Pasar DRAM Di Q1 2024: Potensi Harga Naik di Berbagai Kategori

Pasar DRAM Di Q1 2024: Potensi Harga Naik di Berbagai Kategori

TrendForce baru saja merilis prediksi untuk pasar memori DRAM pada kuartal pertama tahun 2024, mengantisipasi kenaikan harga di berbagai kategori. Industri semikonduktor diperkirakan akan mengalami pertumbuhan karena produsen memori menerapkan kontrol produksi untuk mempengaruhi harga DRAM.

Baca juga : Wi-Fi CERTIFIED 7 Diluncurkan di CES 2024

Sorotan Utama

TrendForce memperkirakan kenaikan harga kontrak DRAM sebesar 13-18% selama Q1 2024. Produsen memori telah menerapkan kontrol produksi untuk menaikkan harga sejak November 2023.

Bisnis PC DRAM menghadapi pesanan DDR5 yang tidak terpenuhi karena pelanggan terus membeli modul DDR4. Diperkirakan akan terjadi kenaikan harga PC DRAM sebesar 10-15%. Industri PC secara bertahap mengadopsi DDR5, namun harga belum mencapai target yang ditetapkan produsen.

Pasar DRAM Di Q1 2024

Harga DRAM server diperkirakan akan meningkat 10-15%. Modul DDR5 mencakup 40% dari seluruh inventaris server pada Q4 tahun 2023, dan produksi meningkat untuk meningkatkan margin keuntungan.

Sedangkan harga DRAM mobile berada pada titik terendah dalam sejarah, dan pembeli membuat inventaris yang hemat biaya. Harga diperkirakan akan meningkat sebesar 18-23% dalam tiga bulan ke depan karena masih adanya ketidakpastian di pasar ponsel pintar.

Permintaan yang kuat dalam bisnis memori grafis, dengan chip GDDR6 16Gb yang memimpin. Kenaikan harga kontrak untuk memori grafis sebesar 10-15% (1Q24).

DRAM Konsumen

Harga DDR3 diperkirakan akan meningkat sebesar 8-13%. Sedangkan harga DDR4 diperkirakan akan naik 10-15%. Harga DDR4 terus melampaui DDR3 karena pabrikan Taiwan mengalami surplus DDR3.

Prospek pasar DRAM untuk Q1 tahun 2024 menunjukkan tren umum kenaikan harga di berbagai kategori, dipengaruhi oleh pengendalian produksi dan dinamika pasar. Peralihan ke DDR5 di segmen PC dan server telah dicatat, dan pasar secara keseluruhan diperkirakan akan mengalami pertumbuhan di tahun mendatang.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com