- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

AMD Resmi Umumkan GPU RDNA Terbaru Yang Lebih Terjangkau, Radeon RX 5500 & RX 5500M

Kartu grafis AMD RDNA terbaru akhirnya resmi diumumkan, dimana pilihan utamanya adalah Radeon RX 5500 series, termasuk untuk segmen mobile yang biasa hadir pada pasar laptop, yaitu RX 5500M.

Ini bisa menjadi solusi seru lainnya yang ditawarkan tim merah bagi penggemar dengan budget ketat, apalagi seri ini masih didasarkan pada proses finfet 7nm yang terkenal memiliki konsumsi daya rendah plus kinerja handal.

Baca juga : Microsoft Surface 3 Laptop Resmi Diumumkan, AMD Ryzen 7 3850U Kekuatan Utamanya

Produsen sendiri menyebut bahwa seri ini mampu memberikan kinerja hebat untuk gaming di level 1080p, termasuk juga punya banyak fitur unggulan seperti Radeon™ Image Sharpening (RIS), AMD FidelityFX , Radeon™ Anti-Lag dan dukungan PCIe 4.0

Sedangkan untuk spesifikasi, Radeon RX 5500 dilengkapi dengan kekuatan hingga 8GB GDDR6 128-bit, jumlah Compute units 22, stream processor hingga 1408 dan clockspeed up to 1845Mhz. Sedangkan untuk seri RX 5500M, seri ini masih memiliki fitur yang sama dengan edisi desktop, meski memiliki pengurangan spesifikasi dalam jumlah VRAM hingga maksimum 4GB GDDR6 dan clockspeed maksimum yang lebih rendah.

Model Compute Units Stream Processors TFLOPS GDDR6 (GB) Game Clock (MHz) Boost Clock (MHz) Memory Interface
Radeon™ RX 5500M GPU 22 1,408 Up to 4.6 Up to 4GB Up to 1,448 Up to 1,645 128-bit
Radeon™ RX 5500 series 22 1,408 Up to 5.2 Up to 8GB Up to 1,717 Up to 1,845 128-bit

Cuman, kartu grafis terbaru AMD ini bisa menjadi kekuatan besar lainnya bagi penggemar yang menginginkan solusi GPU handal pada harga yang jauh lebih terjangkau. Meski, produsen belum mengeluarkan nilai kepastian harga, khususnya untuk segmen desktop.

“Kami merasa sangat luar biasa setelah melihat banyak respon terhadap arsitektur RDNA kami dari para gamer di seluruh dunia, dan sekarang kami membawa framerate, permainan dinamis, dan fitur-fitur terdepan tinggi yang samake dalam permainan 1080p dengan seri Radeon™ RX 5500,” kata Scott Herkelman, Corporate Vice President and General Manager, AMD Radeon Technologies Group.

Radeon RX 5500

“AMD berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman bermain menakjubkan bagi semua gamer di semua titik harga. Entah melawan si kembar Calypso di Borderlands 3,maupun bertarung untuk merebut kembali Auroa dalam Breakpoint Ghost Recon® Tom Clancy, Radeon™ RX 5500 series memungkinkan setiap pemain untuk sepenuhnya tenggelam dan kehilangan diri mereka dalam dunia yang indah dan rumit ini.”

Disamping itu, beberapa produsen laptop yang terkemuka juga bakal merilis edisi laptop terbaru yang memiliki kekuatan Radeon RX 5500M, meski kinerja secara utuh masih belum bisa dibandingkan dengan GPU manapun. Produsen hanya mengatakan bahwa RX 5500M bakal membawa kinerja yang jauh lebih seru untuk pengalaman gaming sempurna pada level 1080p, termasuk nilai harga yang lebih terjangkau.

Beberapa produsen sekelas Lenovo maupun MSI juga bakal memberikan pilihan laptop terbaru mereka. Sebagaimana apa yang diungkap oleh Johnson Jia, Senior Vice President and General Manager, Consumer Business of Intelligent Devices Group . ia mengatakan bahwa “Berdasarkan respon dan masukan dari para komunitas gaming global, para gamer memberikan peringkat bahwa kartu grafis adalah komponen paling penting untuk kecepatan dan performa,” Lanjutnya “Itulah sebabnya gaming tower Lenovo Legion™ T730 dan T530 serta desktop Gaming IdeaCentre™ T540 Gaming pada grafis AMD Radeon™ RX terbaru – memuaskan kebutuhan pemain akan visual dengan detail tinggi dan framerate cepat untuk sepenuhnya dibenamkan padapermainan mereka.”

Hal senada juga diungkap oleh Charles Chiang, CEO MSI , dimana ia mengatakan bahwa “MSI Alpha 15 adalah hal baru bagi kami, dan kami bangga untuk bermintra dengan AMD untuk menggabungkan terknologi 7nm terbaru yang adapada GPU Radeon™ RX 5500M dan DNA gaming MSI untuk para gamer kami,”

Ketersediaan

Produsen mengisyaratkan bahwa kartu grafis terbaru AMD ini bakal hadir pada awal November 2019. Sedangkan untuk pilihan mobile, beberapa produk sudah bakal tersedia menyediakan pilihan produk terbaru mereka yang membawa kekuatan Radeon RX 5500M, termasuk laptop MSI Alpha 15, Lenovo Legion™ T530 dan IdeaCentre™ T540 pada akhir bulan ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat