MSI H310M Gaming Artic Preview : Motherboard Handal & Kualitas Menawan

MSI H310M Gaming ArticMotherboard dengan chipset H310 kini sudah membanjiri pengguna dengan beragam pilihan untuk pengguna dengan budget ketat, dan ketika anda sedang mencari sesuatu yang ideal baik dari sisi harga maupun kualitas (termasuk segi estetika), MSI bisa memberikan pilihan terbaik dengan kehadiran seri H310M Gaming Artic.

MSI pada dasarnya selalu menyajikan produk yang handal dan sangat berkualitas, walaupun terkadang mereka memiliki harga yang sedikit mahal jika dibandingkan dengan merk lainnya. Namun, hal tersebut tentu saja memiliki arti tersendiri, ibaratnya anda akan melihat seri produk dari mereka yang jauh lebih baik dalam urusan performa , nilai estetika termasuk daya tahan.

Nah, ketika anda masih terjebak untuk memilih sesuatu yang ideal pada motherboard dengan chipset H310 yang terjangkau, antara harga yang cukup terjangkau, performa yang bisa diandalkan dan nilai estetika yang mengesankan, maka kehadiran MSI H310M Gaming Artic layak sebagai pertimbangan utamanya. Ada beberapa alasan mengapa ia bisa menjadi pilihan yang solid, untuk lebih lengkapnya, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Motherboard X470 Terbaik Yang Siap Dirilis

MSI H310M Gaming Artic Preview : Desain

SpesifikasiMSI H310M Gaming Artic
HargaRp 1.450.000
Supported processorsSupports 8th Gen Intel® Core™, Pentium® Gold and Celeron® processors for Socket LGA1151
CHIPSETIntel® H310 Chipset
MEMORY2 x DDR4 memory slots, support up to 32GB
Supports DDR4 2666/ 2400/ 2133 MHz Memory
SLOTS1 x PCIe 3.0 x16 slots, 2 x PCIe 3.0 x1 slots
STORAGE4 x SATA 6Gb/s ports
1 x M.2 slots (Key M)
USB4 x USB 3.1 Gen1 (SuperSpeed USB) ports (2 Type-A ports on the back panel, 2 ports available through the internal USB connectors)
6 x USB 2.0 (High-speed USB) ports (4 Type-A ports on the back panel, 2 ports available through the internal USB connectors)
AUDIODual Realtek® ALC887 Codec
7.1-Channel High Definition Audio
LAN1 x Intel I219-V Gigabit LAN controller
INTERNAL CONNECTORS1 x 24-pin ATX main power connector
1 x 8-pin ATX 12V power connector
4 x SATA 6Gb/s connectors
1 x USB 3.1 Gen1 connector (supports additional 2 USB 3.1 Gen1 ports)
1 x USB 2.0 connector (supports additional 2 USB 2.0 ports)
1 x 4-pin CPU fan connector
1 x 4-pin system fan connector
1 x Front panel audio connector
1 x Serial port connector
2 x Front panel connectors
1 x TPM module connector
1 x Chassis Intrusion connector
1 x LED connector
1 x Clear CMOS jumper
BACK PANEL PORTSPS/2 Combo Port
LAN Port
HD Audio Connectors
USB 2.0 Port
DVI-D Port
HDMI
USB 3.1 Gen1 Port
USB 2.0 Port
DIMENSIONS9.1 in. x 7.3 in. (23.0 cm x 18.5 cm)
Form Factorm-ATX

Mereka mengatakan bawa seri Artic memiliki gaya khas tersendiri dengan nuansa warna putih yang memberikan kesan salju yang bisa kita lihat di dunia bagian utara. Pilihan ini tentu memberikan makna tersendiri dalam urusan nilai estetika, apalagi jika anda berencana untuk membangun sebuah rig berdasarkan nuansa warna putih secara keseluruhan.

Dan kini, seri artic nyatanya juga dihadirkan pada lini terbaru motherboard dengan chipset seri 300 untuk platform Intel, salah satunya tentu hadir pada pilihan H310 Gaming Artic. Selain warna putih yang khas, ia memiliki bentuk faktor Micro ATX dengan ukuran 23cm x 18.5cm. Pilihan ini bisa memberikan sesuatu yang pas dalam rig sederhana, karena kita bisa mengadopsi mobo tersebut pada bentuk casing yang cukup kecil. Tidak ada sesuatu yang mewah dalam hal fitur didalamnya, selain nuansa warna putih yang elegan.

Selain itu, produsen juga menghadirkan komponen berkualitas didalamnya, seperti pilihan bahan berkualitas tinggi dan smart fan yang dioptimasi agar bisa berkontribusi jauh lebih baik dalam mendinginkan semua komponen penting. Kehadiran PCI-E Steel Armor juga tidak bisa diremehkan begitu saja, karena fitur ini tentu akan melindungi VGA terhadap tekukan dan EMI.

Untuk urusan daya, mobo ini memiliki sebuah 24-pin konektor daya utama ATX dan sebuah 8-pin konektor daya ATX 12V. Pilihan ini juga dilengkapi dengan beberapa konektor inti yang biasa hadir pada mobo modern secara umum seperti 1 x konektor kipas CPU 4-pin, 1 x konektor kipas sistem 4-pin, 1 x Konektor audio panel depan, 1 x Konektor port serial, 2 x Konektor panel depan, sebuah konektor modul TPM, sebuah konektor Intrusi Chasis, sebuah konektor LED dan sebuah Clear CMOS jumper. Anda bahkan tidak akan merasa tidak akan melihat banyak kehilangan dalam urusan ini, meskipun ada beberapa fitur yang tidak dihadirkan.

