Motherboard Review : ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Motherboard Review : ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Dari sekian banyak opsi menarik buat urusan motherboard X670E, merk ASUS biasanya menjadi salah satu perhatian ketika konsumen ingin mendapatkan pilihan kualitas dan fitur yang mumpuni. Salah satunya adalah TUF Gaming X670E-Plus WiFi.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan motherboard ini? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Rakit PC Solid Seharga RTX 4080, Berikut Komponen Terbaiknya

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Seri TUF pada dasarnya jadi salah satu lini produk populer yang punya nilai unggulan dari sisi daya tahan. Sekarang, produsen memberikan lebih banyak fitur yang cukup mumpuni di seri motherboard X670E ini.

Tapi, harga yang ditawarkan cukup tinggi sekitar 6 jutaan. Padahal kalo lihat kelasnya, menurut kami ini masih belum masuk hitungan mobo premium ASUS. Pertanyaannya, apa sih yang menarik dari TUF Gaming X670E Plus WiFi ini?

Cek harga ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi disini

Desain

Overall desain sangat baik, estetikanya berasa, kualitas materi juga diperhitungkan. Seri TUF pada dasarnya udah punya sertifikat tersendiri dari ketahanan dengan standar military grade.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Ukurannya ATX dan warna hitam yang hadir punya kesan tangguh. Logo TUF Gaming di bagian shield Armor awalnya kami pikir punya dukungan lampu LED, tapi ternyata enggak. cuma ciri khas seri ini pada dasarnya udah lekat dengan kualitas yang solid dan wibawa yang positif.

Spesifikasi Inti

Kalau sisi spesifikasi, seri ini bukan yang terbaik buat enthusiast, cuma ada beberapa poin penting yang bisa positif buat pengguna.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Pertama mobo ini siap buat CPU terbaru AMD Ryzen 7000 dengan power stage 14+2. Meskipun enggak terlalu cocok buat overclocking tinggi, namun ASUS mengklaim kalo itu masih bisa menyediakan daya yang bersih, stabil, dan konsisten ke CPU atau juga ke RAM.

Chipset X670E juga punya fitur unggulan, entah dukungan memori DDR5 maupun PCIe 5.0 yang punya jalur melimpah termasuk integrasi WiFi 6E.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Ada 4 Slot RAM di mobo ini dengan speed OC up to DDR5 64000 Mhz lebih. Uniknya, mobo ini udah dukung AMD EXPO yang mirip dengan Intel XMP. User bisa mudah OC satu klik RAM ke label speed yang ditawarin.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Contoh, kami sendiri pake RAM DDR5 dari Klevv dengan OC bawaan nyampe 6200 Mhz. Pake fitur AMD EXPO ternyata punya kompabilitas yang mudah dan stabil. Enggak ada masalah saat dipakai berlama-lama.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Sementara slot PCIe totalnya ada 3, satu udah dukung PCIe Gen 5 lewat mode x16, satu slot dibawahnya pake mode x16 dan punya interface PCIe 4.0, sisanya ada slot PCIe 4.0 mode x4.

Buat storage, ada total 4 slot M.2 dan 6 port SATA yang ditawarin mobo ini. Satu slot M.2 bagian atas khusus untuk storage yg udah dukung SSD Gen5 dengan panjang SSD up to 2280, meskipun kompabilitas untuk generasi sebelumnya juga bisa. Sisanya terbagi antara SSD PCie Gen4 sama PCIe gen3.

Konektivitas

Selain opsi WiFi 6E buat networking, mobo ini juga udah punya port LAN bawaan yang udah dukung speed 2.5Gbps dan punya fitur TUF LANGuard. Lalu ada Bluetooth juga, versinyaa v5.2.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Untuk port USB, bagian belakang totalnya ada 10 port, dua port interfacenya Type C yang dukung 3.2 Gen 2, 3 port udah dukung USB 3.2 gen 2, sisanya port USB 3.2 Gen 1. Jadi pilihannya udah modern dan lebih fresh, siap buat user yang punya banyak kebutuhan dan pengen speed tinggi dari interface USB bawaan mobo. Lewat konektor juga ada, bisa buat Type C Gen 3 atau standar USB biasa.

Kalian juga bisa manfaatin port display bawaan mobo, entah pake HDMI 2.1 atau DisplayPort 1.4. Siapa tau masih belum mampu beli VGA, jadi GPU bawaan prosesor masih bisa dipake. Apalagi seri Ryzen terbaru kan udah bawa graphic bawaan.

Bios & Dukungan Software

Dukungan bios cukup friendly, banyak fitur melimpah juga. ASUS malah bawa fitur AI yang bisa mudah diaktifkan lewat bios. Misal, ribet ngatur OC manual, ada fitur AI Overclocking. Terus ada juga AI Cooling buat dapetin cooling maksimal dari setiap komponen. Meskipun hasilnya bisa beda-beda sih.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Updating bios juga mudah, enggak ribet. Bisa pake EZ Flash 3, dimana ada fitur safe mode ketika misal OC RAM atau CPU gagal. 

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Buat audio juga ada AI Noise cancelation yang sekarang udah dukung dua arah. Benefitnya, ini bisa mengurangi kebisingan entah saat misal video conference, dari kebisingan sekitar atau lingkungan orang yang terlibat pembicaraan.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Sementara software premium bawaan masih tetap di ASUS Armoury Crate.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Bisa ngatur banyak hal, entah monitoring atau singkronisasi RGB lewat Aura Sync. Bisa juga buat update software bawaan ASUS maupun driver.

Performa

Buat kinerja, dipasangin sama CPU sekelas Ryzen 9 7950X dan beberapa pilihan komponen unggulan lain secara default aman dan nyaman. Stabilitas pemakaian enggak ada masalah sama sekali, termasuk juga cooling yang didapetin normal.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Sayangnya, ketika ingin melakukan hal extra seperti overclocking memori, mobo enggak terlalu ideal. Mengubah speed memori ke opsi yang lebih tinggi di atas 6400 sangat ribet. Seolah-olah mobo ini punya keterbatasan buat pengguna yang ingin maksimalin performa selain pilihan default.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Dari sini, kami bisa sedikit menyimpulkan kalo mobo ini lebih nyaman buat pemakaian intensif secara default, entah saat EXPO aktif atau overclocking bawaan AI. Buat hal extra seperti overclocking extreme sih sangat terbatas.

Simpulan

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi ideal buat user yang enggak ingin ribet buat ngatur banyak hal secara manual. Mobo ini udah menyediakan banyak fitur melimpah, termasuk AI bawaan atau konektivitas yang lengkap. Dukungan port USB modern sama networking juga lengkap.

Cuma kalo harga mungkin cukup tinggi, terlebih lagi konsumen pasti liat opsi lain dulu yang lebih murah. Dan buat pemakaian tingkat lanjut, entah overclocking extreme atau kemampuan extra buat maksimalin performa pasti terbatas. Kami pikir mobo ini enggak terlalu ideal buat enthusiast yang butuh harapan lebih besar dari segi kinerja.

Meskipun begitu, rekomendasi tetep ada. Cuma jika enggak keberatan sama harga sih.

ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang ASUS TUF Gaming X670E Plus WiFi. Enggak semua sih diungkap, tapi semoga bermanfaat yes!

ASUS TUF Gaming X670E Plus WiFi Overall Score : 8.0

Positif :

  • Kualitas materi solid
  • Konektivitas Melimpah
  • Dukungan Fitur AI
  • Stabilitas Sangat Baik
  • Bios Friendly

Minus :

  • Harga Cukup Tinggi
  • Kinerja Buat Hal Extra Terbatas (misal overclocking tingkat lanjut)
Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.