Home » Kinerja Powerful : KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Kinerja Powerful : KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Kita dapet sampel baru lagi nih dari KLEVV. Kali ini adalah CRAS C720 M.2 SSD NVMe. Desain mungkin masih punya kesan biasa, enggak ada cooler tambahan juga. Cuma apa yang menarik menurut kami adalah kehadiran Phison, yang cukup dikenal sebagai pengontrol SSD dengan kinerja superior.

Mau Tau Lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : KLEVV CRAS C920 Gen4 SSD Review : Kapasitas Besar, Kinerja Kenceng!

KLEVV CRAS C720 SSD Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Hadir dalam bentuk faktor M.2, ukuran 2280 dan interface NVMe PCIe Gen3x4, KLEVV CRAS C720 kita rasa udah cukup istimewa dengan potensi kinerja powerful.

Ada 4 varian kapasitas yang hadir untuk seri ini, mulai dari 256GB, 512GB, 1TB dan 2TB. Banyaknya varian yang hadir tentu bisa memberikan lebih banyak opsi bagi konsumen sesuai kebutuhan maupun budget yang dimiliki.

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Kalau harga, kita sendiri belum tau pasti. Itu karena SSD ini belum tersedia di pasaran. Tapi biasanya KLEVV suka ngasi nilai yang cukup menggoda, disisi lain kualitas yang dibawa produsen asal Hongkong ini juga enggak sembarangan. Btw, distributor resmi KLEVV Di Indonesia itu sendiri ada di tangan PT. Cahaya Distribusi Nusantara.

Spesifikasi KLEVV CRAS C720 SSD

Host Interface NVMe PCIe Gen3x4
Form Factor M.2 2280
Capacity 256GB, 512GB, 1TB, 2TB
Controller Phison
Flash strictly-selected 3D TLC NAND Flash
Dimension (LxWxH) 80 x 22 x 2.15 mm
Weight 8g
Warranty 5 Year Limited Warranty
READ / WRITE 256GB 512GB 1TB 2TB
Sequential Read (MB/s) 3,200MB/s 3,400MB/s 3,400MB/s 3,400MB/s
Sequential Write (MB/s) 1,300MB/s 2,400MB/s 3,100MB/s 3,100MB/s
TBW (TeraByte Written) 170TBW 280TBW 565TBW 1,550TBW

Paket yang datang pada KLEVV C720 ini mungkin simpel. Enggak ada bonus yang hadir, kecuali software tambahan Acronis True Image HD yang bisa kalian redeem di situs resmi KLEVV. Cuma kalo finishing rapi banget dan wibawanya kerasa. Simpel tapi menawan, termasuk bagian PCB yang hadir.

Kita sendiri dapet sampel kapasitas 1TB. Nilai TBW (TeraByte Written) yang hadir bisa nyampe 565 TBW, waktu yang cukup panjang buat pemakaian intensif. Sedangkan garansi nyampe 5 tahun.

Btw, pengontrol SSD Phison biasanya cukup dikenal dalam dalam hal performa tinggi. Meskipun bukan yang terbaik, cuma kehadiran Phison bisa jadi magnet buat narik banyak user yang pengen SSD dengan performa superior, apalagi jika harga lebih masuk akal.

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Bentuk faktor M.2 disisi lain tentu bakal ngasi kemudahan nampung storage. Enggak perlu tempat besar, yang kalian butuhin cuma slot M.2 di mobo.

Jenis NAND Flash SSD ini pake triple level cell dengan chipset datang dari Micron. Tingkat ketahanan TLC mungkin bukan yang terbaik dibanding SLC, cuma nilai harga yang ditawarin bisa lebih terjangkau.

Nah, agar performa makin stabil, SSD ini udah punya DRAM cache bawaan dengan kapasitas 512MB. Hadirnya cache bawaan tentu bakal ngeproses data lebih cepat dibanding SSD tanpa DRAM. SSD  ini juga udah pake teknologi 3D NAND terkini, seperti dukungan Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology (S.M.A.R.T).

Kinerja

Gimana dengan performa? Suka atau enggak, kita rasa KLEVV CRAS C720 itu punya performa yang nyenengin banget. Read speed up to 3.4GB/s itu nyata, dan suhu juga adem banget.

CrystalDiskMark 8

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Contoh, pada CrystalDiskMark 8, SSD ini ngasi sequential read speed up to 3.4GB/s dan write speed up to 2.8GB/s. Jarang SSD punya kinerja write maupun read yang sama-sama kenceng. Dan C720 ini bisa jadi andelan baru buat storage masa depan.

AS SSD Benchmark

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

AS SSD Benchmark juga bisa jadi patokan tentang potensi kinerja SSD ini. Sequential read maupun write mungkin bukan yang terbaik, cuma nilainya masih cukup menggiurkan dengan read up to 2.9GB/s dan write up to 2.8GB/s.

Gaming Load Duration Speed

KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

Sedangkan dalam kinerja nyata, misal gaming. Waktu loading rata-rata saat tes AS SSD Copy Benchmark dibawa 1 detik cuy. Sedikit dibawah Cardea TUF Gaming dan jauh lebih superior dibanding Cardea Zero maupun VGEN yang kami miliki.

Suhu

Gimana dengan suhu? SSD ini beneran enggak bakal ngasi heat besar. Pake cooling bawaan mobo juga udah mencukupi. Suhu rata-rata cuma nyampe 51° Celsius saat bekerja penuh. Jadi, enggak usah beli cooling tambahan deh. Kayaknya kualitas PCB yang hadir bener-bener the best lah.

Kesimpulan

Kenceng, enggak ribet, stabil dan suhu adem. Setidaknya poin penting ini bisa kalian dapetin saat punya KLEVV CRAS C720 SSD ini. Garansi juga cukup panjang nyampe 5 tahun. Jadi, SSD ini tentu bisa banget buat direkomendasiin, apalagi kalo harga jauh lebih masuk akal.

Cuma sayangnya harga masih misteri. Jadi, kita perlu nunggu ketersediaan resminya di Indo. Kisaran kami, paket 1TB bisa datang pada harga 2 jutaan kalo liat harga SSD hari ini. Tapi bisa salah juga.

Enggak banyak bonus yang hadir, cuma kalian bisa manfaatin Acronis True Image secara gratis yang bisa kalian redeem di situs KLEVV lewat serial pada SSD. Tentu bakal ngasi benefit extra juga buat back up atau recovery data.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang KLEVV CRAS C720 SSD. Enggak semua sih kita ungkap. Cuma yang pasti, semoga bermanfaat.!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait