Home » Hands On : T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler Review

Hands On : T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler Review

TEAMGROUP udah resmi masuk pasar Cooling, malah cukup menjanjikan juga. AIO GD240E Siren ARGB liquid cooler bisa jadi bukti nyata kalo produsen beneran serius bisa ngasi opsi terbaik. Banyak fitur seru, kualitas juga dirasa jauh lebih menawan.

Cuma kalo ketersediaan sih masih belum jelas, khususnya di negara kita. Harga pun blm ada. Jadi jika kalian tertarik, kayaknya perlu nunggu dulu.

Penasaran gimana penampakan dan performanya? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : KLEVV R1 Portable SSD Review : Stabilitas Positif, Performa Gesit

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB

Desain 

Desain overall sekali lagi punya impresi yang sangat baik. Malah bahan materi yang ditawarin Siren ARGB ini lebih solid dibanding standar AIO Liquid cooling yang pernah kami coba. Nilai premiumnya lebih berasa, mulai dari radiator, water blok atau bahkan fan yang dibawa. Soft tube juga punya dual proteksi, antara nylon tube yang tipis sama rubber tube.

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Apa yang unik, desain agak sedikit berbeda. Contoh, bagian radiator disatukan dengan pompa. Biasanya kan langsung satu paket di bagian Waterblock plate CPU. Nah kalo versi GD240E Siren ARGB ini terpisah, dimana bagian cooling yang nyentuh langsung ke CPU cuma water blok aja sama LCD lighting.

Produsen sendiri mengklaim kalo desain tersebut bisa lebih efektif buat cooling sambil bisa mengindari CPU rusak misal gara-gara vibrating pompa. Btw, pompa sendiri punya speed sangat tinggi nyampe 4000 RPM, sesuatu yang jarang ditawarin AIO 240. Potensi kinerja kayaknya bakal lebih ok.

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Kipas bawaan AIO ini punya ukuran 12 cm. Ada dua pilihan yang tersedia dan siap juga buat ARGB lighting. Kualitas materi ok, dan punya speed nyampe 2000 RPM. Enggak ada sebutan khusus buat kipas bawaan, dan ini enggak dijual terpisah.

Fan yang hadir pake dua kabel, PWM sama buat lighting. Ada bonus juga buat menyatukan kabel2 ini, termasuk spliter PWM sama ARGB. Jadi, user pastinya enggak bakalan ribet buat masang, semuanya udah tersedia.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti T-FORCE GD240E SIREN ARGB
Water Block Dimensions Φ65.5*49mm
Water Block Plate Material Copper
Radiator Material Aluminum
Radiator Dimensions 276mm x 120mm x 27mm
Pump Fan Speed 4000±10%RPM
Rated Voltage 12V
Start Voltage 6V
Rated Current 0.34A(0.45A MAX)
Power Consumption 4.08W(5.4W MAX)
Operating Temperature -20℃~+60℃
Storage Temperature -20℃~+70℃
CPU Socket Intel Socket 
1200/1150/1151/1155/1156/1366/2011/2011-3/2066/LGA1700(GD240E)
AMD Socket 
AM4/FM2+/FM2/FM1/AM3+/AM3/AM2+/AM2
Number of Fans 2
Fan Connector  PWM 4-PIN
Fan Speed 600~2000 ±10%RPM
Fan Airflow 500RPM 21.63 / 2000RPM 78.73 CFM

ARGB Lighting

RGB lighting juga cukup seru diungkap. Walaupun AIO ini enggak punya software eksklusif bawaan, tapi masih bisa diatur pake software lain bawaan mobo yang cukup populer, seperti ASUS AURA Sync, Gigabyte, MSI dan ASRock. Kami sendiri pake software Armory ASUS, dan nyatanya ini memang udah kedetect secara default dan bisa diatur dengan mudah.

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Saya sendiri melihat kalo lighting default bawaan kayak ngeliat Delta Max SSD, khususnya bagian LCD. Jadi cukup friendly, mungkin karena udah terbiasa dengan produk TEAMGROUP juga. Sayangnya posisi LCD enggak bisa diatur, termasuk ikonnya. Coba kalo bisa, pasti makin seru.

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Kompabilitas & Pemasangan

Btw, AIO ini overall bisa dipake di kebanyakan soket CPU modern, entah LGA 1200 atau AMD AM4. CPU terbaru seperti soket LGA 1700 juga ready, malah udah punya bracket khusus juga. CPU lama juga masih ngedukung.

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Pemasangan juga cukup mudah, apalagi mereka yang udah terbiasa pasang AIO. Bagian kabel2 mungkin agak sedikit ribet, tp sebenernya memang perlu proses buat bagian ini. Kalo masang cooler ke CPU sih mudah. Kita coba di soket LGA 1700, cukup gampang dan enggak terlalu banyak waktu.

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Performa

Gimana dengan performa? Nah, kami coba pake prosesor powerful sekelas Ryzen 7 5800X sama casing Corsair 5000D Airflow, kita liat gimana kinerja secara realtime.

Idle

T-Force GD240E SIREN All-in-One ARGB Liquid Cooler

Suhu idle rata-rata dapet 41° Celsius, dan dari beberapa AIO 240 yang sekelas dengan GD240E Siren,  CPU cooler ini bukan yang terbaik, tapi sebenernya masih nyaman.

Gaming

Main game pake prosesor Ryzen 7 5800X dengan speed default sama AIO ini juga nyaman, rata-rata dapet 66° Celsius, meskipun bukan yang terbaik sih.

Cinebench R23

Suhu saat tes aplikasi yang lebih powerful, khususnya saat semua core bekerja rata-rata dapet 79° Celsius dan max nyampe 85° Celsius. Masih sangat aman, apalagi kita ngomongin Ryzen 7 5800X yang punya 8 Core loh.

Overclocking

Gimana dengan overclocking? Kita coba up speed ke 4.8 Ghz, enggak kuat saat di tes cinebench. Suhu diatas 100° Celsius. Trus coba up ke 4.7 Ghz, masih enggak aman. Nah, di 4.6 Ghz, CPU masih ok dengan suhu nyampe 94° Celsius rata-rata. Jadi kayaknya buat Ryzen 7 5800X atau yang sebanding enggak cocok buat OC. Amannya buat default aja.

Kesimpulan

AIO T-Force SIREN GD240E ARGB bisa jadi pembuka buat TEAMGROUP bisa dobrak pasar cooling. Hasilnya juga sebenernya positif. Meskipun bukan yang terbaik dari sisi performa, namun AIO ini punya estetika yang lebih berwibawa, entah dari kualitas materi, lighting atau kemudahan pemasangan.

Buat mereka yang tertarik, idealnya bisa dipasangin sama CPU Mid-range biar hasilnya lebih adem. Kalo CPU sekelas Ryzen 7 5800X sih cocoknya buat default aja, OC kayaknya belum aman. Walaupun bisa buat OC ringan-ringan, tp enggak terlalu direkomendasiin.

Sekali lagi, hal terbaik dari AIO ini ada di kualitas materi. Jadi, wajar juga kalo AIO ini dapet award best desain ketika ngeliat dari bahan materi yang dibawa maupun finishing. Malah AIO ini jd yang pertama yang buat urusan itu.

Sayangnya, belum ada info resmi kapan ini tersedia di Indo, harganya pun masih belum available. Kalo nilainya bisa lebih murah, bisa jadi rekomendasi lain tuh buat dipertimbangin.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang AIO liquid cooler T-Force SIREN GD240E ARGB dari TEAMGROUP. Enggak semua sih diungkap, cuma yang pasti cemoga bermanfaat!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait