- Games, Gaming Gear, Hardware, Serba-serbi, Serba-serbi Bitcoin, Tutorial

Inilah Alasan Mengapa Membangun Gaming Rig Tidak Direkomendasikan Hari ini

Gaming Rig – Ketika anda sedang berencana untuk membangun Rig PC khusus gaming, maka hari ini bukanlah waktu yang terbaik untuk memulai. Ada beberapa hal yang menjadikan hal tersebut sangat tidak ideal, namun yang pasti bahwa kehadiran dunia mata uang digital benar-benar memberikan dampak besar terhadap menipisnya stok untuk beberapa komponen utama bagi PC. Hal tersebut tentu membuat lonjakan harga liar yang jauh di luar nalar, terutama untuk kartu grafis.

Selain itu, ada beberapa komponen inti yang ikut mengikuti irama membengkaknya harga, diantaranya tentu merupakan komponen pendukung gaming rig yang harusnya membuat anda terlihat keren dengan harga yang cukup terjangkau. Namun kini, mereka seolah memusuhi anda dengan pilihan harga yang sangat tidak layak. Beberapa komponen inti yang menjadikan gaming PC hari ini tidak direkomendasikan adalah :

1. Kartu Grafis

Gaming Rig

Yang pertama tentu saja adalah pilihan kartu grafis, dimana ini merupakan jantung yang akan mengerakan setiap bingkai frame sebuah permainan layak untuk dijalankan. Dulu, anda bisa memiliki sebuah GPU yang handal untuk gaming 1080p dengan kisaran harga antara 3 sd 5 jutaan, namun kini hal tersebut tampaknya mustahil untuk didapatkan. Beberapa kartu grafis kelas menengah sudah menghilang sejak bulan januari lalu, dan tentu saja para penambang cryptocurrency merupakan penyebabnya. Mereka bisa memborong satu truk besar untuk sebuah GPU, dan ini karena dunia mining masih menjadi magnet yang menarik untuk menuai keuntungan pundi-pundi rupiah dari menambang mata uang digital. Parahnya, hal tersebut merambah pada pilihan kartu grafis entry level, yang sebelumnya tidak terpengaruh sama sekali. Anda bahkan kini tidak bisa membeli sebuah GPU Nvidia GTX 1050 Ti dibawah harga 2,5 jutaan, beberapa dari mereka bahkan memiliki harga diatas 3 jutaan lebih.

2. Power Supply

PSU berkualitas

Ketika pilihan kartu grafis merangkak naik dalam sisi harga, hal tersebut berimbas pada pilihan power supply. Mungkin kita masih bisa melihat cukup tenang untuk pilihan PSU dibawah 600W, namun hal tersebut berbeda dengan PSU diatasnya apalagi untuk beberapa merk terkenal. Ini karena setiap GPU penambang yang besar membutuhkan kekuatan daya yang bisa menampungnya. Contohnya, katakanlah anda memiliki 2 buah GPU Nvidia GTX 1060 untuk mining, maka anda perlu memiliki kekuatan daya sebesar 600W, dan pilihan yang ideal untuk PSU tentunya adalah 650W. Hasilnya, power supply dengan kisaran 650W, 700W dan 750W untuk beberapa merk keatas memiliki stok yang langka, bahkan jika anda menemukannya, mereka semua biasanya memiliki harga dua kali lipat atau bahkan lebih.

3. RAM

Harga RAM sejak setahun lalu pada dasarnya sudah meningkat, namun memasuki tahun 2018, mereka menunjukan peningkatan yang signifikan. Bukan karena masalah penambang sebagai sumber utama penyebabnya (meskipun bisa dikatakan juga iya), namun keterbatasan stok, disaat banyak produsen kini mulai merambah menggunakan memori yang sama pada beberapa perangkat elektroniknya,seperti smartphone modern. Anda tidak bisa lagi melihat beberapa pilihan memori handal seperti 8GB DDR4 dibawah harga 1,2 jutaan, bahkan mereka bisa pergi diatas 1,5 jutaan. Hal tersebut juga berdampak pada pilihan memori dibawah dan diatasnya.

Jadi, itu dia 3 faktor utama yang menghalangi para gamer untuk membangun rig terbaik hari ini, bahkan sesuatu yang cukup dramatis jika anda bisa mendapatkan beberapa pilihan komponen utama untuk memulai pencarian , apalagi ketika budget anda benar-benar terbatas. Terlepas dari semua itu, kita semua pastinya sangat mengharapkan ketersediaan stok yang melimpah dan semoga saja semua hal tersebut bisa teratasi dalam waktu singkat, sehingga harga minimal bisa kembali normal (meskipun agak pesimis). Namun jika anda memaksa, selalu ada pilihan alternatif lainnya selain membangun, yakni built up PC atau gaming laptop. Mereka masih bisa memberikan sesuatu yang layak untuk semua game favorit anda.

 Baca Juga :




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat