Berapa Sih Kecepatan Internet Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda?

Hari ini, ada banyak pembicaraan tentang kecepatan internet di media, dan ada minat yang cukup besar dalam membangun jaringan yang lebih cepat dan lebih baik. Selama beberapa tahun ke depan, teknologi seperti DSL Bonding,Vectoring dan Fiber ke pengguna rumahan dapat diharapkan bisa membuka pilihan untuk koneksi yang lebih cepat, meninggalkan Anda dengan keputusan untuk membuat, berapa sih kecepatan internet yang cukup bagi saya?

Kecepatan internet yang Anda butuhkan saat ini adalah perhitungan sederhana, tetapi melibatkan banyak faktor. Anda akan perlu mempertimbangkan jumlah total pengguna internet, berbagai kegiatan on-line yang sering anda lakukan, semakin banyak bandwidth diperlukan untuk kegiatan tersebut dan berapa banyak dari para pengguna akan menggunakan Internet secara bersamaan.

Bagian tersulit adalah mencari tahu berapa banyak bandwidth pada setiap kegiatan yang benar-benar harus menggunakan kekuatan internet. Terakhir anda akan ingin untuk berpikir tentang semua perangkat lain di rumah anda yang terhubung ke Internet dan bagaimana mereka menggunakan koneksi bersamaan, seperti penerima TV, konsol game, Smartphone dan lainnya.




Sebelum kita melihat informasi penggunaan, mari kita pastikan pada beberapa terminologi:

Streaming adalah jenis download yang tidak disimpan atau disimpan di mana saja pada perangkat anda.  Streaming hanya menggunakan bandwidth yang besar jika anda benar-benar menonton video secara real time dan anda tidak perlu men-download seluruh video sekaligus.

b65e2d9b0b71f8ff73f14f1d71a816c5

Proses Download adalah transfer sebenarnya dari data dari satu tempat ke tempat lain. Ketika Anda men-download film atau lagu, mengunduh email, atau mencari dari web, Anda memiliki salinan item pada perangkat anda.

Upload mirip dengan men-download; apa pun yang Anda kirim disalin ke perangkat lain atau lokasi.

Untuk Apa Anda menggunakan Internet?

Streaming media adalah konsumen terbesar dari Internet pada kebanyakan rumah. Cara terbesar pada sebagian besar pemilik rumah menggunakan bandwidth untuk streaming atau men-download konten hiburan seperti film dan musik, tetapi ada kegunaan penting lainnya juga.
Sebuah film dengan durari 2 jam adalah sekitar 2 gigabyte data, dan jika anda menggunakan layanan koneksi 4 mbps, ini akan memakan waktu sekitar satu jam dan 15 menit untuk men-download.

Dengan meningkatkan kecepatan internet Anda, Anda hanya mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk men-download konten. Film 2 jam yang sama akan mengambil setengah waktu untuk men-download dengan 8 mbps koneksi.

Streaming sedikit berbeda. Menurut Netflix, untuk streaming film, Anda perlu suatu tempat antara 0,7 mbps hingga 5,3 mbps. kualitas audio dan video yang tinggi akan membutuhkan lebih banyak bandwidth atau kecepatan untuk streaming.

Berdasarkan perhitungan Netflix, untuk video terbaik streaming yang berkualitas Hi-Definition (HD), Anda akan membutuhkan koneksi lebih dari 4 mbps. Namun, kualitas non-HD terbaik untuk streaming, anda bisa mencapainya dengan koneksi 4 Mbps atau dibawahnya.

Streaming musik bisa mengurangi beban koneksi internet karena membutuhkan sekitar 2 Mbps untuk audio berkualitas tertinggi. Sedangkan sebuah e-mail dengan file terlampir tergantung dengan ukuran file.

Sedangkan estimasi penggunaan bandwidth untuk online game sekitar 150 Mb / jam atau sekitar 1/20 Mbps. Pelaku sesungguhnya adalah mereka yang menggunakan gaming untuk update game dan dapat melebihi 100 Mb untuk setiap update, atau audio layanan gamer yang menggunakan untuk berbicara satu sama untuk berkomunikasi.

Untuk panggilan video 2 arah, Skype merekomendasikan 0,3 Mbps sebagai upload minimum dan kecepatan download. Pengguna Facebook rata-rata harus memiliki sekitar 0,03 Mbps ketika browsing situs, tetapi persyaratan terus meningkat secara signifikan ketika video streaming hadir dari situs tersebut.

Jadi, Bagaimana Kecepatan Internet Yang Sesuai Bagi Saya?

Semakin meningkatnya layanan internet provider di Indonesia diiringi juga karena meningkatnya kebutuhan internet bagi pengguna rumahan, khususnya di kota-kota Besar. Sebagai contoh, Layanan Speedy yang kini berpindah ke IndiHome, hadir dengan kualitas yang lebih baik.

Mengingat setiap kebutuhan orang untuk internet berbeda-beda, koneksi dengan 1-2 Mbps seperti Speedy lama akan baik-baik saja untuk anda jika anda hanya sebatas untuk browsing, mengunduh music atau file yang tidak besar.

Namun, jika anda memiliki kebutuhan besar seperti Streaming, nonton Video HD, dan Game online yang memiliki kualitas baik, anda setidaknya akan membutuhkan koneksi 5 Mbps atau 10 Mbpss akan ebih baik.



Comments