RAM DDR5 Review : KLEVV CRAS XR5 RGB 32GB 6200 Mhz

RAM DDR5 Review : KLEVV CRAS XR5 RGB 32GB 6200 Mhz

Memori DDR5 udah mulai umum, bahkan kini semakin banyak pula varian kecepatan yang tinggi. Salah satunya adalah KLEVV yang kini membawa seri terbaru CRAS XR5 RGB dengan speed up to 6200MT/s.

Pertanyaannya, seberapa hebat sih modul memori DDR5 terbaru dari KLEVV ini? terus gimana dengan sisi kompabilitas dengan platform Intel dan AMD terbaru? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Motherboard Review : ASUS TUF Gaming X670E-Plus WiFi

KLEVV CRAS XR5 RGB : Yang Kami Tahu Sejauh ini

Overall, seri terbaru ini bisa ok buat nambah wibawa PC semakin menawan. Selain itu, potensi kinerja juga bisa cukup menjanjikan.

Nah, seri RAM DDR5 terbaru KLEVV ini disebut CRAS XR5 RGB. Sesuai dengan namanya, RAM ini dukung fitur RGB yang bisa singkron sama software mobo populer. Kami sendiri mencobanya dengansoftware ASUS Armoury crate, ternyata masih kompatibel.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Jadi, estetika bakal lebih menawan, PC bakal lebih ganteng. Fitur heatsink white edition juga punya wibawa tersendiri. Enggak cuma kualitas yang solid, tapi finishing sama warna mencolok juga nambah kesan premium.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Btw, fitur Heatsink bawaan juga diklaim punya benefit tambahan selain estetika. Materinya terbuat dari alumunium kualitas premium, diklaim bisa memberikan efektifitas pendinginan buat RAM. Ada sensor thermal juga.

Harga & Varian

Sayangnya, KLEVV hanya memberikan varian kapasitas 32GB aja, enggak ada opsi lain saat kami cek di web resmi. Mereka yang butuh versi 16GB atau kurang misal, RAM ini enggak nawarin opsi tersebut. Semoga aja kedepannya ada banyak varian yang bisa disesuain kebutuhan konsumen.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Kalo harga, KLEVV CRAS XR5 RGB ini punya harga sekitar 4.3 jutaan. Kurang atau lebihnya relatif, dan pasti enggak semua orang juga mampu beli RAM ini. Tapi jika diliat dari merk lain dengan speed yang sama, harga bisa lebih terjangkau. Apalagi ini dukung estetika tambahan antara kualitas, warna sama fitur RGB.

Cek harga terbaru KLEVV CRAS XR5 RGB disini

Spesifikasi & Kompabilitas

Buat spek, sekali lagi seri CRAS XR5 RGB sejauh ini cuma punya varian kapasitas 32GB. Cuma speed yang ditawarin produsen itu ada dua opsi, antara 6000 Mhz dengan timing 40-40-76 sama varian speed 6200 mhz dan timing 40-42-78, default voltase 1.3.  Chipset default bawaan pake SK Hynix, meskipun kami belum tau pasti tipe die yang dibawa.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Kami sendiri memakai varian 6200 Mhz yang pastinya bakal punya potensi menarik dari sisi performa. RAM ini kompatible sama Intel XMP 3.0, cuma produsen enggak menjelaskan lebih detail buat AMD EXPO.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Untungnya, dites sama platform terbaru di mobo ASUS TUF gaming X670E, ini masih bisa bekerja dengan baik. Malah saat fitur AMD XPO aktif, speed 6200 Mhz stabil tanpa ada kendala berarti. Sayangnya, overclocking di platform terbaru AMD ini sangat terbatas. Naikin speed di atas 6200 Mhz sangat ribet, malah sistem seringkali hang atau no display. Platform soket AM5 tampaknya perlu perbaikan buat stabilitas overclocking memori biar bekerja lebih baik.

Jadi, mereka yang ingin memaksimalkan kinerja RAM terbaru KLEVV ini mungkin perlu nunggu update bios terbaru. Tapi untuk Intel, seri ini punya potensi kinerja jauh lebih tinggi, malah masuk daftar QVL beberapa merk populer. Tapi mereka yang udah puas di speed 6200 Mhz bawaan, pake platform terbaru AMD masih aman dan nyaman.

Performa

Gimana dengan kinerja? Dari beberapa RAM DDR5 yang pernah kami coba, KLEVV CRAS XR5 RGB tentu sangat baik bahkan tanpa OC manual Sekalipun.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Tes sintetis di SiSoftware Sandra bisa jadi patokan. Contoh di memory bandwith, speed 6200 mhz sangat baik dengan kemampuan multi-core maupun single threaded dibanding standar DDR5 dengan speed 4800 mhz.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Semakin besar memory bandwith, semakin kenceng memori bawaan bisa memproses file.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Cache & Memory bandwith juga superior ketika speed 6200 Mhz berlaku dengan skor multi-thread bisa mencapai speed 597 GB/s dibanding rata-rata RAM DDR5 dengan speed 4800 mhz.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Memory Latency di software benchmark yang sama juga nunjukin skor lebih kenceng dibanding beberapa RAM DDR5 yang udah kami coba. Latency rata-rata hingga 60 nanosecond.

Simpulan

KLEVV CRAS XR5 RGB pastinya bisa jadi pilihan ideal lain buat dipertimbangin saat kalian sedang nyari memori DDR5 yang solid. Estetika lebih berasa, kualitas materi sangat baik, fitur RGB yang berwibawa, stabilitas yang positif sama harga juga sedikit lebih ramah.

Performa relatif, terlebih lagi kami masih mencobanya di platform terbaru AMD yang masih fresh. Perlu banyak perbaikan, atau perlu mobo yang lebih powerful buat mengeluarkan fitur terbaik RAM ini. Tapi RAM ini kompatibel sama AMD EXPO, meskipun mereka yang pengen maksimalin kinerja, platform Intel bisa jauh lebih ok.

RAM DDR5 KLEVV CRAS XR5 RGB

Sayangnya, varian kapasitas terbatas. Enggak ada opsi lain sejauh ini selain versi 32GB. User yang butuh harga lebih murah atau kapasitas lebih rendah pasti perlu cari opsi lain, entah dari merk yang sama atau berbeda.

Jadi, itu dia ulasan singkat Memori DDR5 terbaru dari KLEVV. Enggak semua sih diungkap, tapi semoga bermanfaat.

KLEVV CRAS XR5 RGB Overall Score : 8.7

Positif :

  • Kompabilitas Luas
  • XMP Paling Stabil
  • Harga Lebih Ramah
  • Kualitas & Estetika Premium

Minus :

  • Varian Kapasitas Terbatas
  • Overclocking di Platform AMD Terbatas
Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.