Apa Sih TBW di SSD itu? Begini Penjelasan Singkatnya

Dari sekian banyaknya pertanyaan yang muncul tentang SSD (solid state Drive), salah satu yang seringkali kita temui adalah nilai TBW. Apa sih maksudnya?

Baca juga : Apa Sih USB-C Itu? Begini Penjelasan Simpelnya

Jadi, Apa Pengertian TBW Itu?

TBW atau Terabytes Written biasanya jadi standar ukuran masa tulis SSD dimana ini berlaku sebagai jumlah total data terabytes yang dapat ditulis.  Intinya, itu bisa jadi patokan yang bakal mempengaruhi masa pakai storage. Jika sudah melebihi nilai TBW, maka SSD setidaknya enggak akan efektif lagi untuk dipakai.

Disisi lain, nilai TBW juga sebenernya jadi cakupan garansi dari pembuat SSD tentang masa sesungguhnya storage ini berlaku. Semakin besar nilai TBW, maka semakin lama masa pakai dari storage ini.

TBW-SSD-2

Sebagai contoh, ketika kalian menemukan nilai TBW di sebuah produk yang mencantumkan TBW diatas 100TB (terabytes), itu berarti total data terabytes yang bisa ditulis oleh SSD tersebut. Nah, arti TBW bisa berdampak pada varian pekerjaan yang biasa dilakukan pengguna, sehingga menentukan lamanya SSD ketika akan menyentuh TBW bakal beda-beda.  

Sistem yang idle tentu enggak akan mengurangi TBW, namun mereka yang selalu melakukan banyak aktivitas di PC atau laptop, entah gaming, transfer data, menyimpan file dan sebagainya, itu akan mempengaruhi masa pakai SSD dan bisa menyentuh TBW lebih cepat.

TBW di SSD

Meskipun, kasual user mungkin bisa cukup dengan SSD yang punya nilai TBW dibawah 200TB atau bahkan 100TB. Mengapa begitu? pekerjaan yang biasa dilakukan biasanya enggak terlalu menuntut yang bahkan mungkin enggak menghasilkan data hingga 200GB per hari. Meskipun, sekali lagi itu juga bisa berbeda.

Nah, buat user yang punya banyak pekerjaan berat, maka arti TBW yang tinggi bisa sangat berpengaruh. Itu karena tipe pengguna ini pasti akan berhadapan dengan hal-hal yang terkait dengan transfer data dan apapun yang akan mengurangi TBW SSD. Jadi, idealnya sih kalian pasti butuh SSD dengan TBW diatas 1000TB tentunya.

Baca juga : Kinerja Powerful : KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Kemudian pertanyaan lain, apa kapasitas SSD juga bakal berpengaruh ke nilai TBW?

Kami rasa ini ada benarnya. Bahkan rata-rata produsen storage akan memberikan label TBW berbeda untuk varian kapasitas yang ditawarkan. Jadi, meskipun tipe produknya sama, maka nilai TBW yang hadir pasti akan berbeda. Biasanya, semakin besar kapasitas nilai Terabytes Written juga akan lebih besar.

Bagaimana Cara Melihat Nilai TBW SSD secara realtime?

TBW-SSD-1

Kalian bisa memakai software misal HDD sentinel. Cek salah satu SSD dan lihat nilai Lifetime writesnya. Jika nilainya ada indikasi SSD sudah hampir menyentuh TBW yang ditentukan produsen, maka SSD mungkin perlu diganti.

Simpulan

Hingga pada akhirnya, angka Terabytes Written pada sebuah SSD bisa jadi patokan tentang kelayakan dari storage itu sendiri. Apalah masih ideal untuk dipakai atau tidak. Atau juga ini bisa jadi patokan lain seberapa tangguh dari SSD itu sendiri dan bisa berpengaruh bagi orang-orang yang menginginkan masa pakai SSD yang lebih lama. Semakin besar angkanya, maka bisa semakin positif. Meskipun, enggak semua orang juga butuh nilai TBW yang besar, karena harga yang ditawarkan juga bisa lebih lama.

Comments

Related Posts