Harga DRAM Global Q3 Capai Penurunan Tertinggi Sejak Tahun 2008

Harga DRAM Global Q3 Capai Penurunan Tertinggi Sejak Tahun 2008

Turunnya harga komponen yang signifikan tampaknya tidak hanya terjadi di pasar GPU, namun komponen seperti SSD dan RAM juga turun cukup tinggi.

Menurut analis TrendForce, pendapatan DRAM global turun 28,9 persen pada kuartal ketiga tahun ini dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Penurunan tersebut merupakan yang terbesar sejak krisis keuangan tahun 2008.

Baca juga : AMD Advantage Segera Hadir Untuk Platform Desktop

Penurunan permintaan produk teknologi tahun ini sangat mempengaruhi memori dan komponen komputer lainnya. Kuartal terakhir melihat harga jatuh lagi di samping penurunan pendapatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Analis tidak yakin kapan kondisi akan berubah, tetapi produsen memotong produksi dan menunda rencana transisi sebagai tanggapan.

Selanjutnya, harga kontrak DRAM Q3 turun antara 10 dan 15 persen dibandingkan dengan Q2. Penurunan itu kira-kira sejalan dengan prediksi dari laporan Triwulan ke-2 TrendForce dari Juli, ketika harga turun 10,6 persen dari tahun ke tahun. Pengiriman DRAM server juga menurun di Q3.

Harga DRAM Global Q3 Capai Penurunan Tertinggi Sejak Tahun 2008

Di antara tiga vendor DRAM terbesar, Samsung mengalami penurunan pendapatan terbesar hingga 33,5 persen. Namun, pangsa pasar perusahaan secara keseluruhan tumbuh dari 40 menjadi 43 persen. SK Hynix dan Micron masing-masing mengalami penurunan pendapatan sekitar seperempat. Penurunan Micron jadi yang terkecil di antara tiga perusahaan besar karena melaporkan jumlahnya secara berbeda.

Dari enam perusahaan DRAM teratas, Nanya meraih pendapatan terbesar mencapai 40,8 persen karena ketergantungannya yang lebih besar pada DRAM dan pelanggan di negeri Tiongkok. Sedangkan PSMC menderita hampir sama parahnya, melihat pendapatan 40 persen lebih sedikit di Q3 dari produk DRAM bermerek internalnya. Terakhir, penurunan pengiriman Winbond menyebabkan penurunan pendapatan sebesar 37,4 persen.

Situasi ini telah menyebabkan pemasok memperlambat rencana mereka untuk ekspansi dan transisi ke teknologi baru. Penurunan permintaan untuk modul kamera menyebabkan Samsung menahan perpindahannya dari sensor gambar DRAM ke CMOS. Micron menunda produksi massal dari proses node 1-beta. Winbond menurunkan produksi di pabrik Taichung pada kuartal ini dan menunda produksi massal di pabrik baru Kaohsiung.

Selain SSD dan RAM, penurunan permintaan juga berdampak pada TV, ponsel cerdas, Chromebook, kartu grafis, dan perangkat lainnya. Perusahaan termasuk Nvidia, Intel, Meta, dan Amazon telah merasakan sakitnya, meskipun kuartal terakhir Apple bertahan karena penjualan Mac yang kuat.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com