Cara memperbaiki Masalah Internet Lambat Pada Window 10 Setelah Di Update

Raksasa besar Microsoft telah mendorong keluar Windows 10 Anniversary Update yang banyak ditunggu  oleh pengguna pada 2 Agustus kemarin. Dan ketika sementara bahwa update ini akan membawa beberapa perbaikan dan fitur baru untuk pengguna, mereka yang telah menginstal update juga menghadapi beberapa masalah yang tidak diinginkan.

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh pengguna yang telah menginstal Windows 10 Anniversary Update pada perangkat mereka adalah kecepatan internet menjadi lambat. Banyak yang mengeluhm, terutama update yang terbaru ini mengurangi kecepatan transfer data pasca instalasi Windows 10 Anniversary Update.




Bagi mereka yang bertanya-tanya apa yang bisa menyebabkan hal ini membatasi kecepatan internet setelah upgrade, dan ternyata laporan dari situs Ghacks menunjukkan bahwa fitur Jendela Auto-Tuning bisa menjadi penyebabnya.

Fitur ini tidak terdengar asing, karena fitur Jendela Auto-Tuning diperkenalkan oleh Microsoft pada Windows Vista dan juga tersedia pada Windows 10. Hal ini diatur secara default ke mode normal. Fitur ini dirancang untuk menangani program yang mendapatkan data TCP melalui jaringan. Hal ini juga melayani tujuan untuk mengoptimalkan kinerja program yang bertanggung jawab pada setiap transfer file yang terjadi.

Namun, anehnya fitur ini justru yang menyebabkan kecepatan internet down secara tiba-tiba dalam versi terbaru dari Windows 10. Dan tindakan yang terbaik dalam skenario seperti itu adalah dengan cara menonaktifkan fitur Auto-Tuning, yang pada gilirannya akan menyelesaikan kecepatan internet lambat yang sebelumnya tidak terjadi sebelum upgrade ke Anniversary Update.

Namun, seperti yang dipublikasikan untuk menyarankan, hal pertama yang mungkin anda ingin lakukan adalah memeriksa status Jendela Auto-Tuning. Jika dimatikan misalnya, ada kemungkinan bahwa hal itu tidak terjadi atau tidak mencegah turunnya kecepatan internet menjadi lambat, tetapi jika anda mengaturnya secara tepat , ada kemungkinan sangat baik anda bisa memperbaikinya.

Jika fitur Auto-Tuning diatur ke mode “normal” maka langkah-langkah pemecahan masalah kita akan terbagi dengan beberapa cara di bawah ini, yang juga akan menawarkan perbaikan cepat untuk masalah kecepatan internet.

Cara Nonaktifkan Auto-Tuning

Untuk mendapatkan hak administrator, arahkan mouse ke menu Start Windows dan klik kanan. Selanjutnya, klik pada Command Prompt Admin. Hal ini penting mengingat hak admin sangat diperlukan untuk memodifikasi pengaturan Auto-Tuning.

  • Langkah 1: Tekan Windows-key. Berikutnya, ketik “cmd.exe” dan tahan kedua tombol Shift dan Ctrl. Tekan Enter.
  • Langkah 2: Sebuah prompt UAC akan terbuka. Segera untuk mengkonfirmasikannya.
  • Langkah 3: Jalankan perintah “netsh interface tcp show global” di jendela command prompt. Opsi konfigurasi saat ini ditetapkan akan dilemparkan ke atas.
  • Langkah 4: Periksa opsi “Receive Window Auto-Tuning Level.” Yang menunjukan status “Enable” dan harus dinonaktifkan.
  • Langkah 5: Untuk menonaktifkannya, jalankan perintah berikut: “netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
  • Langkah 6: “OK” akan ditampilkan. Perintah ini menegaskan bahwa pengaturan baru ini berlaku.
  • Langkah 7: Periksa kecepatan internet anda dengan cara menggunakan situs untuk mengetes kecepatan seperti fast.com. Anda akan dapat mengukur tingkat perbaikan apapun dan darisanalah baik untuk pergi.



Comments