- Hardware, Kartu Grafis, Technology

AMD FidelityFX : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Bermain game tentu sangat menyenangkan, apalagi jika game tersebut menawarkan tingkat visual yang jauh lebih menarik. Hal tersebut berlaku untuk Ghost Recon Breakpoint, game yang masih terhitung segar dengan banyak fitur seru selain sajian gameplay yang layak banget untuk dimainkan. Nah, salah satu fitur yang enggak kalah kerennya pada game ini adalah dukungan FidelityFX, teknologi khusus yang bisa menyempurnakan pengalaman visual dalam game jauh lebih mengesankan.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan teknologi tersebut? simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Baca juga : Buyer’s Guide : 3 Pilihan Monitor Gaming AORUS Yang Worth Banget Untuk Dipertimbangkan

AMD FidelityFX : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Inti dari AMD FidelityFX sendiri merupakan sebuah filter hardware-agnostic tajam yang dinamis, dimana kehadiran teknologi ini akan meningkatkan detail pada area-area low-contrast untuk peningkatan signifikan pada kejelasan gambar, menghadirkan gambar yang terasa lebih jelas setelah pemrosesan gambar dengan performa overhead minimum.

Inilah yang bisa menjadi nilai istimewa para pemilik kartu grafis Radeon series, meskipun hanya berlaku untuk seri 400 ke atas. Terlebih lagi, selain bisa memberikan nilai visual yang lebih baik, performa yang ditawarkan juga masih cukup solid. Artinya bahwa tidak ada penurunan framerates yang cukup signifikan, meskipun itu bisa aja berbeda dari pengalaman setiap pengguna.

Cuman, tidak semua game mendukung fitur FidelityFX dan baru beberapa game tertentu saja, salah satunya adalah Ghost Recon Breakpoint. Nah, untuk membuktikan bagaimana nilai visual yang ditawarkan melalui FidelityFX bisa berharga untuk memberikan pengalaman terbaik, kali ini kami akan coba memperlihatkan kepada kalian melalui ASUS ROG Strix RX 5600 XT seri terbaru yang memiliki banyak arti menawan untuk sebuah kartu grafis.

AMD FidelityFX

Ketika sisi visual Ghost Recon Breakpoint benar-benar mengesankan, kehadiran FidelityFX tampaknya bisa menyempurnakan nilai tersebut lebih positif. Ketajaman visual seperti detail gambar terlihat jelas saat teknologi ini diaktifkan sepenuhnya.

AMD FidelityFX

Kalian bahkan bisa melihat perbedaan nyata melalui gambar di bawah ini saat FidelityFX aktif dan tidak aktif.

Kalian juga bisa mengatur intensitas ketajaman hingga nilai 100 dan lihat bagaimana sajian visual bisa terasa jauh lebih menarik dibanding saat fitur ini tidak aktif. Disamping itu, FidelityFX juga bisa menjadi contoh sempurna untuk mengatasi masalah blur yang tentu sering kita lihat pada banyak game modern hari ini.

Kemudian pertanyaan lain muncul, apakah teknologi ini bisa mengurangi kadar Fps dibanding saat FidelityFX tidak aktif. Kami mencobanya beberapa kali, dan jawabannya iya. Tapi, penurunan kinerja hanya berkurang beberapa Fps dan sebenarnya tidak sangat signifikan mengurangi performa, bahkan tidak akan mempengarungi pengalaman bermain game secara keseluruhan.

AMD FidelityFX

Contohnya, ketika Radeon RX 5600 XT yang kami pakai di resolusi 1080p, pengaturan Ultra dan FidelityFX tidak aktif mampu memberikan nilai Fps rata-rata hingga 61, saat fitur tersebut aktif dengan pengaturan yang sama, nilai Fps rata-rata masih solid dengan Fps rata-rata hingga 59. Setidaknya, ini bisa memberikan keyakinan kalian saat ingin berencana untuk mengaktifkan fitur ini tanpa rasa khawatir performa akan turun.

Kesimpulan

Dukungan teknologi AMD FidelityFX pada Ghost Recon Breakpoint tentu akan membawa sajian istimewa lainya bagi pemilik kartu grafis Radeon series untuk menyempurnakan pengalaman bermain dengan nilai visual yang jauh lebih mengesankan, bahkan gambar bisa terasa sangat tajam.

Disamping itu, FidelityFX nyatanya bisa menjadi alat penyempurna untuk mengatasi masalah blur yang selalu ada, bahkan untuk game modern hari ini. FidelityFX itu sendiri bisa dibilang sebagai alat “Contrast-Adaptive Sharpening” dari AMD yang dirancang untuk mempertajam gambar kapan pun tanpa mengurangi kinerja grafis secara signifikan. Ini membantu untuk mencegah masalah kelebihan dan kekurangan, memberikan pengembang pendekatan yang seimbang untuk penajaman gambar pasca-proses.

Hingga pada akhirnya, sajian berharga pemilik kartu grafis AMD Radeon (atau mereka yang berencana untuk membelinya) adalah dukungan banyak teknologi istimewa, termasuk FidelityFX yang kini hadir pada game besar sekelas Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint.

Setidaknya ini bisa memberikan keyakinan positif bagi AMD untuk membawa fitur istimewa ini dalam upaya menarik lebih banyak pelanggan ke sisi mereka, meskipun kita juga enggak memungkiri bahwa FidelityFX tidak spesifik untuk AMD, karena mereka juga telah membuka kesempatan teknologi ini agar bisa bekerja pada kartu grafis selain Radeon, seperti dari Tim Hijau melalui GeForce Series.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat