Home » T-FORCE CARDEA Z44L 500GB Review : Gen4 SSD Paling Pas, Harga & Performa

T-FORCE CARDEA Z44L 500GB Review : Gen4 SSD Paling Pas, Harga & Performa

T-FORCE CARDEA Z44L dari TEAMGROUP kami rasa jadi salah satu opsi M.2 SSD yang ideal buat dipertimbangin. Kinerja kenceng, stabil dan harga juga cukup masuk akal. Disisi lain, storage ini udah bawa interface PCIe Gen4 NVMe 1.4 yang mumpuni.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Kinerja Powerful : KLEVV CRAS C720 M.2 SSD NVMe Review

T-FORCE CARDEA Z44L 500GB Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Dengan bandrol harga sekitar 1.1 jutaan, kalian udah dapetin CARDEA Z44L dengan kapasitas 500GB, dan sekitar 2 jutaan lebih dikit udah dapet 1TB. Harga yang sebenernya cukup masuk akal, ketika ngeliat potensi performa yang ditawarin dan dukung interface terbaru Gen4 SSD. Disisi lain, produsen ngasi jaminan garansi panjang nyampe 5 tahun.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Nah, desain sebenernya cukup simpel, tapi kesannya udah solid dan enggak ribet. Menariknya, user udah dapet cooling tambahan yang disebut graphene heat spreader yang diklaim bakal ngurangi suhu nyampe 9% dibanding opsi default.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Ukurannya tipis banget, jadi punya kompabilitas luas. Bisa dipasang di desktop atau laptop. Disisi lain, cooling ini juga opsional, bisa kalian lepas jika dirasa enggak terlalu nyaman atau kurang dalam performa.

Baca juga : TEAMGROUP MP34 M.2 NVMe SSD 1 TB Review : Harga PAS, Kinerja FAST!

Spesifikasi inti

Spesifikasi Inti CARDEA Z44L
Interface PCIe Gen4x4 with NVMe 1.4
Capacity 500GB / 1TB[2]
Voltage DC +3.3V
Operation Temperature 0˚C ~ 70˚C
Storage Temperature -40˚C ~ 85˚C
Terabyte Written (TBW) 500GB – 200TBW
  1TB – 400TBW[3]
Weight 7g (PCBA)
Dimensions 80.0(L) x 22.0(W) x 3.7(H) mm
Humidity RH 90% under 40°C (operational)
Vibration 80Hz~2,000Hz/20G
Shock 1,500G/0.5ms
MTBF 3,000,000 hours
Operating System System Requirements:
  Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista[4]
  Linux 2.6.33 or later
Warranty 5-year limited warranty[5]

Spek inti cukup menarik buat diungkap. Pertama interface sekali lagi bawa PCIe Gen4x4 yang ngedukung standar NVMe 1.4 terbaru. Jadi, user yang udah punya perangkat yang dukung interface ini, kinerja tentu bakal lebih efektif. Tapi kompabilitas dengan Generasi sebelumnya juga masih memungkinkan. Jadi, user yang punya slot M.2 SSD yang masih ngedukung Gen3, Z44L masih bisa dipake. Malah perbedaan performa yang ditawarkan enggak signifikan.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Kalo kapasitas, CARDEA Z44L ini punya 2 opsi, antara 500GB dan 1TB. Cukup terbatas sih, namun pilihan yang hadir udah bisa memenuhi kebutuhan besar user modern.

Overall, kami belum tau pasti tipe nand flash yang dibawa. Biasanya kalo ngeliat harga dan kapasitas yang ditawarkan pake TLC, cuma SSD ini udah bawa cache bawaan sebesar 512MB dan pengontrol Phison. Stabilitas performa setidaknya bakal lebih terjamin ketika ngeliat spek inti, apalagi produk TEAMGROUP pada dasarnya udah positif dari kualitas yang dibawa.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Sedangkan nilai Terabytes Written buat kapasitas 500GB nyampe 200TB. TBW bisa jadi patokan bagaimana ketahanan tulis SSD berlaku. Semakin tinggi bisa semakin baik. Kalo ngeliat nilainya, opsi yang ditawarkan cukup kecil dibanding SSD lain yang pernah kami coba. Cuma masih ok sih.

Gimana dengan performa?

Kinerja Z44L dengan kapasitas 500GB dan 1TB agak sedikit berbeda. Cuma overall bisa menuhi kebutuhan demanding user modern seperti gamer atau bahkan konten creator. Klaim read speed bisa up to 3.3GB/s dan write speed up to 2.4GB/s.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Nyatanya klaim tersebut bisa benar adanya. Contoh, di Crystal Disk Mark, sequential read sama write speed dapet 3.3Gb/s dan write nyampe 2.4GB/s.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Speed yang ditawarin mungkin masih dibawah MP34 yang jadi pilihan terbaik kami. Tapi stabillitas yang ditawarkan ok punya dan enggak kendala berarti walaupun dipake di slot M.2 PCIe Gen 3×4.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Sedangkan di AS SSD Benchmark, read dan write speed nyampe 2.9GB/s dan 2.2GB/s. Kinerja masih bersaing dengan beberapa SSD yang pernah kami coba, meskipun read speed bukan yang terbaik sih.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

AS SSD Copy Benchmark juga bisa jadi penunjuk kalo tentang seberapa hebat SSD ini buat gaming. Gaming load rata-rata nyampe 0.9 detik. Pastinya kenceng, bisa ideal buat mereka yang SSD gaming dengan performa handal.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Gimana dengan suhu? Apa cooling extra graphene heat spreader ngaruh banget? Sejujurnya, kehadiran cooling tambahan ini enggak nunjukin efektifitas berarti. Malah perbedaan saat SSD sedang kerja tinggi enggak terlalu ngaruh. Ada sih penurunan, tapi enggak terlalu signifikan. Jadi, entah kalian pake graphene heat spreader atau enggak, sebenernya cooling enggak terlalu ngaruh banget.

Simpulan

Harga pas, kinerja kenceng, dan dukung interface mumpuni, Z44L tentu jadi salah satu opsi SSD yang ideal buat dipertimbangkan. Disisi lain, produk TEAMGROUP juga udah cukup populer. Jadi, kualitas maupun finishing bisa sama positifnya.

Gen4 SSD CARDEA Z44L

Cuma, hadirnya cooling extra extra graphene heat spreader kami rasa enggak terlalu ngaruh ke performa pendinginan. Malah, enggak pake pun masih tetep sama. Cuma, ini bisa lebih baik dibanding enggak ada, apalagi masih bisa dipasang di laptop. Kalo nilai TBW bukan yang terbaik sih, tapi garansi yang ditawarin cukup panjang nyampe 5 Tahun.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang SSD CARDEA Z44L ini. Enggak semua sih kami ungkap. Cuma yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Artikel Terkait