- Berita Terbaru

OS Terbaru Huawei Resmi Diumumkan : Bukan Hongmeng Ternyata, Tapi HarmonyOS

Huawei akhirnya mengumumkan sistem operasi terbaru mereka kemarin, HarmonyOS dan menjatuhkan moniker Hongmeng yang sebelumnya digadangkan akan menjadi pilihan utama OS pengganti Android untuk ponsel masa depan mereka.

Huawei mengatakan bahwa HarmonyOS didasarkan pada apa yang oleh Huawei disebut “OS terdistribusi berbasis mikrokernel pertama untuk semua skenario”, yang berarti akan menjadi basis dasar dari perangkat IoT seperti speaker pintar hingga TV maupun smartphone. Menurut CEO Richard Yu, sistem operasi ini juga akan mendukung ukuran RAM mulai dari yang terendah hingga pilihan gigabytes.

Baca juga : Prosesor Server AMD EPYC Gen 2 Resmi Diumumkan, CPU 64 Core & 128 Thread Dibandrol 98 Jutaan

Dan tidak lama lagi, HarmonyOS akan membuat debut awalnya di perangkat TV Honor Vision baru yang dijual di Cina mulai hari ini atau besok. Techspot mengatakan bahwa OS tersebut hampir mirip dengan Fuchsia. Namun, pihak Huawei mengklaim bahwa HarmonyOS bisa membawa kinerja IPC-nya lima kali lipat dari Fuchsia dengan penggunaan mesin laten deterministik yang menyediakan “penjadwalan sumber daya yang tepat dengan analisis dan perkiraan beban waktu nyata dan pencocokan karakteristik aplikasi.”

Perusahaan tersebut juga mengungkapkan bahwa kompiler ARK yang digunakan dalam pengembangan aplikasi HarmonyOS akan mendukung bahasa Kotlin, Java, Javascript, C dan C ++, dimana itu bisa mengisyaratkan bahwa porting aplikasi ke OS bisa disederhanakan secara substansial. Dan tidak hanya itu saja, HarmonyOS juga akan mendukung aplikasi HTML5, Linux dan Android.

Terlepas dari itu semua, OS terbaru Huawei tentu akan membuat segala sesuatu baik-baik saja, meski produsen ditinggalkan oleh beberapa rekan penting untuk bertahan. Disamping itu, produsen juga tampaknya bisa jauh lebih mandiri untuk memasarkan produk mereka, termasuk untuk skala internasional. Kehadiran Harmony bisa membawa jati diri yang jauh lebih pasti bagi perusahaan, meskipun perlu membutuhkan waktu extra untuk meyakinkan penggemar atau konsumen umum.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat