin cukup mengejutkan. Faktanya adalah berbagai informasi mungkin lebih berharga bagi penjahat dan itu tergantung pada berbagai faktor.

Dark web

Berikut adalah 10 hal paling umum dari informasi yang dijual di web gelap dan jangkauan umum dari apa yang mereka layak-atau lebih tepatnya dapat dijual:

  • Nomor Jaminan Sosial: $ 1 atau sekitar 13.500
  • Kartu kredit atau debit (kartu kredit lebih populer): $ 5- $ 110 mulai dari 60 ribu hingga 1.4 jutaan.
  • Dengan nomor CVV: $ 5 atau sekitar 60 ribu
  • Dengan info bank: $ 15 atau sekitar 200 ribuan
  • Info lengkap: $ 30 atau skitar 400 ribuan

Catatan: info lengkap adalah kumpulan informasi yang menyertakan paket “penuh” untuk penipu: nama, SSN, tanggal lahir, nomor rekening dan data lainnya yang membuat mereka diinginkan karena mereka sering melakukan banyak kerusakan langsung.

  • Info info layanan pembayaran online (misalnya Paypal): $ 20- $ 200 atau sekitar 300 hingga 2.7 jutaan
  • Akun loyalitas: $ 20 atau sekitar 300 ribuan
  • Layanan berlangganan: $ 1- $ 10 atau sekitar 13ribu hingga 130 ribuan
  • Diploma: $ 100 – $ 400 atau sekitar 1.3 hingga 5.4 jutaan
  • SIM: $ 20 sekitar 300 ribuan
  • Paspor : $ 1000- $ 2000 sekitar 13 juta hingga 27 jutaan
  • Catatan medis: $ 1- $ 1000 *mulai dari 13 ribu hingga 13 jutaan

* Semua hal tersebut tergantung pada seberapa lengkap mereka dan juga jika sebuah record tunggal atau keseluruhan database

Catatan: Harga dapat bervariasi dari waktu ke waktu dan harga yang tercantum di bawah ini adalah perkiraan dan agregasi berdasarkan artikel referensi dan pengalaman pengalaman analis cyber Experian dalam dua tahun terakhir.

Jadi, bagaimana semua informasi ini dibeli oleh pencuri identitas di Dark Web?

Menurut analisis, ada tiga cara utama agar informasi pribadi tersebut dibeli dan dijual di Dark web, yakni:

  • Membeli data satu kali, seperti nomor Jaminan Sosial
  • Membeli data secara massal, kumpulan jenis informasi yang sama
  • Atau membeli data paket, ini adalah paket “premium” untuk pencuri identitas karena mencakup berbagai jenis informasi yang digabungkan

Apa yang mendorong biaya informasi pribadi di Dark Web?

Ada empat faktor utama yang mendorong biaya informasi yang dibeli dan dijual di Dark Web, yakni :

  • Jenis data dan permintaan untuk data tersebut: seperti disebutkan di atas, berbagai jenis informasi dapat membawa nilai moneter yang berbeda.
  • Penyediaan data: prinsip ekonomi penawaran dan permintaan berlaku bagi penjahat yang membeli dan menjual informasi curian. Jika ada persediaan informasi tertentu yang tersedia untuk dibeli, informasi tersebut bisa lebih berharga bagi pencuri.
  • Saldo akun: apakah nilai dolar atau poin dalam akun, semakin tinggi jumlah yang dapat diambil, semakin tinggi biaya informasi yang dicuri tersebut.
  • Batasan atau kemampuan untuk menggunakan kembali: jika sesuatu memiliki batas yang lebih tinggi atau dapat digunakan kembali berkali-kali, ini lebih berharga bagi penipu. Sebagai alternatif, jika informasi yang memiliki batasan rendah untuk digunakan atau dicuri dan hanya dapat diungkit sekali, maka itu tidak berharga.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dari pencurian identitas ini?

Ini mungkin tampak menakutkan atau luar biasa, tapi penting untuk menyadari apa yang sedang terjadi sehingga kita bisa melindungi diri kita sendiri. Sementara pelanggaran data hari semakin meningkat dan di luar kendali, kita sebenarnya dapat mempraktikkan kebiasaan baik untuk berbagai akun yang menunjukan informasi pribadi seperti mempertahankan praktik kata sandi yang sehat, dan tidak membagikan informasi pribadi anda kecuali jika diperlukan.

Ini juga merupakan ide bagus untuk memastikan bahwa anda harusnya bisa menyimpan perangkat lunak antivirus dan selalu update perangkat lunak keamanan di semua perangkat (komputer, laptop, tablet, telepon), karena biasanya update tersebut mencakup tambalan keamanan yang penting untuk melindungi informasi kita.

sumber gambar & Referensi : foxnews.com

 Baca Juga :




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com