- Hardware, Motherboard

Gigabyte A520M AORUS Elite : Motherboard Entry level Rasa Premium

Mobo baru A520 pengganti A320 sudah resmi beredar di negara kita dengan pilihan yang mungkin sedikit lebih mahal di kisaran 1 jutaan. Disisi lain, produsen juga ngasih pilihan premium sebagaimana Gigabyte lewat seri A520M AORUS Elite. Pertanyaannya, Worth it enggak sih?

Penasaran? Cek detail lebih lengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Belanja Laptop Gaming Di Harbolnas 2020 Makin Seru, Berikut 5 Pilihan Idealnya

Gigabyte A520M AORUS Elite : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

18 agustus 2020, chipset A520 resmi dirilis, dimana sebenernya enggak banyak yang berubah dibanding A320. Beberapa perbedaan paling mendasarnya adalah dukungan prosesor terbaru, dimana kalo pake mobo A520, mobo tuh udah dukung Ryzen gen 3 maupun seri selanjutnya. Kalo PCIe 3.0 maupun total USB masih sama, meskipun terkadang pililhan A520 punya slot USB 3.2 gen 2 yang lebih banyak.

Kedua chipset ini juga enggak dukung fitur OC secara resmi, meskipun terkadang ada sejumlah produsen yang membuka fitur ini secara enggak langsung. Seperti halnya Gigabyte A520M AORUS Elite.

Dengan bandrol harga sekitar 1.7 jutaan, nilai yang ditawarin pastinya enggak banget deh, apalagi ada pilihan mid-range B450 yang lebih menggoda, termasuk dari Gigabyte sendiri. Tapi, sebelum kalian menyimpulkan terlalu dini, ada baiknya kita ungkap beberapa poin penting yang setidaknya bisa jadi pandangan kita bersama buat evaluasi lebih dalam tuh mobo.

A520M AORUS Elite

Pertama dari desain, yang tentu aja udah punya sudut premium. Ketika pilihan seri lain cukup ngebosenin, kalo seri ini terasa lebih positif gituh. Bahkan, dari backplate yang dibawanya juga udah keliatan banget kelasnya, meskipun pandangan tiap orang bisa beda-beda sih maupun bentuk faktor M-ATX yang agak kecil buat totalitas show off.

A520M AORUS Elite

Tapi overal sangat nyenengin, khususnya kalo ngomongin nilai visual. Kesan premiumnya kerasa, khususnya kalo liat dari logo AORUS itu sendiri di mobo, shield armor di sekitar VRM, maupun sudut finishing yang bener-bener rapi.

A520M AORUS Elite

Tapi, apakah cuman itu aja? Enggak juga. Disisi lain, produsen ngeklaim kalo mobo ini juga punya kualitas handal, seperti kapasitor yang solid, termasuk juga kapasitor buat audio, solusi Digital VRM 5+3 yang cukup ngegoda buat stabilitas daya ke komponen lain, tombol extra Q-Flash button yang mudahin update bios, maupun dukungan smart fan dengan ketersediaan fan konektor yang lengkap, bahkan pin header kini udah ditingkatin ke hybrid fan header.

A520M AORUS Elite

Hybrid Fan Headers punya fitur utama bisa mendeteksi apakah perangkat menggunakan mode PWM atau Voltase dan secara otomatis mengganti pengaturan yang sesuai. Header buat RGB juga lengkap dengan 4 pillihan utama, 2 RGB header maupun 2 ARGB header.

Spesifikasi Inti A520 AORUS Elite
CPU AMD Socket AM4, support for: 3rd Generation AMD Ryzen™ processor
Chipset AMD A520
Memory 4 x DDR4 DIMM sockets supporting up to 128 GB (32 GB single DIMM capacity) DDR4 4733 Mhz (OC)
Audio Realtek® ALC887 codec
LAN Realtek® GbE LAN chip (1000 Mbit/100 Mbit)
Expansion Slots 1 x PCI Express x16 slot, supporting PCIe 3.0 and running at x16
2 x PCI Express x1 slots, supporting PCIe 3.0 (PCIEX1_1, PCIEX1_2)
Storage Interface 1 x M.2 connector (Socket 3, M key, type 2242/2260/2280 SATA and PCIe 3.0 x4/x2 SSD support)
4 x SATA 6Gb/s connectors
USB 4 x USB 3.2 Gen 1 ports on the back panel
2 x USB 3.2 Gen 1 ports available through the internal USB header
4 x USB 2.0/1.1 ports (2 ports on the back panel, 2 ports available through the internal USB header)
Back Panel Connectors 1 x DVI-D port
1 x HDMI port
4 x USB 3.2 Gen 1 ports
2 x USB 2.0/1.1 ports
1 x RJ-45 port
3 x audio jacks
Form Factor Micro ATX Form Factor; 24.4cm x 24.4cm
Harga Rp1.799.000

Dukungan Memori & Konektivitas

Mobo ini memiliki 4 slot RAM yang bisa ngedukung speed memori up to DDR4 4733 lewat OC maupun dukungan Extreme Memory Profile dengan arsitektur dual channel arsitektur. Cuman perlu dicatet nih, terkadang pilihan memori enggak boleh sembarangan, jadi kompabilitas agak sedikit memilih. Meskipun kalo pake memori populer, kayaknya enggak akan ada masalah sih.

A520M AORUS Elite

Kalo konektivitas, pilihan default hadir pada konektivitas secara kabel lewat Realtek gigabit LAN. Sangat mencukupi, apalagi buat konektivitas cepat hari ini maupun kegiatan gaming secara online. Sedangkan buat port USB, ada total 8 port yang tersedia pada A520M AORUS Elite ini, termasuk 4 port USB 3.2 Gen 1 dan dua port USB 2.0 dibagian back panel, dan dua untuk front panel antara USB 3.2 gen 1 header maupun USB 2.0 header. Dukungan port PS2 juga masih ada, termasuk konektivitas buat display antara HDMI maupun DVI.

A520M AORUS Elite

Dukungan Storage & Audio

4 port SATA tersedia pada mobo ini, yang tentu aja mencukupi. Disisi lain, kalian juga bisa masang storage M.2, termasuk dukungan SSD NVMe yang kenceng dalam performa, meskipun cuman satu aja yang bisa kalian pasang.

A520M AORUS Elite

Audio yang ditawarin juga cukup nyenengin, dimana mobo ini nawarin Realtek ALC887 codec yang sebenernya dukung audio chanel 7.1. Tapi, kalian perlu ngatur terlebih dahulu lewat windows audio setting à Device advanced settings > Playback Device. Sebenernya kita harap banyak, tapi kayaknya produsen enggak ngasih banyak fitur mewah, termasuk buat audio buat jaga harga tetep bisa dibawah 2 jutaan.

A520M AORUS Elite

Bios & Software

Bios selalu jadi hal yang berharga kalo ngomongin mobo Gigabyte. Kemudahan jadi salah satu alasannya, meskipun preferensi setiap orang tentang interface yang ditawarin bisa beda-beda sih. Tapi, stabilitas sistem bisa dicapai dengan mudah, bahkan fitur OC berlaku pada mobo ini.

A520M AORUS Elite

Contoh, ketika kami pake Ryzen 5 3500X yang sepenuhnya terbuka buat OC, itu bisa dilakukan pada A520M AORUS Elite dengan percobaan pertama hingga 4.0Ghz dengan voltase rendah cuman 1.25 volt. Nyatanya, stabilitas dengan speed 4.0 Ghz tetap berjalan dengan lancar tanpa kendala sama sekali, baik saat browsing, editing atau bahkan gaming.

A520M AORUS Elite

Disisi lain, beberapa detail informasi penting pada bios juga bisa ngasih manfaat extra, seperti detail informasi storage maupun RAM. Kalian juga bisa ngelakuin OC memori, meskipun selalu ada tantangan tersendiri buat ngatur timing yg tepat.

Bagaimana dengan dukungan software? Gigabyte App Center tentu aja jadi pilihan istimewa yang bisa kalian gunakan pada mobo ini. Kalian bisa ngatur banyak hal, meskipun mobo ini enggak bawa pilihan mewah, cuman dukungan RGB fusion aja sih yang bisa kalian instal lewat App center.

A520M AORUS Elite

Kadang, itu cukup mengecewakan. Tapi ada keterbatasan buat seri A520, bahkan untuk pilihan premium sekalipun. Cuman setidaknya apa yang ditawarin mobo ini udah sangat istimewa, dan itu berlaku buat software bawaan maupun fitur bios yang dihadirkan.

Kesimpulan

Bagaimana sejauh ini? Harga jadi kendala tersendiri, dimana kalian perlu rogoh kocek cukup dalam hingga 1.7 jutaan. Padahal, ada pilihan mobo yang lebih seru, baik dari Gigabyte sendiri maupun dari merk lain. Contohnya, jika kalian pengen fitur OC yang lebih solid, pilihan mobo B450 masih berlaku, meskipun keterbatasannya adalah dukungan prosesor terbaru kayaknya enggak kompatibel.

Kalo kalian nyari estetika lebih, seri mobo lain pada harga tersebut juga udah ada, contohnya B450 steel legend yang nyatanya punya hal jauh lebih menarik buat ditawarin. Meskipun speed memori masih terbatas.

A520M AORUS Elite

Spek juga enggak terlalu heboh, meskipun fitur OC jadi nilai istimewa tersendiri jika dibanding mobo A520 lainnya. Itu juga termasuk 4 slot memori yang luas, maupun kemudahan pada bios yang dibawa.

Tapi, kalo secara utuh sih masih bisa buat rekomendasi, terlebih lagi kalo kalian pengen pilihan AORUS pada harga yang lebih ehm “terjangkau”. Image brand ini pasti udah melekat sebagai salah satu merk populer yang punya wibawa tersendiri. Kualitas yang dibawa juga bisa berharga, bahkan kami rasa jadi salah satu pilihan solid buat urusan tersebut.

Jadi, overall sih Gigabyte A520M AORUS Elite bisa cukup dipertimbangin buat kalian, dengan catatan kalian enggak keberatan dengan harga yang ditawarin. Ada banyak hal menarik, yang bahkan belum kita bongkar lebih dalam. Disisi lain, mobo ini enggak banget kalo kalian punya budget sangat minim, atau pengen fitur yang lebih seru.

Nah, itu dia ulasan singkat kami tentang Gigabyte A520M AORUS Elite. Yang pasti sih, dari apa yang telah kita ungkap sejauh ini, semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat