Enggak Cuma CPU, Tiongkok Juga Bakal Punya GPU Buatan Sendiri

Enggak Cuma CPU, Tiongkok Juga Bakal Punya GPU Buatan Sendiri

Negeri Tiongkok tampaknya tidak hanya akan memiliki CPU buatan dalam negeri, namun itu juga akan berlaku buat GPU.

Setelah pengenalan CPU Loongson yang sempet menghebohkan dunia teknologi, kini produsen memperkenalkan sistem-on-chip (SoC) Loongson LS2K2000 yang menampilkan mikroarsitektur LoongArch milik perusahaan serta unit pemrosesan grafis pertama yang dirancang sendiri.

Baca juga : Seri GPU Mid-range Yang Lebih Powerful Siap Menanti, RTX 4060 Ti

CPU LS2K2000 mungkin terhitung biasa dimana ini hanya memiliki dua core LA364 yang menampilkan mikroarsitektur LoongArch dan memiliki kemampuan I/O dasar seperti antarmuka memori DDR4-2400 64-bit, PCIe 3.0, SATA 3.0, USB, Ethernet, audio , dan semua hal lain yang diharapkan dari SoC sederhana.

Namun apa yang menarik perhatian adalah kehadiran GPU LG120 yang dikembangkan secara independen oleh Loongson, yang selanjutnya mengoptimalkan algoritme dan kinerja grafis.

Ketika berbicara tentang GPU LG120 itu sendiri, tampaknya ini adalah unit yang sangat mendasar, meskipun kehadirannya bisa cukup dibanggakan. Yang tampaknya penting adalah Loongson mengklaim bahwa ini adalah unit yang dirancang secara internal.

Tentu saja, Loongson mungkin hanya memiliki GPU untuk kebutuhan yang sangat mendasar. Namun, perusahaan yang berambisi untuk menantang AMD Zen 3 di sisi CPU bisnis mungkin juga memiliki ambisi GPU. Jika dirancang untuk skalabilitas, memiliki arsitektur GPU kedepannya akan menjadi awal yang baik, bahkan jika dimulai dari kelas bawah.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com