Cara Mudah Hubungkan Ponsel Atau Tablet Android Ke TV Lewat HDMI

Cara Mudah Hubungkan Ponsel Atau Tablet Android Ke TV Lewat HDMI

Menonton film atau sebuah video klip akan lebih menyenangkan untuk dilihat pada TV daripada menonton lewat smartphone anda. Dan kenyataan bahwa ia lebih besar dan memuaskan, termasuk berbagi film bersama anggota keluarga yang lain. Ketika anda bingung bagaimana cara untuk menghubungkan smartphone anda ke TV, disini kami hadir untuk berbagi pengetahuan melalui artikel ini.




Pemilik smartphone atau tablet kini sekarang hidup di zaman keemasan, dimana banyak aplikasi streaming video seperti Netflix, Amazon Prime Instant Video dan Blinkbox, juga termasuk layanan Telkomsel HOOQ dan sebagainya.

Sementara berbagi secara online adalah kenyamanan tersendiri, namun berbagi secara pribadi lebih menyenangkan. Masalahnya adalah layar tablet atau smartphone terlalu kecil untuk lebih dari satu orang.

Kabar baiknya adalah Anda mungkin sudah memiliki perangkat di ruang tamu yang sempurna. Sebuah TV besar, terang dan sangat menyenangkan ketika menonton film bersama teman dan keluarga.

Untuk menghubungkan ponsel Android atau tablet ke TV, anda sebenarnya dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini, yakni:

  • Kabel MHL / SlimPort (melalui Micro-USB)
  • Micro-HDMI jika perangkat yang anda miliki mendukungnya,
  • Secara nirkabel (wireless) dengan mentransmisikan layar anda menggunakan Miracast atau Chromecast.

Tapi sebenarnya cara yang mudah dan cukup murah, yakni melalui HDMI dan Wireles, kita kesampingkan dahulu MHL/slimport karena mungkin agak mahal dibanding kedua cara ini.

Hubungkan Android ke TV melalui HDMI

HDMI (High Definition Multimedia Interface) adalah interface audio / video eksklusif untuk mentransmisi data terkompresi baik itu berupa video dan audio dari perangkat sumber HDMI-compliant, seperti display controller, untuk monitor komputer yang kompatibel, proyektor video, televisi digital, atau perangkat audio digital. HDMI sekarang kini menjadi pengganti digital untuk standar video analog.

Mungkin ini merupakan cara yang paling sederhana untuk menghubungkan tablet Android atau smartphone ke TV melalui HDMI. Tips ini lebih mudah untuk tablet karena Anda sudah memiliki port HDMI, yang berarti Anda dapat menghubungkan kabel HDMI dari tablet ke TV Anda dan langsung menggunakan TV sebagai display.

Android
Kabel HDMI

Manfaat untuk HDMI (antara lain) adalah bahwa anda bisa stream video HD dan audio pada saat yang sama, yang berarti Anda dapat menghubungkan Android dan menikmati speaker TV Anda (atau sistem speaker) pada waktu yang sama.

HDMI juga di mana-mana (kecuali jika Anda menggunakan produk Apple). Jika Anda membeli TV dalam 10 tahun terakhir, ia memiliki input HDMI. Namun, beberapa tablet miniatur (dan smartphone Android) kadang memiliki port mini HDMI atau port HDMI mikro (ya, ini adalah dua hal yang berbeda). Anda dapat membeli adapter untuk kedua port ini untuk di bawah 100 ribuan.




Hal yang perlu anda butuhkan untuk menghubungkan smartphone Android ke TV adalah :

  • Tentu saja, yang pertama Ponsel atau tablet Android
  • Konektor Micro USB ke HDMI
  • Kabel HDMI
  • Digital TV yang memiliki Port HDMI
  • Dan yang terakhir kabel power smartphone anda

Lihat Video dibawah ini untuk lebih detailnya dalam langkah selanjutnya :

Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=YrUzZrchG80

Produk terkait : 

  • OEM USB to HDMI MHL Micro USB Male to HDMI Female  – RP 51.000
  • USB Micro to HDMI MHL Adapter – 17cm – RP 163.930
  • 5-in-1 MHL To HDMI Connection Kit Set Full HD 1080p SD Micro SD Card USB with Adapter for PC Mobile Phone (Black)  – RP 187.000

Baca juga :


Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com