Lenovo Ideapad 320S-14IKBR : Notebook Mainstream Dengan Kinerja Menjanjikan

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR – Ada banyak hal di dunia ini yang sangat baik, dan salah satunya mungkin saja hadir ketika kita mendapatkan sebuah notebook yang layak dalam urusan kinerja maupun harga yang ditawarkannya. Dan jika anda menginginkan sesuatu yang ideal seperti itu, pilihan notebook Lenovo Ideapad 320S terbaru mungkin layak untuk anda pertimbangkan. Selain memiliki kisaran harga yang terjangkau, pilihan notebook ini kini hadir dengan sesuatu yang sangat menjanjikan dalam hal kinerja maupun nilai estetika.

Lenovo pada dasarnya merupakan produsen yang sangat popular dan dikenal memiliki barisan notebook handal. Selain itu, pilihan harga yang ditawarkan oleh produsen ini bahkan terhitung cukup terjangkau, sehingga pilihan dari produsen tersebut biasanya menjadi salah satu pilihan utama bagi mereka yang sedang mencari notebook yang sangat baik dengan kombinasi ideal antara harga maupun kinerja. Nah, ketika anda sedang mencari sebuah notebook dengan kisaran harga 7 jutaan (lebih sedikit), maka kehadiran seri Ideapada 320S terbaru mungkin layak sebagai pilihan utama. Jadi, untuk melihat seberapa keren notebook mainstream tersebut, mari kita lihat sedikit ulasan dibawah ini.

Baca Juga : Lenovo Legion Y520-KKiD : Laptop Gaming Keren Dengan Performa Tangguh

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR : Desain

Barisan Ideapad sudah sejak lama memilik barisan notebook yang sangat baik untuk pengguna mainstream, namun kali ini produsen tampaknya menghadirkan sedikit bentuk desain premium yang benar-benar bisa diandalkan untuk kebutuhan estetika maupun portabilitas. Hasilnya, notebook ini kini hadir dengan pilihan yang jauh lebih ringan dan ramping, sehingga menghasilkan paduan yang cukup sempurna untuk memberikan nilai extra pada segi desain.

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Notebook ini hadir dengan bobot sekitar 1.7, dan ini benar-benar memberikan kesan premium, padahal kisaran harga notebook ini memiliki harga terendah sekitar 7 jutaan lebih. Ini tentu menjadi nilai plus dalam bentuk desain, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah notebook yang sangat baik untuk dukungan mobilitas yang jauh fleksibel. Selain itu, notebook ini juga memiliki tingkat ketebalan sekitar 1.9cm, dan ini tentu masuk dalam kategori ultrabook, meskipun kenyataannya bahwa pilihan notebook tersebut masih terhitung pasar mainstream.

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Hebatnya, pilihan notebook ini juga hadir dengan bentuk desain yang memiliki finishing aluminium premium, serta memiliki fitur desain minimalis. Sebagaimana kita bisa melihatnya pada bagian penutup logam premium. Hasilnya, Ideapad 320S menawarkan fleksibilitas yang keren dan bisa sesuai dengan gaya kita dimana saja. Pilihan notebook ini tersedia dalam tiga warna tone-on-tone, yakni : Mineral Grey, Snow White dan Coral Red yang cukup menyenangkan.

Konektivitas

Untuk kebutuhan konektivitas port, pilihan yang hadir cukup lengkap, bahkan terhitung cukup mewah. Dengan hadirnya notebook terbaru ini, anda akan mendapatkan sebuah port USB 3.0, 1xUSB 2.0, 1xType-C USB 3.0, HDMI dan 4-in-1 card reader. Pilihan USB Type C tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi mereka yang memiliki notebook mainstream, bahkan jauh lebih baik lagi untuk transfer data maupun konektivitas satu port untuk semua perangkat.

Sedangkan untuk konektivitas internet, kita tampaknya harus mengandalkan konektivitas WiFi, untungnya, produsen menghadirkan sesuatu yang jauh lebih baik lagi dengan fitur WiFi AC yang bisa jauh lebih diandalkan untuk semua kebutuhan internet.

Display

Sisi unggulan lainnya pada notebook ini adalah fitur display 14” yang jauh lebih baik lagi, dimana anda akan dihadirkan bentuk layar yang tampak sedikit besar, meskipun pada dasarnya hampir sama. Itu karena produsen benar-benar mendesain ulang layar dengan bezel yang jauh lebih tipis, sehingga tampak layar jauh lebih luas, dan tentu saja akan membuat nilai layar jauh lebih baik lagi.

