ASUS ROG Ryujin II 360 Review : Kinerja Terbaik, Harga Mengigit

ASUS ROG Ryujin II 360 Review : Kinerja Terbaik, Harga Mengigit

Dari semua AIO Liquid cooler yang udah kami coba, ASUS ROG Ryujin II 360 bisa jadi opsi terbaik dalam hal kinerja. Meskipun punya harga selangit, namun masih worth kok buat dipertimbangin, apalagi buat mereka yang  ingin memaksimalkan potensi kinerja prosesor dengan pendingin yang paling solid di pasaran.

Mau tau lebih? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Asus ProArt X570 Creator WiFi : Mahal Tapi Worth it!

ASUS ROG Ryujin II 360 : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ROG Ryujin II

Dibandrol dengan harga sekitar 5.1 jutaan, pasti enggak banyak orang yang bisa beli AIO ini. Betapa tidak, nilainya selangit. Cuma sultan kayaknya yang bisa beli Ryjin II. Tapi, sebenernya benefit apa sih yang bisa didapetin?

ROG Ryujin II

Komponen Inti

Kalo liat dari kualitas, ROG Ryujin II 360 itu sendiri enggak sembarangan. Finishing terbaik, coolernya pun pake Noctua NF-F12 InductrialPPC 2000 PWM Fan. 3 Fan 12mm udah tersedia, dan speed bisa nyampe 2000 Rpm. Selain itu, coolernya adem dan enggak berisik dengan tingkat noise cuma nyampe 29.7 dB aja. Enggak ada dukungan RGB buat fan, cuma kesan sangarnya kerasa.

ROG Ryujin II

Kemudian Radiator terbuat dari Alumunium. Punya panjang sekitar 39cm dan ketebalan sekitar 2.7cm. Radiator ini punya soft tube dengan panjang sekitar 38cm dan bawa materi Sleeved Rubber.

ROG Ryujin II

Nah, AIO ini kompatible buat soket AM4 atau Intel LGA 1200. Dua bracket malah udah disediain, termasuk dukung soket AMD TR4 buat threadripper. Jadi, kompabilitas luas, enggak terbatas pada satu platform aja.

ROG Ryujin II

Cara masang nya pun cukup mudah. Malahan, AIO ini enggak bawa banyak kabel. Hal terbaiknya, ada Fan Controler yang bisa nampung banyak fan header maupun ARGB. Jadi, bisa bikin hemat juga ketika Mobo enggak punya banyak fan header.

ROG Ryujin II

Tapi perlu dicatet, kalo Controler perlu power dari PSU. Disamping itu, nantinya kalian juga bisa atur lighting pake software. Pasti makin seru deh. Catetan nih, bagian LED display ternyata bisa dibongkar. Tinggal langsung cabut aja, ada magnet didalamnya. Awalnya kami enggak terlalu pasti. Tapi setelah di cek lebih dalem, itu bakal lebih mudah masang baut di pompa.

Spesifikasi ASUS ROG Ryujin II 360
Water Block Water block dimention:78.15 x 87.5 x 81 mm
Block Material (CPU Plate):Copper
Embedded FAN:YES
– Speed:4,800 RPM +/- 10%
– Air Pressure:3.23 mmH2O
– Air Flow: 19.41 CFM
Pump Pump Solution:7th gen Asetek pump
Motor Speed:800 – 2,800 +/- 300
Power:12V DC, 2W, 0.3A
Radiator Radiator Dimension: 121 x 394 x 27mm
Radiator Material: Aluminum 
Tube: Sleeved Rubber tube
Tube Length: 380 mm
Fan Fan:Noctua NF-F12 InductrialPPC 2000 PWM Fan
– Size: 3 x Fan Slots (120mm)
– Dimension:120 x 120 x 25 mm
– Speed: 450 – 2000 RPM +/- 10% 
– Static Pressure:3.94 mmH2O
– Air Flow: 71.6 CFM / 121.8 m3h
– Noise: 29.7 dB(A) 
– Control Mode: PWM/ DC
Special Features Display:3.5″ Full Color LCD
Compatibility Intel: LGA 1150, 1151, 1152, 1155, 1156, 1200, 1366, 2011, 2011-3, 2066
AMD: AM4, TR4*
Package Content 1 x Liquid Cooler (pre-applied thermal compound)
3 x 120 mm Radiator Fan
1 x ARGB Input Cable
1 x Accessory Pack of Screws and Brackets
1 x Quick Start Guide
1 x ROG Sticker
1 x ROG Fan Controller 3M Mounting Tape
Warranty 6 years
Harga Rp5.149.000

LCD Display

Wibawa besar dari Ryujin II 360 ini ada dibagian LCD Display. Kalian bisa atur displaynya lewat software Armoury crate dengan 3 opsi, antara Hardware monitor, Image or animation, dan custom banner.

ROG Ryujin II

Bagian hardware monitor, opsi ini bakal nunjukin monitoring perangkat yang terkait dengan AIO, seperti suhu prosesor, clockspeed atau voltase secara real-time. ASUS juga nawarin beberapa opsi buat hardware monitor, bisa single info tentang suhu misal, atau monitoring barengan, entah suhu, fan atau clockspeed. Bisa juga slide show dengan durasi tertentu bakal berubah.

ROG Ryujin II

Benefitnya? User tentu bakal tau lebih mudah tentang informasi, misal suhu prosesor tanpa perlu buka software.

Bagian image or animation, kalian bisa pake gif image default bawaan AIO ini atau custom. Misal kalian pengen sesuatu yang unik, kalian bisa pake gif karya sendiri. Cuma masih ada kendala buat masang gif secara custom. Kayanya perlu ada update lagi nih biar masalah ini kelar.

ROG Ryujin II

Custom banner juga hampir sama, kalian bisa pake image default atau image custom. Trus bisa masukin teks juga. Sayangnya, jenis teks dan ukuran enggak bisa diubah, cuma ngatur posisinya aja. Semoga ada update nih biar bisa custom juga buat teks.

Dibagian software ini juga ada opsi fan control dan firmware. Enggak ada lagi pilihan. Agak kurang puas sih dari opsi yang ditawarin, tapi dari sisi estetika wibawanya udah kerasa. Brightness LCD jelas dan enggak redup. Nilai premiumnya keliatan.

Kinerja

Gimana dengan performa cooling? Pompa Asetek Generasi ke-7, Noctua FAN Industrial grade dan radiator kualitas premium bisa jadi triple combo buat nahan suhu tetep ideal pada beban maksimal. Enggak ada kendala berarti bahkan ketika dipasang prosesor paling menuntut sekalipun. OC dengan speed tinggi juga masih bisa nahan suhu tetep ok. Garansi AIO ini juga lama nyampe 6 tahun, dan dukungan kompabilitas luas, entah CPU Intel atau AMD generasi terbaru, soket TR4 bisa.

Nah, buat nunjukin kinerjanya, kita pasangin dengan CPU Ryzen 9 3900X yang punya 12 core dan clockspeed up to 4.6Ghz dan casing Corsair 5000D Airflow.

ASUS ROG Ryujin II 360

Idle dengan speed default, cooling rata-rata cuma nyampe 39° Celsius. Sedikit lebih baik dibanding RC Floe 360 dari TT dan Deepcool castle 360EX.

ASUS ROG Ryujin II 360

Sedangkan kinerja gaming atau aplikasi yang demanding, AIO ini the best lah dengan suhu enggak nyampe 60°. Rata-rata cuma 55° Celsius, jauh dibanding Cooler  yang pernah kita coba. Hal terbaiknya, fan enggak berisik dan adem.

ASUS ROG Ryujin II 360

Strest test pake Cinebench R23 durability test nyampe 30 menit, suhu masih adem, enggak nyampe 70°. Rata-rata cuma nyampe 68°.

ASUS ROG Ryujin II 360

Gimana dengan OC? Kita coba up Ryzen 9 3900X ke speed 4.3Ghz all core, suhu cukup tinggi nyampe 89°. Tapi kita rasa masih aman kok, bahkan jadi opsi terbaik juga buat urusan ini. Apalagi kita bicara CPU 12 core dengan clockspeed tinggi loh.

Kesimpulan

Wibawa pastinya besar, kinerja cooling terbaik, dan pastinya enggak berisik. Rasa premiumnya keliatan banget, jadi wajar lah kalo harga juga mengigit. Tapi worth kok. Kita rasa AIO ini powerful dari hampir semua faktor. Pemasangan juga enggak ribet, garansi juga panjang.

ASUS ROG Ryujin II 360

Cuma sayangnya, minus yang kami rasa ada dibagian opsi custom image animation. Image enggak selalu berhasil, perlu ada update software lagi kayaknya. Trus, fan enggak ada RGB. Kayaknya bisa makin seru deh kalo udah pake lighting. Meskipun ini cuma preferensi pribadi. No RGB, no party, apalagi kalo bisa singkron.

Terlepas dari itu semua, kayaknya ASUS ROG Ryujin II 360 punya rekomendasi pasti sebagai CPU Cooler yang berharga buat didapetin. Bahkan masuk kategori award Cooler best of the year ketika ngeliat dari performa, nilai premium dan estetika yang dibawanya. Harga sih mahal, tapi sepadan.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang ROG Ryujin II 360. Enggak semua sih kita ungkap, cuma yang pasti, semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com