- Uncategorized

AMD Ryzen 5 2400G & 2200G Review : Spesifikasi & Harga

Spesifikasi AMD Ryzen 5 2400G

AMD Ryzen 5 2400G merupakan pilihan prosesor yang paling tinggi saat peluncuran resmi kemarin, baik dari segi spesifikasi maupun harga. Dengan kisaran harga sekitar 2.4 jutaan, Ryzen 5 2400G membawa kekuatan quad core yang hampir mirip dengan spesifikasi Ryzen 5 1500X, yakni quad core dengan 8 thread. Namun kali ini, CPU tersebut hanya membawa L3 cache sebesar 4MB, ini tentu untuk bisa menghadirkan kekuatan GPU didalamnya. Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed dasar sebesar 3.6 Ghz, dan memiliki boost clock hingga 3.9 Ghz. Selain itu, pilihan prosesor ini sepenuhnya terbuka untuk overclocking, namun jangan harap untuk melebihi diatas 4.1 ghz, sebagaimana hal yang kami lakukan.

Ryzen 5 2400G

Prosesor tersebut juga membawa nilai TDP 65W, yang berarti tidak ada peningkatan dalam urusan ini. Namun, ketika hadir dalam kinerja, tampaknya akan ada sedikit perubahan dalam hal konsumsi daya. Hal tersebut tentu karena ia membawa kekuatan lain pada CPU tersebut, yakni integrated GPU. Dulu kita mungkin melihat bahwa barisan prosesor ini sepenuhnya murni, namun kali ini mereka membawa iGPU dengan kekuatan Vega sebagai pilihan unggulan.

Dan berbicara mengenai iGPU, RX Vega terpasang didalam CPU ini sebagai solusi tangguh berikutnya untuk pengguna. Ibaratnya, anda sudah memiliki sebuah dedicated GPU kelas entry level(yang cukup handal untuk gaming kasual), ketika membeli CPU tersebut. GPU ini dinamakan RX Vega 11, dan sesuai dengan namanya, pilihan GPU tersebut membawa GPU Core dengan jumlah 11. Untuk memaksimalkan kinerja, RX Vega memiliki clockspeed hingga 1250Mhz, namun ternyata tidak sampai itu saja, karena kita bisa melakukan proses OC pada GPU hingga maksimum mungkin 1600Mhz. ini tentu akan menjadi sesuatu yang solid lainnya untuk memompa kinerja, apalagi jika anda memasang memori dengan tingkat clockspeed tinggi pada sistem.

Spesifikasi

AMD Ryzen 5 2400G

AMD Ryzen 3 2200G

HargaRp 2.399.000Rp 1.499.000
CPU Cores44
Threads84
Base Clock3.6GHz3.5GHz
Max Boost Clock3.9GHz3.7GHz
Total L2 Cache2MB2MB
Total L3 Cache4MB4MB
Default TDP / TDP65W65W
GraphicsRadeon™ Vega 11 Radeon™ Vega 8
GPU Cores118
Graphics Frequency1250Mhz1100Mhz

Spesifikasi AMD Ryzen 3 2200G

Sedangkan untuk pilihan rendah, dan tidak kalah serunya adalah Ryzen 3 2200G. Tampaknya pilihan CPU ini akan menggantikan seri 1200, bahkan jauh lebih baik lagi. Hal tersebut tentu karena ia juga membawa kekuatan iGPU RX Vega yang cukup menjanjikan untuk kinerja gaming. Dengan kisaran harga sekitar 1.5 jutaan, pilihan prosesor ini akan memberikan kinerja yang solid untuk gaming kasual ataupun E-Sport pada 1080p (meskipun dengan pengaturan terendah).

Prosesor ini membawa kekuatan4 core dan 8 thread didalamnya, namun kali ini ia hanya memiliki tingkat L3 cache sebesar 4MB. Tingkat clockspeed dasar yang dihadirkan produsen pada CPU ini berada pada 3.5Ghz dan memiliki turbo boosting hingga 3.7 Ghz. Prosesor ini juga sepenuhnya terbuka untuk OC, namun sedikit terbatas hingga 4.0 Ghz untuk kinerja yang lebih stabil.

Prosesor ini juga masih membawa nilai TDP sebesar 65W dengan proses manufaktur 14nm+, namun seperti yang telah dijelaskan di awal, akan ada sedikit (atau banyak) perubahan untuk urusan konsumsi daya, apalagi untuk gaming. Itu karena ia membawa nilai kekuatan yang jauh lebih besar, dan tidak lain tentu karena iGPU RX Vega didalamnya. Sedikit perbedaan dari seri yang lebih tinggi, tampaknya bahwa Ryzen 3 2200G tidak memiliki dukungan XFR, hanya sebagian teknologi saja.

Berbicara mengenai iGPU, ketika seri 2400G membawa RX Vega 11, kali 2200G membawa RX Vega 8. Sesuai dengan namanya, ia memiliki jumlah GPU Core sebanyak 8 buah. Dengan memompa clockspeed hingga 1100Mhz, anda bisa menghadirkan sebuah kekuatan gaming yang cukup solid dengan tingkat Fps yang cukup nyaman. Ini tentu jika anda bisa memiliki pilihan memori dengan tingkat clockspeed tinggi, apalagi untuk OC GPU.

 Indeks :




Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat