Gempa 7,4 Skala Richter Melanda Taiwan, Ancam Rantai Pasokan Teknologi

Gempa 7,4 Skala Richter Melanda Taiwan, Ancam Rantai Pasokan Teknologi

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter yang melanda Taiwan pada Rabu pagi secara tragis telah merenggut sembilan nyawa, melukai ratusan lainnya, dan mengirimkan gelombang kejutan ke industri teknologi di wilayah tersebut, sehingga memicu kekhawatiran akan gangguan terhadap rantai pasokan global.

Baca juga: Harga SSD Diperkirakan Melonjak Di Q2 2024: Bersiap untuk Dampaknya

Gempa tersebut, yang berpusat sekitar 11 mil barat daya Hualien pada kedalaman sekitar 21 mil, juga memicu peringatan tsunami bagi Taiwan, Jepang, dan Filipina, meskipun peringatan tersebut kemudian dicabut, menurut laporan dari NBC News.

Dampaknya terhadap industri teknologi sangat besar, dengan beberapa pembuat chip lokal, termasuk Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), menghentikan operasinya. TSMC, pemain kunci dalam rantai pasokan teknologi dan produsen kontrak terkemuka untuk raksasa seperti Apple dan Nvidia, telah mengevakuasi staf dari daerah yang terkena dampak dan saat ini sedang menilai situasinya, menurut Bloomberg.

United Microelectronics Corporation (UMC), pembuat chip lain di wilayah tersebut, melaporkan bahwa gempa tersebut memicu langkah-langkah keamanan otomatis di pabrik-pabrik di Hsinchu dan Tainan, sehingga mempengaruhi beberapa wafer di jalur produksi. Namun, semua staf selamat, dan operasional perusahaan tidak terkena dampak material, bisnis dan pengiriman kembali normal.

Analis, termasuk Bum Ki Son dan Brian Tan dari Barclays, telah menyatakan kekhawatirannya tentang potensi gangguan terhadap produksi chip kelas atas, yang seringkali memerlukan pengoperasian 24/7 yang lancar dalam lingkungan yang terkendali. Menghentikan operasi secara tiba-tiba dapat membahayakan chip di tengah proses produksi.

Namun, meskipun gempa bumi sangat parah, para ahli percaya bahwa dampaknya terhadap rantai pasokan teknologi dapat dimitigasi dibandingkan dengan kejadian sebelumnya. Berbeda dengan peristiwa seperti banjir di Thailand pada tahun 2011, yang menyebabkan harga hard drive melonjak, Taiwan hanya mewakili satu bagian dari rantai pasokan teknologi global, dan kerusakan infrastruktur tampaknya tidak terlalu parah.

Selain itu, analis dari Bloomberg Intelligence berpendapat bahwa permintaan akan node proses lanjutan TSMC akan membantu meredam dampak keuangan jangka pendek, sehingga berpotensi meminimalkan dampak jangka panjang terhadap industri.

Meskipun dampak gempa bumi terhadap rantai pasokan teknologi masih belum pasti, para pengamat industri akan memantau dengan cermat perkembangan dalam beberapa hari dan minggu mendatang seiring dengan upaya perusahaan untuk menilai dan mengatasi gangguan apa pun.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com