NVIDIA Angkat Bicara Tentang Masalah Konektor Bawaan RTX 4090

NVIDIA Angkat Bicara Tentang Masalah Konektor Bawaan RTX 4090

Masalah melelehnya kabel konektor kabel bawaan RTX 4090 yang dialami sejumlah pengguna kini semakin memanas. Beberapa hari lalu NVIDIA bahkan digugat gara-gara insiden itu. Dan kemarin, perusahaan mengeluarkan pernyataan resmi terkait hal tersebut.

Dalam pernyataan resminya, NVIDIA mengklaim bahwa itu disebabkan oleh pengguna yang salah mencolokkan kabel. Perusahaan telah menyelidiki hingga 50 kasus tersebut secara global.

Baca juga : Harga DRAM Global Q3 Capai Penurunan Tertinggi Sejak Tahun 2008

Intinya, NVIDIA mengatakan bahwa masalah yang terjadi secara umum adalah konektor tidak sepenuhnya terpasang ke kartu grafis. Untuk membantu memastikan konektor aman, perusahaan menyarankan untuk mencolokkan dongle daya ke kartu grafis terlebih dahulu untuk memastikan konektor terpasang dengan benar dan merata, sebelum mencolokkan kartu grafis ke motherboard.

NVIDIA Angkat Bicara Tentang Masalah Konektor Bawaan RTX 4090

Masalah melelehnya konektor yang berimbas pada komponen lain dimulai pada akhir Oktober ketika pengguna Reddit melaporkan konektor daya untuk 4090 meleleh di ujung kabel dan port koneksi GPU. Kecurigaan dengan cepat beralih ke adaptor daya yang dikirimkan Nvidia bersama kartu agar kompatibel dengan catu daya lama.

Kabel 16-pin 12VHPWR RTX 4090 dimaksudkan untuk PSU ATX 3.0, tetapi Nvidia tahu banyak pelanggan tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli PSU model tersebut.  

Pada bulan September, Peripheral Component Interconnect Special Interest Group (PCI-SIG) mengangkat potensi masalah arus berlebih dengan adaptor yang diklaim Nvidia telah diperbaiki. Investigasi oleh Igor’s Lab menemukan bahwa adaptor sangat rapuh sehingga mencolokkan atau mencabutnya dapat merusak koneksi. Pemasok kabel CableMod memperingatkan bahwa menekuk kabel dalam jarak pendek tidak aman.

Namun, penyelidikan Gamers Nexus mendekati kesimpulan Nvidia. Dikatakan masalah hanya terjadi ketika konektor ditarik pada suatu sudut atau terputus sebagian. Masalah ini juga bisa melibatkan puing-puing benda asing. Seperti Nvidia, Gamers Nexus memperkirakan 4090 memiliki tingkat kegagalan yang sangat rendah.

Tapi, Lucas Genova memiliki pendapat tersendiri setelah ia mengajukan gugatan class action terhadap Nvidia. Ia menuduh perusahaan tersebut melakukan penipuan dengan mendistribusikan adaptor yang rusak dan berbahaya. Genova mengklaim ia sudah berpengalaman dengan instalasi GPU memastikan dia menggunakan praktik terbaik.

Tampaknya adaptor Nvidia aman bagi kebanyakan orang jika terhubung dengan benar. Pengguna yang tidak yakin tentang adaptor paket dapat menemukan opsi pihak ketiga atau upgrade ke PSU ATX 3.0, yang tidak memerlukan adaptor untuk RTX 4090.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com