Perusahaan Scalper Ini Berhasil Amankan 3.500 konsol PS5, Siap Dijual kembali Dengan Harga Selangit

Calo alias Scalper tampaknya berperan besar dalam memperburuk situasi ketersediaan berbagai produk teknologi terbaru, entah RTX 30 series, Xbox series X, atau bahkan PS5 menjadi sangat langka.

Baca juga : Berselisih Dalam Game DOTA, Karyawan Valve Gunakan Kekuasaannya Terlalu berlebihan

Nyatanya, salah satu Scalper besar, CrepChiefNotify asal Inggris mengungkap bahwa mereka berhasil mendapatkan 3.500 konsol PlayStation untuk dijual kembali dengan harga jauh lebih mahal.

Disisi lain, ketersediaan PS5 telah menderita lebih dari kebanyakan hardware gaming yang dirilis baru-baru ini. Mengacu pada konsolnya, CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan bahkan mengatakan bahwa “semuanya terjual. Semuanya pasti terjual.” Perusahaan kemudian menjanjikan lebih banyak stok sebelum akhir tahun menyusul permintaan yang “belum pernah terjadi sebelumnya”, tetapi sebagian besar bisa jadi diambil oleh calo, lagi.

Scalper Playstation 5

Sementara permintaan untuk produk-produk ini selalu tinggi, pandemi telah membuat keuntungan tersendiri buat scalper untuk meraup lebih banyak keuntungan. Business Insider berbicara dengan beberapa grup yang menggunakan software dan bot monitoring untuk mendapatkan PS5 dalam jumlah besar sebelum orang lain membelinya.

Salah satunya, CrepChiefNotify, yang terdiri dari 12 staf manajemen inti, mengatakan anggotanya telah membeli hampir 2.472 konsol dalam beberapa pekan terakhir, padahal “hanya di bawah 1.000” saat pre-order pertama kali dibuka pada bulan September.

CrepChiefNotify mengenakan biaya extra $ 40 per bulan atau $ 530 untuk langganan seumur hidup sehingga anggota mereka dapat mengakses layanannya.

“Selama penguncian Covid-19 pertama, kami melihat perubahan besar dalam produk yang dibeli orang,” kata manajer ‘Tom’ kepada Business Insider. “Fokusnya bergeser ke hal-hal yang paling konyol, seperti bak mandi air panas luar ruangan. Kami perhatikan bahwa ini mulai terjual habis di toko, dan dijual kembali di eBay untuk mendapatkan keuntungan. Jadi pengembang kami menulis beberapa software monitoring untuk situs tertentu, dan kami melacak stok tersebut agar bisa menjual bak air panas! Setiap kali mereka memasukkan stok, kami akan memberi tahu anggota kami untuk membeli semuanya. “

Disinilah mereka bermain, dimana salah satu pasar terbesar Scalper biasanya melalui eBay. Bayangkan saja, ketika harga playstation 5 memiliki standar dibawah 10 jutaan, Scalper bisa mudah menjualnya hingga diatas 100 juta per unit, atau pilihan standar bisa berada diatas 30 jutaan. Biasanya itu lebih disempurnakan ketika permintaan sangat tinggi, disisi lain stok sudah hilang ditelan bumi.

Pertanyaannya, apakah para scalper dan mereka yang memfasilitasi tindakan mereka merasa bersalah? CrepChiefNotify bahwa mereka tidak menyesal. Ia menulis (melalui Video Games Chronicle) “Orang-orang ini telah berhasil menutupi tagihan mereka, meletakkan makanan di atas meja dan memberikan hadiah Natal kepada anak-anak mereka,” tulis perusahaan itu.

“Mungkin sangat disayangkan bahwa seorang anak tidak memiliki PS5 Natal ini, tetapi anak lain mungkin tidak terbangun. Kami tidak menyesal.”

 Baca Juga :



Comments

Related Posts