- Hardware, Laptop

Lenovo Ideapad C340-14API Review : 7.8 Jutaan, Fleksibilitas & Kinerja Yang Nyenengin

Laptop 2-in-1 bisa memberikan banyak hal yang sangat menyenangkan buat kalian lewat fitur multi-fungsi yang serba bisa. Nah, ketika kalian sedang mencari salah satu pilihan seru dengan budget cukup sekitar 8 jutaan, maka Lenovo Ideapad C340-14API tentu bisa layak banget buat kalian pertimbangin. Bentuk desain yang bersih, enggak ribet dalam penggunaan dan dukung beberapa fitur canggih bisa jadi salah satu sisi unggulan C340.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin laptop 2-in-1 tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ACER Swift 3 SF314-41G Review : Laptop Murah 7 Jutaan, Banyak Fitur Seru (AMD Ryzen 5 2nd Gen Inside)

Lenovo Ideapad C340-14API 2-in-1 laptop Review : Apa Yang Kami Tahu sejauh ini

Laptop 2-in-1 biasanya ideal banget buat kalian yang menginginkan sebuah perangkat multi-fungsi dari sisi penggunaannya, seperti ketika halnya kalian pengen menggunakan tuh laptop layaknya gadget yang bisa disentuh di bagian layar. Disisi lain, laptop ini juga punya fitur extra dalam fleksibilitas seperti halnya perubahan fungsi layar.

Nah, dari sekian banyaknya pilihan laptop berjenis convertible, Lenovo punya produk menyenangkan dan cukup fresh buat kalian, terlebih lagi jika kalian punya budget agak ketat dan pengen nilai enggak dari fitur multi-fungsinya aja, namun juga performa ideal yang ditawarin, yaitu Ideapad C340.

Lenovo Ideapad C340

Laptop ini bisa dibilang mewakili kelas kasual yang suka berkreatifitas dalam hal apapun yang kalian lakukan, namun butuh perangkat pendukung yang ideal banget untuk memulai. Disisi lain juga laptop ini juga punya nilai positif dalam desain yang bersih, keliatan enggak ribet dan bener-bener cukup berkelas dan siap tampil elegan saat kalian bawa tuh laptop di tempat umum.

Lenovo Ideapad C340

Laptop itu sendiri punya bobot cukup ringan sekitar 1,6Kg dan tingkat ketebalan sekitar 1.7cm. Itu tentu dukung mobilitas yang baik, meskipun ukuran layar 14” terkadang agak terlalu besar buat disimpen dalam tas atau dijinjing. Cuman, hal positifnya adalah ruang visual yang lebih besar, dimana kalian bisa berkreatifitas seolah tanpa batas.

Nah, berbicara tentang layar, display yang hadir punya ruang resolusi HD dengan panel TN sebagai pilihan utamanya. Layar yang hadir udah cukup ideal banget buat ngasi nilai visualitas nyenengin, meskipun agak terbatas dalam sudut pandang .

Disamping itu, layar yang hadir juga dukung fitur touchscreen, bahkan terasa cukup menyenangkan dimana kalian bisa lakukan banyak aktifitas hingga ke bagian ujung layar tanpa kendala. Artinya bahwa fitur touchscreen pada layar punya respon yang baik, dimana kalian bisa lakuin easy drag and drop atau berkreativitas tanpa harus khawatir layar enggak merespon dari apa yang kalian lakukan lewat jari jemari. Dan jangan khawatir juga kalian neken terlalu keras, karena lapisin pelindung kaca bisa berfungsi dengan baik, meskipun agak riskan juga sih kalo kalian jatuhin tuh laptop.

Sedangkan buat sisi fleksibilitas, laptop ini dukung banyak fungsi, seperti mode kasual, mode tent, atau bahkan kalian bisa lipat sepenuhnya tuh laptop pada posisi hingga 360 derajat. Intinya, lapop ini nawarin banyak fungsi nyenengin dan bisa kalian sesuain dengan apa yang kamu rasa nyaman buat penggunaan terbaik.

Fitur extra lainnya pada laptop ini adalah kehadiran sensor fingerprint, yang tentu aja bakal mudahin kalian buat login ke system, termasuk bawa sistem keamanan yang solid dan pengaturan mudah.

Konektivitas

Buat konektivitas, C340 ini bisa dibilang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian bersama perangkat extra, meskpun sajian penempatan terkadang agak kurang. Itu karena port USB standar hadir dibagian kanan aja, dan jumlah yang hadirpun sangat terbatas. Jadi jika kalian punya banyak perangkat, kalian tentu perlu penyambung extra buat Menuhin semua kebutuhan tersebut.