Dan hebatnya, kali ini anda akan dihadirkan pilihan layar dengan panel IPS serta kekuatan maksimum resolusi hingga 1920×1080 Full HD. Sehingga, pilihan notebook mainstream kini hadir jauh lebih baik lagi ketika anda bisa mendapatkan kekuatan layar premium dengan tingkat ketajaman yang sangat nyaman pada notebook ini. Hanya sayangnya, pilihan dengan kisaran harga 7 jutaan mungkin tidak menghadirkan sesuatu yang indah seperti itu.




Spesifikasi Internal

SpesifikasiLenovo Ideapad 320S-14IKBR
HargaRP 7.499.000 (Beli)
ProcessorIntel Core i5-8250 (4 Core,8 Thread Up to 3.4 Ghz)
Operating SystemWindows 10 Home
GraphicsIntel Integrated Graphics / NVIDIA GeForce 920MX
Webcam / MicrophoneFixed Focus CMOS camera
Memory4GB DDR4 2400Mhz
Storage1 TB SATA HDD
AudioHarman speakers with Dolby Audio
Battery3 Cell Li-Polymer Up to 12 hours 14"
DisplayUp to FHD (1920x1080)
Dimensions (W x D x H)19.3 mm thick
Weight1.7 kg
WiFi/BTUp to WiFi 1x1 AC + BT4.1
Ports1xUSB 3.0, 1xUSB 2.0, 1xType-C USB 3.0,
HDMI, 4-in-1 card reader

Dan untuk menyempurnakan kekuatan yang hadir pada Lenovo Ideapad 320S-14IKBR ini, sesuatu yang benar-benar bisa diharapkan untuk kinerja lebih baik juga sangat meyakinkan. Itu karena kini kita bisa melihat pilihan prosesor tangguh dengan kehadiran Intel Core i5-8250 dengan fitur quad core yang sangat baik. Pilihan prosesor terbaru dari Intel generasi ke-8 ini bisa memberikan sesuatu yang sangat ideal untuk kinerja berbagai aplikasi berat maupun gaming yang cukup menuntut. Hanya saja, jangan terlalu berharap lebih.

Prosesor

Intel core i5-8250 memiliki pilihan 4 prosesor inti didalamnya, dimana ia hadir dengan dukungan 8 thread. Pilihan prosesor ini memiliki tingkat kecepatan dasar sebesar 1.6Ghz, namun fitur turbo boosting yang melekatnya mampu mendongkrak clockspeed hingga 3.4 Ghz. Hal tersebut menjadi salah satu pilihan prosesor mobile andalan hari ini untuk notebook mainstream dan ultrabook premium. Prosesor ini juga hadir dengan tingkat cache sebesar 6MB, dan memiliki TDP sebesar 15W, sehingga memberikan potensi besar untuk kinerja maupun tingkat efisiensi.

SpesifikasiIntel Core i5-8250U
SeriesIntel Core i5
CodenameKaby Lake Refresh
Clockspeed / Turbo1.6 Ghz/3.4 Ghz
Level 1 Cache256 KB
Level 2 Cache1 MB
Level 3 Cache6 MB
Number of Cores / Threads44
Max. Power Consumption (TDP = Thermal Design Power)15 Watt
Manufacturing Technology14 nm
SocketBGA1356
FeaturesDual-Channel DDR4 Memory Controller, HyperThreading, AVX, AVX2, Quick Sync, Virtualization, AES-NI
GPUIntel UHD Graphics 620 (300 - 1100 MHz)
64 BitYes
Tanggal RilisAugust 21, 2017

Prosesor ini juga membawa pilihan iGPU Intel UHD Graphic 620, dimana GPU tersebut mampu memberikan kekuatan yang cukup ideal untuk gaming kasual tanpa adanya hambatan yang berarti. Meskipun pada dasarnya hampir sama dengan pilihan seri sebelumnya, namun gpu tersebut kini bisa memberikan kekuatan display 4K untuk pengalaman multimedia yang cukup baik seperti menonton film dan sebagainya.

Grafis

Pilihan lainnya yang cukup baik pada Lenovo Ideapad 320S-14IKBR adalah kehadiran GPU diskrit Nvidia Geforce 920MX, meskipun pilihan ini sudah cukup tua untuk dihadirkan pada notebook terbaru. Untungnya, pilihan GPU ini masih bisa memberikan kita performa gaming yang terhitung ideal, khususnya beberapa gaming kasual yang tidak terlalu menuntut. Namun jangan berharap lebih dari itu, karena nyatanya pilihan GPU ini tidak ideal untuk gaming berat, apalagi beberapa pilihan game terbaru tahun 2017 keatas. Salah satu alasan utamanya karena GPU ini masih membawa nilai tenaga cuda hanya sbesar 256 dengan kekuatan VRAM sebesar 2GB DDR3. Selain itu, pilihan memory interface juga hanya sebesar 64-Bit saja, namun ia masih terhitung sangat baik untuk tingkat clockspeed yang mampu mencapai kecepatan 993Mhz.

RAM & Storage

Sedangkan untuk RAM, pilihan konfigurasi terendah hanya memiliki memori sebesar 4GB DDR4 sehingga jika anda menginginkan sesuatu yang jauh lebih baik, aplikasi dan gaming yang lebih lancar, maka pilihan upgrade merupakan opsi yang paling indah. Meskipun begitu, pilihan memori dengan kekuatan 4GB pada dasarnya masih mencukupi untuk semua kebutuhan umum anda, namun jangan berharap untuk lebih dari itu.

Sedangkan untuk pentimpanan data, hadirnya harddrive tradisional dengan kapasitas 1 TB pada keepatan 5400RPM merupakan pilihan yang cukup ideal. Ada akan banyak memiliki kapasitas untuk menyimpan semua data dengan pilihan yang besar, meskipun upgrade ke SSD untuk penyimpanan sistem operasi akan jauh lebih sempurna untuk kinerja.

Keyboard & Touchpad

Untuk urusan keyboard, pilihan standar dengan fitur island keyboard masih melekat pada seri terbaru ini. Meskipun demikian, keyboard nyatanya masih hadir dengan nilai yang sangat baik, apalagi untuk kebutuhan pengetikan maupun hal lainnya yang bisa anda lakukan pada fitur tersebut. Sayangnya, kendala tombol power dengan delete mungkin akan menjadi sesuatu yang tidak ideal, karena kita mungkin bisa mengalami kecelakaan saat akan menyentuh tombol delete untuk beberapa kata yang salah, namun malah mematikan laptop.

Hal yang sangat baik juga hadir dengan hadirnya fitur touchpad yang ideal. Ada banyak hal yang positif pada fitur ini, hanya yang pasti bahwa semua gerakan jari-jemari kita akan jauh terasa nyaman pada panel. Anda tidak akan merasakan sesuatu yang sulit untuk menekan berapa perintah pada touchpad yang cukup luas ini.

Audio & Webcam

Pilihan audio juga terhitung sangat baik, karena notebook ini memiliki fitur Audio dengan dukungan Dolby Audio dan memiliki speaker Harman. Produsen tampaknya tahu untuk menyenangkan pengguna mainstream dengan sesuatu yang cukup mewah dihadirkan, apalagi mengingat harga yang ditawarkannya sangat menggiurkan. Namun jangan terlalu keras pada urusan ini, karena kita tidak akan melihat pilihan sesuatu yang jernih lagi didalamnya.

Berbeda halnya dengan fitur webcam, dank arena kenyataanya bahwa ini merupakan notebook mainstream dengan harga yang cukup murah, kadangkala pengorbanan yang harus dilakukan adalah pilihan webcam. Hasilnya, pilihan webcam sedikit terbatas untuk beberapa kebutuhan videocall sederhana saja, meskipun ia memiliki fitur Fixed Focus Camera.

Kekuatan Baterai

Hadir pila sesuatu yang baik pada notebook ini, dimana produsen kini menghadirkan kekuatan baterai 3 Cell Li-Polymer, padahal sebelumnya hanya dua saja. Sehingga, kekuatan baterai yang diklaim produsen mampu memberikan kinerja hingga 12 jam lamanya, meskipun hal tersebut bisa saja berbeda untuk setiap pengguna. Sehingga, kita kini bisa memiliki sesuatu yang sangat baik untuk notebook anggaran dengan fitur baterai yang jauh lebih ideal. Bahkan, kita tidak harus takut membawa notebook ini kemana saja, apalagi ia juga memiliki fitur fast charging.

So, is it worth it?

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR benar-benar menyajikan sesuatu yang menarik untuk kaum mainstream hari ini, dimana kehadiran notebook terbaru tersebut bisa memberikan sesuatu yang sangat menjanjikan untuk urusan kinerja maupun estetika. Dengan kisaran harga sekitar 7.5 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah notebook berkelas premium yang sangat berarti untuk menunjang semua aktivitas anda. Selain itu, pilihan notebook ini juga sudah hadir dengan sistem operasi Windows 10 original, sehingga kita tidak harus khawatir untuk membeli sistem operasi yang cukup mahal untuk memulai.

Jadi, notebook ini layak untuk pertimbangan anda sebagai pilihan upgrade atau membeli seutuhnya, karena kehadiran prosesor Intel terbaru generasi ke-8 maupun bentuk desain yang jauh lebih ramping merupakan sisi penyempurna seri sebelumnya. Apalagi, harga yang ditawarkan sangat menggiurkan untuk tidak dilewatkan.

 Baca Juga :




Comments
Loading...

One thought on “Lenovo Ideapad 320S-14IKBR : Notebook Mainstream Dengan Kinerja Menjanjikan

Comments are closed.