AMD Ryzen 5 3600XT Review : Kenceng Tapi Butuh CPU Cooler Yang Lebih Nendang

AMD kini punya banyak pilihan seru buat urusan desktop Prosesor, dimana kehadiran jajaran Ryzen XT series bisa melengkapi kebutuhan pengguna yang menginginkan kinerja jauh lebih efektif dengan clockspeed maupun ruang OC yang jauh lebih tinggi. Dan ketika kalian sedang nyari pilihan solid pada budget yang pas, Ryzen 5 3600XT kayaknya bisa banget sebagai pertimbangan utama kalian.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin tuh prosesor? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Intel Core i9-10900K Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

AMD Ryzen 5 3600XT Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Sebulan kemarin, atau tepatnya 16 Juni 2020, Jajaran prosesor terbaru Ryzen XT series diumumkan. Ada 3 pilihan yang disiapkan AMD untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna, namun apa yang jadi magnet utama jajaran prosesor ini adalah max boost clock yang lebih tinggi.

MODEL CORES/THREADS BOOST/ BASE FREQUENCY (GHZ) TOTAL CACHE (MB) TDP (WATTS) Platform Harga (Rupiah)
AMD Ryzen 9 3900XT 12C/24T Up to 4.7/3.8 70 105 AM4 Rp7.999.000
AMD Ryzen 7 3800XT 8C/16T Up to 4.7/3.9 36 105 AM4 Rp6.099.000
AMD Ryzen 5 3600XT 6C/12T Up to 4.5/3.8 35 95 AM4 Rp3.899.000

Sisa pilihan spesifikasi lain masih terhitung sama, meskipun AMD mengisyaratkan bahwa ruang OC lebih tinggi juga jadi sajian extra lain yang bisa memenuhi Hasrat enthusiast yang menginginkan performa lebih nendang.

Nah, dari 3 seri yang udah dirilis, Ryzen 5 3600XT bisa jadi solusi ideal pengguna yang menginginkan performa jauh lebih solid pada harga yang lebih terjangkau. Karena dengan nilai sekitar 3.8 jutaan, prosesor ini siap dobrak kinerja baru dalam evolusi positif yang selama ini dibawa jajaran prosesor Ryzen series.

AMD Ryzen 5 3600XT

Spesifikasi yang hadir mungkin masih bisa dibilang hampir sama dengan seri Ryzen 5 3600X, seperti 6 Core dan 12 Threads, L3 Cache 32MB, dukungan memori default hingga DDR4 3200Mhz, 3.8Ghz base clock, nilai TDP 95W dan dibalut dalam proses manufaktur 7nm. Apa yang membedakannya adalah max Boost clock, dimana seri XT memiliki pilihan sedikit lebih tinggi dibanding seri X biasa hingga 4.5Ghz, terpaut 100Mhz (4.4Ghz untuk seri 3600X).

Spesifikasi Inti AMD Ryzen 5 3600Xt
# of CPU Cores 6
# of Threads 12
Base Clock 3.8GHz
Max Boost Clock Up to 4.5GHz
Total L2 Cache 3MB
Total L3 Cache 32MB
Unlocked Yes
CMOS TSMC 7nm FinFET
Package AM4
PCI Express® Version PCIe 4.0
Default TDP / TDP 95W
System Memory Specification 3200MHz DDR4
Harga Rp3.899.000

Melihat spesifikasi yang dihadirkan terkadang bisa memunculkan pertanyaan, adakah perbedaan yang hadir sangat berarti dalam hal kinerja? Terlebih lagi ini hanya menawarkan peningkatan spesifikasi dalam max boost clock hingga 100Mhz aja? Menurut kami, ada potensi besar yang bisa dibawa prosesor ini, khususnya dalam hal overclocking yang lebih luas, bahkan kami mencoba hingga 4.8Ghz (all core) dengan mudah tanpa banyak hambatan berarti.

AMD Ryzen 5 3600XT

Hasilnya, kinerja bisa sangat tinggi, bahkan bisa ngelebihin harapan kalian jika dibanding stock speed. Cuman, clockspeed tinggi berarti kalian butuh CPU Cooler yang jauh efektif. Di situs resmi sendiri dinyatakan bahwa dalam label spesifikasi itu tidak mencantumkan stock cooler yang biasa dibawa pada prosesor, meskipun kenyataannya kalian udah mendapatkan CPU Cooler bawaan saat membelinya.

Disinilah, menurut kami memakai pilihan stock cooler bawaan belum bisa memaksimalkan potensi besar yang bisa dibawa tuh prosesor. Kehadiran CPU Cooler ketiga wajib sebagai pilihan utama, apalagi jika kalian bisa mendapatkan pilihan terbaik yang udah ada dipasaran hari ini. Meskipun, itu tentu bakal ngeluarin anggaran extra.

AMD Ryzen 5 3600XT

Hanya saja, kalian pada dasarnya masih bisa memakai stock cooler default, termasuk OC. Kami bisa mendobraknya pada OC 4.5Ghz tanpa banyak kendala dengan CPU Cooler bawaan prosesor. Cuman suhu agak riskan, bahkan saat idle sekalipun, apalagi saat bekerja penuh.

Kinerja

Bagaimana dengan kinerjanya? Performa yang ditawarkan pada pilihan default seperti stock speed bawaan tanpa mengubah banyak hal kami rasa hampir sama dengan apa yang bisa ditawarkan seri Ryzen 5 3600X, meskipun ada peningkatan yang cukup signifikan dalam hal single-core.

Cinebench R20

Contoh nyatanya pada Cinebench R20, dimana pada speed default, Ryzen 5 3600XT hanya memiliki perbedaan kinerja sekitar 1.7% lebih baik dibanding 3600X standar, khususnya untuk performa multi-core, meskipun saat OC berlaku, itu bisa memberikan nilai signifikan dengan perbedaan hingga 10%.

AMD Ryzen 5 3600XT

Namun, kinerja single Core bisa lebih superior dengan skor 505, dan selisih semakin tinggi saat OC 4.5Ghz berlaku dengan perbedaan sekitar 6.5%.

AMD Ryzen 5 3600XT

Blender 2.83 (BMW27)

AMD Ryzen 5 3600XT

Rendering video bisa berlaku efektif juga buat prosesor ini, dimana pada tes blender prosesor ini memberikan skor tinggi diantara jajaran prosesor yang udah kami coba pada kelas yang sama (atau hampir sama) untuk segmen midrange. Secara utuh, stock default sudah memberikan perbedaan berarti dengan menghabiskan waktu hingga 265 detik (berbanding sangat tipis), dan OC membuatnya lebih efektif dan jauh lebih cepat dengan perbedaan hingga 31%.

Winrar

AMD Ryzen 5 3600XT

Proses kompresi data tentu jadi bagian dari kegiatan banyak pengguna lewat PC, dan itu bisa semakin efektif jika kalian memakai prosesor yang handal seperti Ryzen 5 3600XT. Meski enggak terlalu memberikan kinerja dengan perbedaan besar pada stock speed, namun OC juga membuatnya jauh lebih baik dengan perbedaan hingga 12% jauh lebih baik.

PugetBench Adobe Premier Pro

Tolak ukur PugetBench khususnya untuk versi Adobe Premier Pro juga setidaknya bisa menunjukan seberapa efektif prosesor bisa memberikan kinerja terbaiknya kegiatan editing bagi pengguna, khususnya untuk editing Video. Semakin besar skor yang dihasilkan, at least itu bisa menjadi awal yang positif.

AMD Ryzen 5 3600XT

Ryzen 5 3600XT nyatanya bisa juga berlaku efektif buat kegiatan editing dengan skor tertinggi, apalagi saat OC berlaku, khususnya saat memakai standar media.

Performa Gaming

Bagaimana dengan kegiatan gaming? Actually, kami sangat terkejut dengan hasil positif yang didapatkan prosesor ini, bahkan bisa memukul Intel seri Core i5-9600KF yang sebelumnya jadi pilihan terbaik kami untuk gaming pada kelas mid-range dengan perbedaan tinggi. Bahkan saat 3600XT belum di OC pun sudah bisa menghadirkan Fps tinggi. Artinya bahwa ketika Intel masih menguasai segmen ini, kehadiran seri XT bisa mengubah pandangan konsumen dengan performa yang bahkan saat kami tes jauh lebih unggul

Shadow Of The Tomb Raider

AMD Ryzen 5 3600XT

Contoh, di Shadow Of The Tomb Raider, nilai Fps rata-rata berada di 107 Fps dan hingga 112 saat OC 4.5Ghz berlaku. Ketika sebelumnya masih dikuasai Core i5-9600KF dengan Fps rata-rata hingga 105, kini AMD punya taring tersendiri yang bisa mengubah pandangan banyak orang.

Ghost Recon : Breakpoint

AMD Ryzen 5 3600XT

Ghost Recon : Breakpoint juga ternyata suka sekali dengan Ryzen 5 3600XT yang punya clockspeed tinggi, apalagi saat OC 4.5Ghz berlaku. Nyatanya, prosesor ini berhasil membukukan diri sebagai CPU gaming handal dengan Fps rata-rata hingga 104, dan nilai positif semakin baik untuk OC dengan Fps rata-rata bisa mencapai 107.

Suhu & Konsumsi Daya

Gimana hingga sejauh ini? Cukup seru bukan. Tapi, sayangnya itu tidak berlaku buat urusan suhu,. Menurut kami, kehadiran CPU Cooler default enggak terlalu efektif buat jaga suhu tetap dalam kondisi terbaiknya saat sedang bekerja tinggi, apalagi saat OC berlaku.

AMD Ryzen 5 3600XT

Gaming mungkin masih aman buat stock default dengan suhu rata-rata hingga 79° celcius, namun itu enggak berlaku saat semua Core bekerja dengan suhu rata-rata bisa mencapai diatas 90° Celcius. Buat OC malah bisa sampai 100° celcius, dan itu pastinya enggak bakalan nyaman untuk dilalui.

AMD Ryzen 5 3600XT

Disisi lain, konsumsi daya masih relatif aman sih, meskipun ada peningkatan sekitar 8% dibanding 3600X, dan pastinya semakin tinggi ketika Overclock berlaku. Tapi, kami piker wajar sih ada peningkatan, terlebih lagi AMD memberikan ruang OC yang lebih besar.

Kesimpulan

Suka atau enggak, Ryzen 5 3600XT punya banyak hal seru buat kalian pertimbangkan sebagai pilihan prosesor midrange hebat pada harga yang lebih pantas. Ketika sebelumnya AMD unggul dalam hal kinerja multi-thread, seri ini melengkapi kinerja gaming yang jauh lebih superior. Hal terbaiknya, ruang OC punya potensi yang jauh lebih tinggi, malah bisa dobrak kinerja lebih positif buat segala hal yang kalian lemparkan pada tuh prosesor.

Cuman, perlu dicatat nih, clockspeed tinggi berarti butuh pengorbanan besar, dimana suhu jadi sangat riskan, khususnya saat OC berlaku. Kalian pastinya butuh CPU Cooler yang lebih besar buat nahan laju performa tinggi yang ditawarkan 3600XT, dan stock cooler belum bisa memaksimalkan potensi kinerja prosesor ini.

Jadi, saran kita sih sebelum membeli, sebaiknya siapkan pendingin terbaik yang udah ada dipasaran hari ini, minimal AIO 240 lah atau Air Cooler dengan heatsink terbesar yang bisa dibawa kedalam casing. Konsumsi daya juga meningkat, meskipun enggak terlalu signifikan dan masih dalam hitungan aman. Setidaknya, dua hal ini merupakan minus terbesar yang dibawa Ryzen 5 3600XT, meskipun kalian bisa atasinya dengan kehadiran pendingin ketiga. Cuman, itu tentu butuh anggaran extra.

AMD Ryzen 5 3600XT

Hingga pada akhirnya, AMD Ryzen 5 3600XT tentu bisa banget kita rekomendasikan sebagai salah satu prosesor desktop handal dengan kinerja single-core yang tinggi, ruang OC yang lebih luas, bahkan kalian bisa dengan mudah overclock prosesor hingga 4.5Ghz tanpa banyak kendala, atau bahkan lebih besar jika kalian punya pendingin CPU yang lebih baik.

Cuman jika kalian pengen masih ngandelin pilihan default, kami rasa sayang juga sih, terlebih lagi performa default enggak memberikan kinerja yang signifikan jika dibanding 3600X yang punya harga lebih murah. Jadi, ketika 3600XT bakal jadi pilihan utama kalian, maka kalian wajib siapin budget extra buat membeli CPU Cooler yang lebih baik.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts