WordPad Bakal Segera Pensiun Di Windows 11

WordPad Bakal Segera Pensiun Di Windows 11

Dalam pengumuman baru-baru ini, Microsoft telah mengkonfirmasi mengenai pensiunnya WordPad, pengolah kata dasar lama yang disertakan dalam sistem operasi Windows. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan Microsoft untuk menyederhanakan penawaran perangkat lunaknya dan fokus pada solusi yang lebih canggih.

Baca juga: Buyer’s Guide: Motherboard AMD Terbaik Di Tahun 2024

Nasib WordPad telah ditentukan pada bulan September 2023 ketika Microsoft mengumumkan penghentiannya, menandakan diakhirinya pembaruan untuk perangkat lunak tersebut. Selanjutnya, WordPad dihapus seluruhnya dari pratinjau Windows 11 build 26040, membuka jalan bagi kehancurannya pada akhirnya.

WordPad Bakal Segera Pensiun Di Windows 11

Kini, Microsoft telah memberikan rincian lebih lanjut mengenai timeline penghentian WordPad. Menurut dokumen yang baru diterbitkan, WordPad akan dihapuskan secara bertahap dari semua edisi Windows yang didukung dimulai dengan Windows 11 versi 24H2 dan Windows Server 2025. Pembaruan besar berikutnya untuk Windows 11, Windows 11 24H2, dijadwalkan untuk dirilis pada paruh kedua tahun ini. 2024.

Profesional TI telah diberitahu bahwa tiga file biner yang terkait dengan WordPad akan dihapus sebagai bagian dari proses penghapusan. File-file ini termasuk wordpad.exe, wordpadfilter.dll, dan write.exe. Akibatnya, pengembang disarankan untuk menghindari ketergantungan langsung pada biner ini dan “merek” WordPad itu sendiri.

Dengan penghapusan WordPad, pengguna Windows tidak lagi memiliki pembaca default bawaan untuk dokumen format teks kaya. Microsoft menyarankan peralihan ke Microsoft Word untuk tugas pemrosesan kata yang rumit atau ke Notepad untuk dokumen teks biasa (.txt). Meskipun Notepad tetap menjadi kebutuhan pokok Windows, perlu dicatat bahwa Microsoft Word adalah perangkat lunak komersial, tidak seperti WordPad, yang tersedia tanpa biaya tambahan.

WordPad telah menjadi perlengkapan dalam ekosistem Windows sejak diperkenalkan dengan Windows 95. Selama bertahun-tahun, Microsoft terus memperbarui dan menyempurnakan program, menambahkan fitur-fitur modern seperti dukungan Unicode, kompatibilitas dengan file Word DOC, dan antarmuka pengguna bergaya Ribbon. .

Namun, lanskap alat pengolah kata telah berkembang, menawarkan banyak alternatif kepada pengguna. Dari layanan berbasis online gratis hingga solusi sumber terbuka dan sepenuhnya offline seperti LibreOffice, pengguna memiliki beragam pilihan untuk dipilih.

Selain WordPad, pembaruan Windows 11 yang akan datang juga akan menyebabkan penghentian fitur lainnya, termasuk protokol VBScript, TLS 1.0 dan TLS 1.1, serta Alat Diagnostik Dukungan Microsoft.

Saat Microsoft mengucapkan selamat tinggal pada WordPad, pengguna didorong untuk menjelajahi beragam alat pengolah kata yang tersedia dan beradaptasi dengan lanskap teknologi yang terus berubah.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com