Spesifikasi Umum

MSI H310M Gaming Artic  tentu akan mendukung prosesor terbaru dari Intel termasuk seri Coffee Lake, Pentium Gold, dan Celeron dengan masih mengandalkan Socket LGA1151. Ada total 2 slot slot memori DDR4, dimana kita bisa memasang RAM hingga maksimum 32GB, dimana mobo tersebut mampu mendukung memori dengan tingkat kecepatan maksimum hingga DDR4 2666 dengan fitur Dual channel memory architecture. Mobo ini juga mendukung memori non-ECC, un-buffered serta dukungan untuk Intel® Extreme Memory Profile (XMP).

Sedangkan untuk slot PCIe, ada total 3 buah slot dimana ia terdiri dari 1 x PCIe 3.0 x16 dan 2 x PCIe 3.0 x1 slots. Dan jika anda berencana untuk tetap bertahan pada iGPU yang dihadirkan melalui prosesor, mobo ini sudah tersedia dengan slot display tambahan dengan hadirnya sebuah port DVI-D yang bisa memberikan maksimum resolusi hingga 1920×1200@60Hz dan sebuah port HDMI yang akan memberikan maksimum resolusi hingga 4096×2160@30Hz.

Storage & USB Port

Untuk urusan penyimpanan, MSI H310M Gaming Artic juga bisa memberikan solusi yang baik untuk semua perangkat anda dengan kehadiran 4 port untuk storage SATA 6Gb/s dan sebuah slot untuk SSD dengan faktor bentuk M.2 (2242/ 2260 /2280). Pilihan ini nyatanya memberikan kesan mewah dengan kehadiran slot M.2 sebagai pilihan upgrade pada sistem, bahkan MSI mengisyaratkan bahwa mobo tersebut juga bisa mendukung SSD tercepat dengan fitur NVMe, sehingga ini bisa menjadi salah satu keunggulan mobo tersebut.

MSI H310M Gaming Artic

Sedangkan untuk urusan port USB,  ada total 8 buah port USB yang tersebar di hampir semua bagian motherboard, termasuk untuk bagian panel depan maupun belakang. Hal terbaiknya adalah kehadiran port USB. 3.1 yang memiliki total jumlah sebanyak 4 port, dimana pilihan ini disediakan pada bagian belakang panel sebanyak 2 buah port, dan sisanya bisa dihubungkan melalui konektor USB internal. Untuk USB 2.0 , ada total 6 port yang dihadirkan produsen pada mobo ini, dimana 4 port hadir pada bagian panel belakang, dan sisanya (2 port) tersedia melalui konektor USB internal.

Audio & LAN

MSI H310M Gaming Artic  juga memiliki dukungan audio yang sangat baik dengan kehadiran Dual Realtek ALC887 Codec. Pilihan ini memiliki fitur yang mendukung 7.1 Saluran High Definition Audio codec dengan UAA (Universal Audio Architecture), dimana ia akan menampilkan empat DAC dua-kanal 24-bit dan tiga stereo ADC 20-bit, yang dirancang untuk sistem PC multimedia berkinerja tinggi. Hasilnya, ia bisa menggabungkan teknologi konverter eksklusif untuk mencapai kualitas suara 100dB; dan bisa dengan mudah memenuhi persyaratan PC2001 untuk membawa kualitas suara PC terasa lebih nyaman dan menyenangkan (jika anda memiliki pernagkat audio extrenal yang ideal untuk bisa mencapainya).

Sedangkan untuk konektivitas internet mauln LAN, mobo ini akan mengandalkan pilihan sebuah Intel I219-V Gigabit LAN controller. Pilihan ini mampu memberikan Data Rate Per Port hingga 1 Gbps yang sangat mengesankan, meskipun bukan pilihan yang terbaik untuk proses gaming tanpa lag jika dibandingkan dengan seri killer. Tapi hey, mengingat bahwa ini sebuah mobo entry level, pilihan ini tetap menjadi sesuatu yang istimewa bagi pengguna dengan anggaran terbatas.

Kesimpulan

Kehadiran MSI H310M Gaming Artic tentu akan memberikan pilihan yang jauh lebih istimewa untuk seri motherboard H310. Selain memiliki bentuk desain yang unik, indah dan mengesankan, pilihan ini juga membawa spesifikasi yang bisa dihandalkan bahkan sangat lengkap untuk mendukung semua hal yang akan anda lakukan hari ini. Meskipun, pilihan ini bisa hadir dengan nilai harga yang sedikit lebih mahal.

Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan MSI pada motherboard tersebut, diantaranya kehadiran pilihan audio yang berkelas, dukungan SSD M.2 NVMe yang bisa memberikan kecepatan hingga 20 Gb / dt saat menggunakan PCI-Express Gen2 x4. Dan yang terakhir, yang pasti merupakan salah satu keunggulan MSI secara umum adalah fitur Bios yang sangat mudah dan menyenangkan dalam interface. Apalagi, ia juga membawa EZ Debug LED sebagai selusi termudah untuk memecahkan masalah.

 Baca Juga :



Comments
Loading...