- Gaming Gear, Hardware, Laptop, Prosesor

Intel “Comet Lake-H” Generasi ke-10 : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Kita sudah banyak berbicara mengenai laptop gaming “anyar” yang membawa kekuatan baru dari Intel generasi ke-10 H Series “Comet Lake-H”. Ada beberapa pertanyaan yang seringkali muncul, potensi hebat apa sih yang bisa ditawarkan pada jajaran prosesor terbaru Intel tersebut?

Untuk lebih detailnya, mari kita ungkap apa yang kami tahu sejauh ini tentang Intel “Comet Lake-H”  generasi ke-10 yang akan menjadi penantang serius bagi AMD Ryzen 4000.

Baca juga : Gigabyte Refresh Laptop Gaming AORUS & AERO, Intel 10th Gen H Series & RTX SUPER Siap Beraksi

Intel “Comet Lake-H” Generasi ke-10 : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

3 hari yang lalu, atau tepatnya 2 April 2020, Intel resmi merilis prosesor mobile terbaru H series generasi ke-10 “Comet Lake-H” dan menjadi pengganti yang ideal dari “Coffee Lake-H” generasi ke-9. Dan apa yang kami lihat saat pengumuman penting ini, jajaran prosesor tersebut lebih memiliki fokus pada kecepatan clock pada titik harga tertentu, bersamaan dengan pengenalan teknologi Turbo Boost Max 3.0.

Bahkan, Empat dari enam SKU yang dihadirkan bisa mencapai angka frekuensi besar hingga 5,0 GHz, dan itu bisa dibilang sebagai sesuatu yang revolusioner pada prosesor mobile. Nah, bicara mengenai pilihan, 6 CPU siap beraksi dan bisa disesuaikan dengan apa yang menarik bagi konsumen modern, baik gamer maupun pembuat konten, bahkan bisa berlaku untuk kasual juga.

Comet Lake-H

Keluarga Core i5 terdiri dari chip 4-core / 8-thread. Jajaran Core i7 terdiri dari dua bagian 6-core / 12-thread, dan satu bagian 8-core / 16-thread. Sedangkan SKU Core i9 merupakan pilihan tertinggi dengan kekuatan 8-core / 16-thread, dengan kecepatan clock lebih besar dan pengganda clock-dasar sepenuhnya tidaak terkunci. Prosesor “Comet Lake-H” dibangun di atas proses 14 nm, dan memiliki CPU IPC yang identik dengan “Skylake.”

Intel sendiri membawa janji bahwa kehadiran keluarga prosesor mobile Core “Comet Lake-H” generasi ke-10 akan membawa kinerja tingkat desktop premium ke faktor bentuk notebook konvensional, termasuk beberapa yang berbatasan dengan faktor bentuk tipis dan ringan (di bawah ketebalan 2 cm).

Sehingga, Laptop terbaru berkekuatan prosesor Intel H Series tersebut kini dirancang tidak hanya untuk game yang serius dan karya kreatif, tetapi juga untuk penggemar PC yang ingin berusaha mendobrak batas overclock prosesor melalui laptop. Sedangkan untuk gamer, Intel memandu mitra notebook-nya untuk membuat desain baru dengan refresh rate tinggi dan display DisplayHDR 1000. Perusahaan juga menyediakan OEM dengan dukungan teknik untuk merancang solusi pendinginan mereka dengan lebih baik untuk prosesor ini.

Line Up

1. Intel Core i5 10th Gen Comet Lake-H Series

Untuk “kasta” terendah pada barisan prosesor Intel terbaru ini, seri Core i5 sebenernya masih menjadi mesin handal untuk segala kegiatan modern pengguna. Bahkan, potensi kinerja bisa lebih baik berkat peningkatan clockspeed, dengan dua pilihan SKU yang bisa diandalkan, yaitu Core i5-10300H dan i5-10400H.

Kedua prosesor ini sama-sama memiliki kekuatan 4-core / 8-thread dengan 8 MB cache L3. I5-10300H memiliki clock speed dasar 2.50 GHz dengan 4.50 GHz boost; sedangkan i5-10400H berdetak 100 MHz lebih cepat hingga 4.6Ghz. Dukungan memori juga kini bisa dicapai hingga DDR4 2933 dual channel dengan nilai TDP sama-sama dipatok hingga 45W.

2. Intel Core i7 10th Gen Comet Lake-H Series

Untuk seri yang lebih tinggi dibanding Core i5,  Intel Core i7 hadir dengan pilihan tiga SKU, termasuk Core i7-10750H dan i7-10850H yang membawa kekuatan 6-core / 12-thread dengan cache L3 12 MB; dan i7-10875H yang bisa menjadi pilihan istimewa dengan kekuatan 8-core / 16-thread dengan 16 MB L3 cache. I7-10750H memiliki clock 2.60 GHz dengan max boost clock besar hingga 5.00 GHz; sedangkan i7-10850H beroperasi pada 2,70 GHz dengan max boost clock hingga  5,10 GHz.

Comet Lake-H

Menurut Produsen, Intel Core i7-10850H memiliki fitur “terbuka sebagian,” di mana kalian dapat melakukan overclock secara manual hingga empat “bins” (nilai base clock multiplier, mis., Hingga 400-ish MHz). Sehingga, selain memiliki kekuatan jauh lebih besar hingga 8 Core, fitur yang separuhnya tidak terkunci juga jadi sesuatu yang positif untuk didobrak lebih tinggi.

3. Intel Core i9 10th Gen Comet Lake-H Series

Nah, Intel Core i9-10980HK merupakan pemimpin utama dengan paket besar pada seri terbaru produsen. Dengan clock speed dasar pada 2,40 GHz dan max boost clock hingga 5,30 GHz dan fitur OC yang sepenuhnya terbuka tentu menjadi mesin hebat untuk dukungan besar pengguna enthusiast. Bahkan, selain memiliki dukungan untuk Extreme Tuning Utility (XTU), Intel juga memperkenalkan alat baru yang menyederhanakan overclocking dimana mereka menyebutnya sebagai Speed ​​Optimizer.

Disamping itu, produsen juga membawa peningkatan berarti pada barisan prosesor 10th Gen Comet Lake-H Series ini, termasuk dukungan memori DDR4-2933 hingga 128 GB Dual channel. Di sisi platform hal, tidak banyak yang berubah. Chipset HM470 adalah logika pilihan utama. Dikombinasikan dengan 16 PCIe gen 3.0 lane dari prosesor, chipset mengeluarkan 24 lane 3.0 gen sendiri, dengan total 40 pada platform.

Hal ini memungkinkan notebook memiliki beberapa slot NVM M.2, lebih dari satu port Thunderbolt 3, dan perangkat onboard yang haus bandwidth lainnya. Intel menstandarisasi dukungan 802.11ax Wi-Fi 6 (gig +) menggunakan kartu WLAN AX201 baru perusahaan. Beberapa notebook bahkan dapat menampilkan jaringan kabel 2,5 GbE.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat