Megabits (Mbps) vs Megabytes (MB/s) : Hal Yang Perlu Kalian ketahui

Megabits atau disingkat Mbps seringkali jadi hitungan seberapa cepat internet yang biasa kita pakai. Terkadang banyak orang suka salah berasumsi kalau 100 Mbps berarti 100 megabytes perdetik. Padahal, Megabytes dan Megabits punya perbedaan kalkulasi yang jauh berbeda.

Dan aturan singkatan dari Megabits dan Megabytes itu sendiri berbeda. Megabits disingkat Mbps, artinya megabits persecond. Sedangkan Megabytes biasanya disingkat dalam satuan ukuran data MBps atau MB/s.

Baca juga : TIPS Memilih CPU Cooler Yang Ideal

Megabits vs Megabytes

Mbps biasanya jadi standar ukuran kecepatan broadband. Bit unit data yang sangat kecil, dengan satu megabit mewakili satu juta di antaranya. Semakin tinggi jumlah Mbps (megabit per detik) yang dimiliki, semakin cepat aktivitas online yang seharusnya bisa didapatkan pengguna.

Sedangkan Megabyte per second (MBps) boleh dibilang sebagai satuan ukuran untuk kecepatan transfer data. Megabyte adalah kumpulan 2 pangkat 20 byte, atau 1.048.576 byte dalam notasi desimal.

Korelasinya? Kedua satuan ukuran ini bisa jadi patokan buat pengguna saat memakai internet atau akan berlangganan internet. Mbps jadi patokan untuk kecepatan internet yang bisa diharapkan secara utuh, dan MBps jadi patokan kecepatan data download speednya.

Sebagai contoh, kalian misal berlangganan internet dengan kecepatan 10 Mbps. Itu berarti punya kalkulasi download speed rata-rata sebesar 1.25 MB/s. Hitungan 1 Megabits per detik itu sendiri setara dengan 0.125 Megabytes per second.

Jadi, ketika kalian ingin mendapatkan kecepatan download internet hingga 100 MB/s, maka koneksi internet setidaknya memerlukan akses hingga 1.000 Mbps.

  • MB/s : Megabyte per second
  • 1 byte = 8 bits
  • 1 bit = (1/8) bytes
  • 1 bit = 0.125 bytes
  • 1 megabyte = 10002 bytes
  • 1 megabit = 10002 bits
  • 1 megabit = 0.125 megabytes
  • 1 megabit/second = 0.125 megabytes/second
  • 1 Mbps = 0.125 MB/s

Nah, berapa kecepatan download saat kalian berlangganan internet 10 Mbps? Jika dikalkulasikan ke Megabytes per detik, maka speed download yang bisa kalian dapatkan rata-rata sekitar 1.25 MB/s.

Sudah bisa dimengerti hingga sejauh ini? Kita harap begitu. Jadi, meskipun enggak semua kita ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 

 

Comments

Related Posts