Cuman, pilihan port USB yang hadir udah lengkap, termasuk sebuah port USB Type C, Port USB 3.1 dengan sebuah USB yang bisa terus nyala, sehingga kalian bisa hubungin perangkat lain seperti charging, port HDMI, Card Reader dan Audio jack. Sedangkan buat konektivitas nirkabel, laptop ini pake WiFi modern 802.AC dan Bluetooth 4.2.

Keyboard & Touchpad

Buat urusan keyboard, Lenovo enggak bawa fitur istimewa, meskipun ini udah hadir dengan backlighting warna putih yang bisa ngasi manfaat buat penggunaan di ruang gelap, termasuk bawa estetika jauh lebih menyenangkan. Kegiatan pengetikan juga dirasa cukup, meskipun tombol terkadang agak keras dan dangkal, jadi agak kurang ideal juga buat pengetikan jangka Panjang. Cuman secara utuh ini udah bawa nilai cukup, enggak lebih maupun kurang.

Touchpad disisi lain juga hadir dengan tingkat responsive yang baik, termasuk juga dukung Gerakan tiga jari dan ruang yang cukup luas. Kalian bisa nempatin jari-jemari dimana aja, cuman buat penekanan klik agak terbatas dibagian bawah aja. Tapi secara umum touchpad yang hadir udah cukup lah, apalagi buat penggunaan kasual.

Audio

Sedangkan buat urusan Audio, Lenovo C340 nawarin kualitas audio dengan tingkat pengaturan bisa sangat tinggi, bahkan bisa ngisi ruang yang cukup luas. Cuman terkadang audio yang ditawarin punya berisik, dalam arti bahwa seolah ada suara yang bocor, apalagi ketika kalian boosting suara hingga volume tertinggi. Tapi, sekali lagi ini masih cukup baik dan bisa bawa suasana cukup ramai dalam ruang kecil ataupun sedikit besar sekalipun.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti Lenovo Ideapad C340-14API
Processor AMD Ryzen 3 3200U Processor (3.5GHz 4MB )
Operating System Windows 10 Home
Graphics Radeon Vega 3
Display Up to 14″ HD+ Touchscreen Display
Memory 8GB DDR4 2400Mhz
Storage 256G GB SSD SATA3
Audio 2 x 2 W speakers with Dolby Audio™
Keyboard Backlit keyboard
Dimensions (W x D x H) 328mm x 229mm x 17.9mm
Weight 1.65kg
WiFi/Bluetooth® 1 x 1 / 2 x 2 AC WiFi + Bluetooth 4.2
Ports Finger Print Sensor (Optional)
USB 3.1  x 2 (1 x always on)
USB-C
Card reader
HDMI™
Audio jack
Harga Rp7.749.000

Sedangkan buat spesifikasi inti, Lenovo C340 ini sebenernya punya beberapa pilihan konfigurasi, namun apa yang kami bawa bisa ngasi sesuatu yang fresh dengan kekuatan prosesor Ryzen 3 3200U yang cukup handal, enggak cuman buat tenaga komputasi sederhana aja, namun juga bisa berlaku lebih.

Lenovo Ideapad C340

Prosesor itu sendiri hadir dengan kekuatan dual core dan 4 threads, clockspeed up to 3.5 Ghz, L3 Cache 4MB  dan bawa nilai TDP default 15W. Seri ini bisa dibilang hemat daya, namun masih bisa memberikan kinerja handal, meskipun buat kegiatan kasual aja. Contohnya, pada cinebench R15, prosesor ini ngasi skor yang baik, yang berarti bisa ngasi kinerja multi-thread kasual yang lumayan nyenengin jika dibanding seri Intel Core i3 generasi lama.

Sedangkan buat grafis, Laptop ini bakal ngandalin Radeon Vega 3 yang sebenarnya juga terhitung sangat baik jika dibanding iGPU lainnya, bahkan bisa ngasi kinerja gaming cukup handal untuk gaming esport pada level 720p. Cuman, Radeon Vega 3 pastinya ngandelin memori sistem, jadi idealnya kalian perlu dual memori channel buat dongkrak kinerja lebih efektif.

Dan ngomongin tentang memori, Lenovo C340 itu sendiri bawa dukungan memori 8GB DDR4 2400Mhzz, meskipun laptop ini bisa diupgrade hingga 16GB dengan ketersediaan slot extra. Sayangnya kalian enggak bakalan dengan mudah upgrade memori, karena perlu proses yang cukup rumit kalo sendiri. Jadi, sebaiknya serahin aja ke service center buat urusan tersebut.

