- Hardware, Laptop

ASUS X555Q Review : Notebook Quad Core Murah + Performa Tangguh

Tidaklah sulit untuk menemukan pilihan notebook yang sangat baik hari ini, namun ketika anggaran anda terbatas, maka pilihan Notebook ASUS X555Q mungkin bisa anda pertimbangkan. Dengan kisaran harga mulai dari sekitar 6.4 jutaan, pilihan notebook tersebut mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan mainstream anda, termasuk gaming kasual seperti E-Sport maupun sedikit flashback game sebelum tahun 2017. Penasaran dengan kemampuan notebook ini, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

ASUS X-series pada dasarnya mewakili pilihan prosesor AMD untuk pasar mobile, meskipun bukanlah yang terbaik, namun anda bisa mendapatkan kekuatan quad core murni dengan pilihan GPU yang cukup baik untuk kebutuhan grafis modern hari ini. Apalagi, notebook ini juga memiliki beberapa fitur yang cukup menarik untuk membangkitkan hasrat anda dalam memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari dan tentu saja harga yang ditawarkan benar-benar sangat baik untuk tidak dilewatkan. Jika anda berencana untuk membeli notebook ini, anda mungkin tidak ingin melewatkan review lengkap dibawah ini sebagai sisi pertimbangan anda dalam membeli sebuah perangkat yang ideal.

Baca juga : ASUS VivoBook S15 S510U Review : Notebook Mainstream Dengan Fitur Premium

ASUS X555Q : Desain

Pilihan notebook ini mungkin bukanlah yang terbaik dalam urusan desain, namun apa yang membuatnya menarik dan begitu solid adalah faktor bentuk yang cukup tipis dan memiliki nilai yang cukup memberikan kesan tangguh. Dengan warna hitam secara keseluruhan, ASUS tampaknya mengerti bagaimana caranya untuk membuat sebuah perangkat yang menarik, meskipun pada dasarnya ia hadir untuk kalangan budget terbatas.

Laptop ini memiliki desain chassis plastik, meskipun pada bagian ia diakhiri dengan finishing metal-steel dengan warna hitam pekat dan memiliki logo ASUS berwarna silver ditengah-tengahnya. Ini tentu menjadi bagian yang memberikan kesan elegan, apalagi jika anda berencana untuk membawanya di tempat yang cukup ramai. Notebook ini hadir dengan berat sekitar 2.2Kg dan itu termasuk cukup ramping, apalagi ia memiliki tingkat ketebalan 2.5cm, padahal sebuah slot DVDRW tradisional masih dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konvensional hari ini (masihkah kita butuh untuk hal ini?)

Ketika anda membuka tutup notebook tersebut, barulah tampilan yang jauh lebih baik lagi terbuka. Sebuah dek berwarna silver dengan pilihan keyboard full island lengkap dihadirkan. Paduan ini semakin sempurna dengan layar 15.6 berwarna hitam pekat, seolah ia hadir dengan pilihan yang begitu luas. Padahal, anda mungkin tidak akan melihat bezel tipis disekitarnya, namun kombinasi warna hitam dengan dek silver benar-benar memberikan kesan yang sangat baik untuk pengguna.

Konektivitas

ASUS X555Q hadir dengan pilihan konektivitas yang cukup lengkap, meskipun anda mungkin tidak akan menemukan pilihan mewah didalamnya. Pada bagian kiri laptop, pilihan port jack power untuk kebutuhan energi hadir di sisi paling ujung berdekatan dengan sebuah port RJ45 untuk kebutuhan konektivitas kabel, seperti LAN maupun internet. Didekatnya ada sebuah port VGA dan HDMI untuk piihan multi-display (ini tentu cukup baik), serta dua buah port USB 3.0 untuk kebutuhan konektivitas data yang semakin modern. Anda mungkin tidak akan menemukan pilihan konektivitas lebih tinggi selain port USB 3.0, namun ini sudah bisa memenuhi kebutuhan ideal anda hari ini. Untungnya, sekuritas Kensington lock pada laptop ini bisa memberikan kesan yang jauhh lebih baik.

Pada bagian kanan laptop, pilihan port jauh lebih sederhana dengan hadirnya slot USB 2.0, 2 -in-1 card reader ( SD/ SDHC), dan tentu saja port jack audio di tengah-tengahnya. Pilihan slot DVDRW masih dihadirkan, namun saya mungkin tidak akan membahasnya terlalu detail, karena kebutuhan modern hari ini mungkin akan melupakan hal tersebut (atau juga tidak?).

Sedangkan untuk konektivitas internet, pilihan wireless 802.11 b/g/n sangat baik untuk kebutuhan internet anda hari ini, apalagi jika anda berencana untuk mengandalkan kekuatan nirkabel dimana saja dan kapan saja. Meskipun sesuatu seperti AC pada bagian akhir bisa menjadi jawaban kebutuhan nirkabel yang jauh lebih ideal, tapi hei, ini nyatanya sebuah laptop anggaran dengan bentuk desain yang disesuaikan bukan?

Display

Beralih pada display, sebuah layar hitam dengan ukuran 15.6” yang cukup besar hadir untuk memenuhi kebutuhan mainstream anda, namun jangan mengharapkan sesuatu yang terbaik dari ini. Pilihan layar dengan anggaran terbatas mungkin menjadi faktor utama layar dengan panel TN dihadirkan, sehingga ada sedikit keterbatasan untuk view angle maupun ketajaman. Tapi, tidak ada sesuatu yang kurang dalam hal ini, karena ASUS mampu menghadirkan sesuatu yang cukup baik pada laptop tersebut, termasuk dalam kebutuhan display.

Layar pada notebook ASUS X555Q ini hadir dengan maksimum resolusi 1366×768, namun anda bisa mendapatkan pilihan yang jauh lebih baik dengan kualitas layar Full HD dengan sedikit pengorbanan untuk harga. Karena, nyatanya produsen juga menghadirkan beberapa konfigurasi pada seri ini. Kualitas brightness mungkin bisa memenuhi semua kebutuhan anda didalam ruangan, namun anda mungkin sedikit berhati-hati ketika membawanya keluar, apalagi untuk ruangan yang cerah. Perlu sedkit banyak usaha untuk melihat sesuatu yang detail pada layar jika suasana lingkungan sangat terang hadir.




ASUS X555Q : Spesifikasi Internal

SpesifikasiASUS X555Q
HargaRp 6.459.000 (Beli)
ProcessorA10-9600P (2.4GHz up to 3.3Ghz, 2MB Cache)
MemoryDDR3L 2133 MHz SDRAM, 4 GB, up to 16 GB
Display15.6" 16:9 HD (1366x768)
GraphicAMD Radeon™ R5 Graphics + Radeon™ R6 M435DX Dual Graphics with 2GB DDR3 VRAM
Storage2.5" 9.5mm SATA 1TB HDD 5400 RPM
Optical DriveSuper-Multi DVD
Card Reader2 -in-1 card reader ( SD/ SDHC)
CameraVGA Web Camera
NetworkingIntegrated 802.11 b/g/n
Built-in Bluetooth™ V4.0 (Optional)10/100/1000/Gigabits Base T
Interface1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
2 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
AudioBuilt-in Speakers And Microphone
ASUS SonicMaster Technology
Battery2Cells 37 Whrs
Dimensions38.2 x 25.6 x 2.58 cm (WxDxH)
Weight2.20 kg (with 2 cell battery)

Nah, kali ini kita akan beralih pada jantung notebook dengan pilihan spesifikasi internal yang sangat mempengaruhi kualitas kinerja secara keseluruhan, dan bagaimana idealnya laptop ini agar bisa memenuhi semua kebutuhan modern anda hari ini. Notebook ASUS X555Q pada dasarnya memiliki beberapa konfigurasi untuk pilihan spesifikasi, dengan pilihan tertinggi hadir dengan kekuatan AMD FX 9800, pilihan konfigurasi kedua hadir dengan kekuatan AMD A12-9700p, dan untuk konfigurasi terendah hadir dengan kekuatan AMD A10-9600P. Kali ini, kami mendapatkan sampel dengan pilihan terendah, namun masih memiliki fitur quad core murni bersama kekuatan grafis integrated yang cukup baik.

AMD A10-9600P pada dasarnya hadir untuk kelas mid-range mobile prosesor, namun pilihan ini lebih ideal untuk pengguna dengan anggaran yang cukup terbatas. Meskipun begitu, ia sudah bisa pergi untuk pilihan laptop kelas mainstream yang cukup baik, apalagi fitur quad core serta kekuatan integrated GPU tidak bisa dilepaskan begitu saja, yakni Radeon R5 yang melekat bersama prosesor ini. CPU tersebut hadir dengan tingkat clockspeed dasar sebesar 2.4Ghz, namun memiliki fitur turbo boost hingga 3.3Ghz. Pilihan level cache hanya sebesar 2MB, dan mungkin inilah yang menjadi sisi kelemahan pada prosesor ini, sehingga ia tidak bisa mampu memberikan performa terbaiknya ketika kami hadirkan beberapa kinerja CPU dibawah ini.

Meskipun begitu, AMD A10-9600P nyatanya hadir dengan pilihan 4 core dan 4 thread untuk memaksimalkan kinerja multi-thread, dimana prosesor ini diproduksi pada proses 28nm sehingga ia memiliki tingkat TDP yang cukup kecil, sekitar 15W saja. Prosesor ini merupakan bagian dari arsitektur Bristol Ridge yang diumumkan pada tahun 2016, hanya saja anda tidak akan melewatkan beberapa fitur teknologi yang baik pada prosesor tersebut.

Beralih pada grafis, ketika laptop ini hadir dengan kekuatan grafis Radeon R5, namun ia juga memiliki pilihan grafis diskrit dengan fitur dual graphic yang melekat pada laptop ini, yakni Radeon R6 M435DX. Pilihan dual grafis ini akan secara otomatis bisa beralih ketika kinerja grafis berat hadir, seperti gaming maupun aplikasi yang menuntut kinerja grafis. Pilihan Radeon R5 akan memakan kekuatan RAM anda dengan maksimum 512MB, sedangkan kekuatan Radeon R6 nyatanya sudah hadir dengan pilihan memori 2GB DDR3 dengan tingkat memory clock 900Mhz. Ini bisa menjadi modal anda untuk melahap semua pillihan gaming kasual hari ini dalam pengaturan medium-high, meskipun masih terbatas untuk game semacam AAA.

Kinerja Prosesor & Grafis

Dibawah ini kami hadirkan beberapa tes untuk menunjukan seberapa baik kemampuan prosesor dan grafis yang melekat pada laptop ini, termasuk beberapa tes sintetis benchmark maupun kemampuan gaming. Dengan hadirnya tes ini, setidaknya anda bisa melihat bagaimana kemampuan notebook tersebut dalam aksi sesungguhnya.

Cinebench R15

Tes ini menunjukan bagaimana performa CPU sesungguhnya dalam aplikasi sehari-hari, termasuk juga untuk mengetahui bagaimana CPU bisa memaksimalkan setiap core yang dihadirkan dalam kinerja multi-thread maupun single thread. Pilihan CPU AMD A10-9600p tampaknya cukup baik untuk memenuhi semua kebutuhan aplikasi multi thread, namun kurang memberikan performa sesungguhnya ketika dibandingkan dengan beberapa CPU sedikit diatas kelasnya.

Geekbench 3

ASUS X555Q

Hampir sama dengan Cinebench, tes ini juga menunjukan bagaimana kekuatan CPU sesungguhnya dalam menghadirkan kinerja aplikasi, baik dalam kasus single CPU maupun multi-thread. Hasilnya sedikit berbeda, namun pilihan dari tim biru masih memimpin untuk perolehan skor.

3DMark Suite

Tes 3DMark ini bisa mencakup semua yang kita butuhkan untuk menandai perangkat keras Anda di satu aplikasi. Entah anda suka sekali bermain game di smartphone, tablet, notebook, laptop, desktop, atau PC gaming berperforma tinggi, 3DMark menyertakan patokan yang dirancang khusus untuk jenis perangkat tersebut. Hadirnya pilihan aplikasi ini, kita bisa melihat bagaimana tolak ukur performa GPU untuk beberapa aplikasi, semakin tinggi skor, maka semakin baik pilihan GPU tersebut.

Kinerja Gaming

Dan inilah salah satu yang ditunggu-tunggu, yakni kinerja gaming. Pilihan laptop ini sebenarnya terhitung layak untuk kemampuan beberapa gaming yang cukup menuntut maupun pilihan gaming E-Sport seperti DOTA, namun kelemahan terbesarnya ada pada kekuatan RAM yang hanya 4GB saja, apalagi sistem juga memakan RAM ini untuk kekuatan GPU integrated. Sehingga, sebaiknya upgrade ram pada laptop tersebut, jangan hanya mengandalkan kekuatan 4GB saja, apalagi gaming hari ini jauh lebih ideal pada kekuatan 8GB.

Storage & RAM

ASUS X555Q memiliki pilihan storage merk Toshiba dengan kapasitas 1TB pada kecepatan 5400 RPM. Meskipun terhitung standar, namun kekuatan yang dihasilkan pilihan storage ini benar-benar menarik. Anda bisa mencapai pilihan transfer data hingga diatas 90 Mb/s, termasuk untuk baca maupun menulis. Ini tentu cukup baik, apalagi jika anda sehari-hari berkutat pada kekuatan transfer data. Dan jika anda berencana untuk menghadirkan SSD, saya masih belum yakin apakah ia sudah memiliki fitur M.2, karena membuka lapisan bagian belakang agak susah, apalagi waktur review sample sedikit terbatas.

Berbeda halnya dengan kekuatan ram yang hanya sebesar 4GB DDR3L pada speed 2133Mhz, meskipun sudah cukup untuk memenuhi semua kebuthan sehari-hari anda, kekuatan ram ini masih jauh untuk kebutuhan gaming yang ideal. Anda memerlukan setidaknya kekuatan 8GB RAM untuk gaming yang optimal, dan untungnya ASUS menyediakan sebuah slot kosong untuk tambahan perangkat ini. Upgrade ini sangat berarti, apalagi saya benar-benar menyarankan untuk segera upgrade RAM, apalagi sistem akan menyedot RAM sebesar 512MB untuk kebutuhan integrated GPU yang hadir pada Radeon R5.

Keyboard & Touchpad

Tidak ada pilihan yang mewah pada fitur keyboard, namun anda akan mengetahui bahwa kehadiran keyboard lengkap ini cukup layak dan sangat nyaman untuk semua kebutuhan pengetikan anda maupun berbagai hal lainnya. Dengan tingkat perjalanan kunci yang tidak terlalu dalam, kegiatan pengetikan cukup mudah untuk dilalui dan tidak anda kendala berarti didalamnya. Apalagi yang dihadirkan pada keyboard full island ini, anda akan melihat pilihan numpad yang jauh lebih solid, meskipun jarak antar tombol sedikit kaku dan perlu sedikit improvisasi untuk bisa mengenalkannya kedalam kegiatan sehari-hari anda(apalagi jika anda tidak terbiasa).

Hal yang sama juga berlaku pada fitur touchpad, dimana segala hal yang dilakukan setiap jari-jemari kita akan jauh terlihat mulus pada permukaan trackpad halus dan sangat nyaman untuk dilalui. Touchpad ini memiliki ukuran sekitar 10.5cm dan lebar 8cm, meskipun bukan yang terluas, namun pilihan ini sudah mencukupi semua kebutuhan anda, apalagi tombol integrated didalamnya cukup mudah untuk dilalui. Posisi touchpad terhitung sangat ideal, anda tidak akan melihat sesuatu yang melewati batas jarak anda dengannya.

Audio & Webcam

Kehadiran fitur audio ASUS SonicMaster Technology memang memberikan kesan yang jauh lebih baik untuk urusan tersebut. Anda akan merasa cukup nyaman pada kualitas audio pada laptop ini, apalai bagian speaker yang terasa bagian dek akan memberikan kesan yang cukup bersemangat ketika kita sedang bermain game, mendengarkan musik, apalagi menonton film. Namun jangan terlalu tinggi pengaturannya, karena suara vocal mungkin tidak akan jauh lebih baik lagi. Selain itu, ASUS juga menghadirkan Built-in Speaker dan Mikrofon yang cukup baik, sehingga kegiatan sehari-hari kita jauh lebih lengkap dengan fitur extra tersebut.

Sedangkan untuk urusan webcam, jangan terlalu berharap lebih pada kemampuannya, karena kualitas VGA kamera nyatanya tidak bisa memberikan sesuatu yang ideal jika dibandingkan dengan kebutuhan video call sederhana. Pilihan ini lebih ideal untuk “sekedar” kebutuhan videocall yang standar, dan jangan menempatkan ruangan terlalu gelap, karena anda mungkin akan melihat sesuatu yang sangat tidak jelas dan sedikit berbayang-bayang. Lagi pula, harga yang ditawarkannya tampaknya harus ada sisi pengorbanan, salah satunya dalam bentuk webcam.

Kinerja Baterai & Suhu

ASUS menempatkan baterai un-removable pada notebook ini, dimana kekuatan baterai 2Cells 37 Whrs ini mampu memiliki kekuatan saat idle hingga 7 jam lamanya. Selain itu, kekuatan baterai juga mampu menempatkan kinerja yang cukup baik untuk kegiatan browsing hingga 4.2 jam. Namun jangan terlalu berharap tinggi untuk performa gaming, karena ia hanya mampu melaksanakan tugas hingga 2 jam kurang saja, apalagi jika banyak aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang.

Sedangkan untuk suhu, sesuatu yang agak tidak normal kami rasakan pada barang sample kami, namun pilihan suhu masih terhitung cukup ideal. Untungnya, anda tidak akan merasakan sedikit pun suhu panas pada deck, seperti apa yang saya lakukan beberapa jam pada laptop ini. Suhu pada saat awal dinyalakan hingga idle beberapa menit, ia memberikan nilai sekitar 36° celcius, sedikit beranjak hingga 48° saat browsing sambal memainkan beberapa lagu. Suhu yang sangat berarti adalah ketika kita melakukan proses gaming, dimana suhu maksimal bisa mencapai 65°, hebatnya kita tidak akan merasakan apa-apa pada dek, dimana kebanyakan laptop mungkin tidak sebaik ini(khususnya untuk laptop anggaran).

Kesimpulan

Tidak banyak kata dalam pentup kami, namun ada beberapa poin penting yang perlu anda lihat sebelum mempertimbangkan laptop ini. Pertama, laptop terhitung masih sangat baik, namun sedikit terbatas pada beberapa fitur seperti kualitas webcam, kinerja RAM yang terbatas, dan kualitas prosesor yang sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan tim biru. Meskipun begitu, kekuatan prosesor masih sangat layak dan bisa mempengaruhi semua kegiatan anda, apalagi didukung dengan kekuatan dual GPU yang cukup baik. Anda masih bisa menghadirkan beberapa pilihan game kasual yang cukup menuntut seperti E-Sport baik dalam bentuk DOTA 2, PES 2017 ke bawah maupun beberapa gaming besar dibawah tahun 2016. Kelemahan utamanya terbesar pada kekuatan ram yang sangat minim, apalagi sistem mengambil juga RAM untuk kinerja integrated GPU.

Namun, nilai secara keseluruhan untuk ASUS X555Q merupakan pilihan yang solid, dengan bentuk desain yang baik. Ia bisa memenuhi semua kebutuhan anda dalam tahap mainstream yang tidak terlalu menuntut. Meskipun begitu, laptop ini masih memiliki potensi untuk pergi jauh lebih baik, dengan catatan upgrade RAM dan bentuk SSD mungkin akan memberikan sesuatu yang jauh lebih mengesankan lagi untuk performa. Dan semua hal yang telah kami hadirkan, notebook ASUS X555Q masih cukup layak untuk anda pertimbangkan ketika sedang mencari pilihan notebook dibawah 7 jutaan, apalagi tidak ada tambahan anggaran lagi untuk pergi.

Pros :

  • Bentuk Desain yang Solid
  • Harga terjangkau untuk pilihan Quad core prosesor
  • Performa GPU yang baik untuk gaming kasual
  • Pilihan keyboard dan touchpad yang handal

Cons :

  • RAM yang terbatas (upgrade adalah pilihan yg mutlak untuk pengalaman gaming yang jauh lebih baik)
  • Kualitas Webcam yang kurang

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat