- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

Intel Luncurkan Prosesor Core i3-10100F, Lebih Banyak Pilihan CPU Murah Siap Menanti

Pilihan prosesor baru Intel kini telah hadir dengan nilai harga jauh lebih murah. Dan itu berlaku buat seri Core i3-10100F yang memiliki potongan harga hingga hampir seperempat dari dari SRP yang ditawarkan jika dibanding seri Core i3-10100 non F.

Itu bisa jadi pertanda yang sangat positif buat PC Builder yang berencana akan membangun rakitan pc dengan budget terbatas. Terlebih lagi, prosesor Intel 10th gen ini menawarkan kinerja tinggi, apalagi buat urusan gaming.

Baca juga : Intel Luncurkan Prosesor Baru Tiger Lake Dengan Kekuatan iGPU Xe Series

Meskipun harga belum datang dalam rupiah, namun pada halaman ARK Intel untuk chip ini memberi label harga $ 79- $ 97 (per chip dalam jumlah 1.000 unit). Kalo kita ambil nilai paling tinggi misal 97$, maka kisaran prosesor ini akan berada di level 1.4 jutaan. Itu bisa lebih tinggi, atau bisa lebih murah tergantung SRP yang nantinya benar-benar resmi hadir.

Spesifikasi Inti Intel® Core™ i3-10100F
Product Collection 10th Generation Intel® Core™ i3 Processors
Code Name Comet Lake
Lithography 14 nm
# of Cores 4
# of Threads 8
Processor Base Frequency 3.60 GHz
Max Turbo Frequency 4.30 GHz
Cache 6 MB Intel® Smart Cache
Bus Speed 8 GT/s
Intel® Turbo Boost Technology 2.0 Frequency‡ 4.30 GHz
TDP 65 W
Max Memory Size (dependent on memory type) 128 GB
Memory Types DDR4-2666
Max # of Memory Channels 2
Sockets Supported FCLGA1200
Thermal Solution Specification PCG 2015C
Intel® Optane™ Memory Supported ‡ Yes
Intel® Turbo Boost Technology ‡ 2.0
Intel® Hyper-Threading Technology ‡ Yes

Pilihan spesifikasi mungkin masih sama, seperti 4-core / 8-thread, clockspeed dasar 3.6Ghz, max boost clock up to 4.3Ghz dengan dukungan Intel Turbo Boost 2.0 dan Smart Cache 6MB. Sedangkan apa yang membedakannya adalah ketiadaan iGPU bawaan. Itu berarti kalian butuh kartu grafis terpisah untuk bisa memakai prosesor ini.

Masih didasarkan mikroarsitektur “Comet Lake-S” Generasi ke-10, prosesor ini mendukung memori DDR4-2667, dan 65 W TDP. Paket ritelnya mencakup solusi pendinginan, dan tentu saja kompatibel dengan semua motherboard Socket LGA1200.

Belum ada informasi detail mengenai ketersediaan secara global, khususnya di negara kita. Semoga saja tidak lama.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat