Pengontrol Ethernet Di Mobo Intel Seri 700 Raptor Lake Dikabarkan “Bermasalah”

Pengontrol Ethernet Di Mobo Intel Seri 700 Raptor Lake Dikabarkan “Bermasalah”

Sukses dengan peluncuran motherboard terbaru Intel seri 700 bukan berarti tanpa masalah. Baru-baru ini laporan dari TechPowerUp mengungkap kalau seri mobo tersebut memiliki kendala yang menyatakan bahwa pengontrol I226-V menyebabkan koneksi sering terputus secara random, dimana itu menunjukkan potensi cacat desain.

Baca juga : Enggak Cuma CPU, Tiongkok Juga Bakal Punya GPU Buatan Sendiri

Pengontrol I226-V dengan nama kode Foxville merupakan penerus pengontrol I225-V yang diluncurkan pada 2019. Sayangnya, I225-V tidak sempurna dan diganggu oleh banyak masalah koneksi jaringan yang menyebabkan hilangnya konektivitas dan penurunan kinerja.

Karena masalah hanya dapat diperbaiki pada tingkat perangkat keras, Intel akhirnya merilis pengontrol I225-V2. Sayangnya, motherboard yang diproduksi sebelum revisi baru terus mengalami masalah, yang mengarah ke solusi seperti memutar pengontrol ke mode 1GbE, bukan 2.5GbE.

Pengontrol Ethernet Di Mobo Intel Seri 700 Raptor Lake Dikabarkan "Bermasalah"

Banyak motherboard Intel seri 700 untuk prosesor Raptor Lake Generasi ke-13 memanfaatkan pengontrol Ethernet I226-V. Untungnya, koneksi terputus sebentar; pengguna mungkin tidak akan melihatnya dalam penggunaan sehari-hari.

Namun mereka akan melihat penurunan pada beban kerja lain, seperti mengunduh file besar, bermain game online, atau melakukan panggilan video melalui Zoom. Sangat mudah untuk melihat apakah penurunan koneksi terjadi pada sistem jika kalian melihat ke dalam Windows Event Viewer di bawah bagian “Log Windows” dan, selanjutnya, “Sistem.”

Sayangnya, baik driver Ethernet terbaru dari Intel maupun firmware terbaru untuk motherboard tidak menyelesaikan koneksi terputus-putus. TechPowerUp mencoba memaksa pengontrol I226-V untuk beroperasi pada 1 Gbps, tetapi itu tidak menyelesaikan masalah sepenuhnya.

Namun pemilik motherboard seri 700 premium tidak perlu khawatir dengan masalah I226-V karena penawaran yang lebih mahal hadir dengan pengontrol Ethernet ganda. Para pengguna tersebut dapat beralih ke pengontrol pihak ketiga dari Marvell atau Realtek dan melupakan I226-V.

Alternatifnya, beberapa motherboard seri 700 menawarkan Wi-Fi terintegrasi, yang juga merupakan pilihan yang baik. Jika kalian memiliki motherboard tingkat rendah, kemungkinan harus membeli adaptor jaringan PCIe atau adaptor nirkabel tambahan.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com