Terakhir dan bisa jadi penyempurna kinerja laptop ini adalah storage, dimana laptop ini hadir dengan pilihan storage SSD berkapasitas 512GB. Tentu, hadirnya SSD bakal ngasi kinerja sistem lebih cepat, cuman ini hadir dengan SSD kasual bukan tipe NVMe. SSD itu sendiri punya kinerja read read hingga 500mb per detik, dan write speed hingga 400MB perdetik. Cukup cepat, dan layak banget buat storage modern hari ini, apalagi kapasitas punya kapasitas besar.

Performa

Buat urusan performa PCMark 10 bisa mewakili kinerja sistem bagaimana hebatnya laptop ini secara keseluruhan, meskipun ini bukanlah tolak ukur yang memberikan hasil akhir. Cuman, setidaknya kita bisa liat bagaimana idealnya laptop melalui skor yang dihasilin, apalagi tes yang hadir juga bisa berkenaan dengan kegiatan sehari-hari kita.

Lenovo Ideapad C340

Dan ternyata, laptop ini punya skor yang sangat baik, bahkan bisa dibilang melebih skor rata-rata laptop kasual dengan spesifikasi yang hampir sama. Setidaknya  skor ini bisa nunjukin bahwa laptop ini bisa ngasi kinerja enggak cuman buat kegiatan sehari-hari aja, namun juga pembuatan konten, namun enggak terlalu menuntut juga.

Lenovo Ideapad C340

Sedangkan buat gaming, Lenovo C340 sebenarnya masih bisa ngasih kinerja gaming yang baik, cuman itu berlaku buat game ringan atau eSport yang enggak terlalu menuntut seperti Dota 2 ataupun CS : Go, itu pun di resolusi 720p pada pengaturan rendah atau medium. Jadi, enggak ideal banget buat game berat yang sangat menuntut.

Kinerja Baterai & Suhu

Buat urusan baterai, laptop ini pada dasarnya cukup baik buat dukung mobilitas jangka Panjang, dimana buat kinerja kasual ataupun beban yang enggak terlalu menuntut, Lenovo C340 mampu bertahan hingga 6.20 menit. Namun buat gaming, baterai berkurang jauh lebih drastis hingga 3.20 menit. Charging baterai pada laptop ini juga cukup cepat dimana itu butuh waktu sekitar 1.15 menit dari 0 sd 98%.

Lenovo Ideapad C340

Sedangkan buat urusan suhu, pada dasarnya Lenovo C340 bisa ngasi pendinginan yang baik, jika kalian make tuh laptop buat pekerjaan kasual, browsing ataupun hal-hal ringan lainnya. Namun kalo buat gaming, suhu sangat tinggi, bahkan bisa nyampe hingga diatas 80°celcius, dan itu pastinya enggak nyaman buat dilalui, apalagi sambal di charging, batere pasti akan cepet rusak.

Lenovo Ideapad C340

Kesimpulan

Lenovo Ideapad C340-14API punya sisi unggulan tersendiri sebagai convertible laptop yang menyenangkan, bentuk desain yang bersih, look yang kerasa berkelas, ringan dan dukung mobilitas yang cukup ideal. Kalian bisa make tuh laptop dengan bentuk sesuai dengan keinginan kalian, enggak ribet bahkan punya kekuatan cukup powerful enggak cuman buat kegiatan kasual aja, namun juga sesuatu yang menantang, meskipun agak terbatas juga.

Cuman sayangnya laptop ini punya penempatan port USB yang terbatas di bagian kanan, yang tentu aja agak ribet kalo kalian punya banyak perangka extra. Disamping itu kualitas audio juga enggak terlalu nyaman, apalagi jika kalian ngatur hingga volume tertinggi. Dan terakhir adalah suhu, khususnya jika kalian make tuh laptop buat maen game, apalagi sambal discharging, suhu bisa tinggi, bagian dek akan terasa cukup panas.

Tapi terlepas dari itu semua, dan jika kalian pada dasarnya pengen sebuah laptop 2-in-1 yang nyaman buat dilalui, berkreativitas ataupun kemudahan, maka Lenovo C340 pada dasarnya udah layak banget untuk kalian pertimbangin. Harga juga cukup terjangkau, dimana kalian cuman ngeluarin anggaran 8 jutaan pas. Nah, itu dia ulasan kita tentang Lenovo C340, semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat