Home » Tips Pendinginan Yang Efektif : Aturan Memasang Kipas Di Casing PC

Tips Pendinginan Yang Efektif : Aturan Memasang Kipas Di Casing PC

Memiliki casing PC yang baik belum tentu kualitas pendinginan yang ditawarkan juga bisa positif. Itu karena ada faktor penempatan kipas dan jumlah yang ideal.

Contoh, ketika udah membeli casing PC favorit, idealnya menggunakan PC jangan hanya terpatok pada satu kipas bonus bawaan juga. Kalian perlu membeli kipas tambahan untuk memenuhi kebutuhan pendinginan yang ideal buat perangkat lain.

Baca juga : Tips Upgrade SSD Di Laptop, Ketahui Lebih Pasti Biar Paham

Selain itu, penempatan kipas bakal lebih efektif jika syarat airflownya terpenuhi. Maksudnya, ada bagian kipas untuk menyedot udara masuk, dan ada bagian kipas yang mengeluarkan udara panas dari dalam casing.

Aturan Memasang Kipas Di Casing PC

Biasanya, bagian depan itu punya posisi intake. Artinya kipas di front panel berfungsi untuk menyedot udara yang masih fresh masuk kedalam casing. Kemudian sirkulasi udara masuk ini akan mendinginkan komponen PC saat sedang bekerja. Dan kipas bagian belakang berfungsi untuk mengeluarkan.

Nah, inilah yang disebut airflow positif. Sirkulasi udara di dalam casing bakal bekerja sesuai dengan arahan kipas yang dipasang di casing. Itu enggak bakal terjadi jika kalian hanya memakai satu kipas saja, entah dibagian belakang atau depan. Komponen PC bakal lebih adem, dan suhu saat sedang bekerja bisa turun dibanding saat enggak memakai kipas sama sekali.

Aturan Memasang Kipas Di Casing PC

Bagaimana dengan kipas bagian atas, apa perlu dipasang juga? Biasanya ini dipakai untuk mengeluarkan udara panas di dalam casing. Tapi itu alternatif, posisinya bisa intake atau out take. Yang penting disini ada bagian kipas untuk mengeluarkan udara panas. Biasanya juga dipakai untuk tempat AIO, meskipun hanya alternatif saja. Yang pasti, minimal ada kipas untuk membawa masuk udara dan mengeluarkannya.

Lalu, apa faktor ukuran kipas casing juga bakal ngaruh? Bisa. Semakin besar setidaknya bisa semakin baik. Meskipun ini hanya masalah preferensi pribadi dan tergantung kompabilitas casing yang dimiliki.

Jika casing PC yang digunakan ternyata punya slot buat ukuran 20mm, maka jika ingin memaksimalkan airflow lebih baik, kalian bisa membeli kipas dengan ukuran tersebut. Tapi yang penting disini, kebutuhan buat slot kipas bisa terpenuhi dengan baik. Jangan biarkan kosong, apalagi buat posisi untuk meyedot dan mengeluarkan udara.

Udah bisa dimengerti sejauh ini? semoga ya, walaupun sangat singkat dan enggak semua diungkap. Tapi kami harap artikel ini bisa memberikan manfaat tersendiri buat kalian.  

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait