Nvidia Akan Batasi Kinerja RTX 3060 Untuk Mining Hingga 50%

Dunia mining kini kembali memanas dan gamer terpaksa harus tersisih saat ingin mendapatkan VGA yang berharga pada harga normal ataupun stok yang ghoib. Untungnya, itu bisa saja tidak terjadi ketika Nvidia mengambil kebijakan baru untuk memastikan bahwa penambang dan gamer bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bagaimana bisa begitu? Menurut Nvidia, driver akan dapat mendeteksi ketika, katakanlah, algoritme penambangan Ethereum sedang berjalan dan itu akan membatasi kartu dengan menurunkan efisiensi proses mining hingga 50 persen. 

Baca juga : GIGABYTE Z590 AORUS Pro AX Preview :Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Pembatasan kinerja ini akan diterapkan ke driver Windows dan Linux, yang berarti bahwa bahkan menggunakan distribusi Linux khusus seperti NiceHash OS atau Hive OS tidak akan berfungsi untuk memulihkan kemampuan komputasi penuh untuk tujuan penambangan.

Tapi, itu hanya baru terjadi pada software driver untuk RTX 3060 yang akan hadir pada tanggal 25 Februari mendatang. Nvidia mengatakan bahwa itu bertujuan agar Gamer bisa mendapatkan GPU tersebut pada harga yang normal dengan stok banyak. Disisi lain, itu bisa membuat RTX 3060 kurang laku dipasaran karena driver membatasi kinerja penuh dari kegiatan mining.

Pengumuman kedua adalah kehadiran Prosesor khusus buat Penambangan Cryptocurrency dari Nvidia. Beberapa mitra papan Nvidia sebenernya telah menjual kartu grafis khusus mining di masa lalu, dan itu pada dasarnya sama dengan rekan konsumen mereka, kecuali tidak adanya output video dan menggunakan driver yang berbeda.

Nvidia mengatakan produk CMP HX akan menampilkan silikon yang tidak memiliki output video dan dioptimalkan untuk efisiensi mining. Kartu akan tersedia dari mitra AIB dalam empat konfigurasi mulai dari VRAM 6 GB hingga 10 GB dan dapat mencapai hingga 86 MH per detik dalam algoritme penambangan Ethereum.

Konsumsi daya berkisar dari 120 watt untuk 26 MH per detik hingga 320 watt untuk 86 MH per detik. Tentu saja, penambang bisa mendapatkan angka yang jauh lebih baik dengan menyetel kartu individu, tetapi itu membutuhkan waktu dan tenaga tambahan.

Melepaskan kartu khusus untuk mining kemungkinan akan mengurangi permintaan untuk versi konsumen, disisi lain langkah Nvidia mungkin saja mengurangi limbah elektronik dalam jumlah besar saat penambangan tidak lagi menguntungkan bagi mereka.

Comments

Related Posts