- Gaming Gear, Hardisk, Hardware

ASUS FX HDD Review : External Storage Penuh Gaya – Worth Banget Untuk Gamer

Memiliki HDD external masih menjadi pilihan utama banyak pengguna modern hari ini. Dan ketika kalian sedang mencari pilihan seru dengan nilai estetika yang sangat berkelas, ASUS FX HDD tentu sangat layak buat dipertimbangkan. Apalagi jika kalian seorang ROGers sejati yang tidak ingin kehilangan momen penting untuk tetap tampil bergaya dimanapun dan kapanpun kalian berada.

Ada banyak alasan mengapa HDD external ini bisa jadi pilihan utama kalian (atau tidak), namun untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap penjelasan jauh lebih detailnya dibawah ini. Males bacanya? Kalian juga bisa liat reviewnya dalam bentuk Video YouTube, cek selengkapnya disini (jangan lupa juga untuk subscribe).

Baca juga : ASUS ROG Fusion 500 Review : Headset Gaming Sultan Yang Penuh Makna, Mudah & Berkelas

ASUS FX HDD Review : Apa Yang kami Tahu Sejauh ini

Semua orang pasti tahu bagaimana kualitas perangkat dari ASUS, termasuk bentuk desain yang benar-benar menyenangkan. Dan hal tersebut juga berlaku untuk seri HDD external mereka, dimana ini bisa memberikan tampilan yang jauh lebih berkelas bagi pengguna modern dari sudut estetika.

ASUS FX HDD

ASUS FX HDD itu sendiri diklaim sebagai pilihan perangkat storage external yang penuh gaya, terlebih lagi membawa bentuk desain futuristik dan cahaya RGB. Disamping itu, pola desain yang ditampilkan pada HDD external itu sendiri benar-benar memiliki ciri khas gamer, yang tentu saja bisa membawa aura tersendiri untuk membawa suasana terasa jauh lebih seru, bahkan untuk “sekedar” proses transfer data sekalipun.

ASUS FX HDD

Dan ya, berbicara mengenai desain, ASUS FX HDD memiliki pola dan desain yang futuristik yang bisa sesuai dengan kepribadian kalangan gamer. Melalui proses cetakan advanced 5-axis engraving dan teknologi double injection molding, bentuk chassis yang dihadirkan pada FX HDD memberikan tampilan yang terasa jauh lebih halus dan diklaim tahan lama termasuk juga mencegah noda sidik jari.

ASUS FX HDD

Sedangkan untuk urusan pencahayaan RGB, kehadiran teknologi ASUS Aura Sync bisa memberikan ciri khas unik yang sangat elegan, bahkan kalian bisa bisa mengatur banyak hal untuk membuat HDD external ini selalu bersinar terang dengan banyak warna berbeda, yang tentu saja bisa membuat suasana terasa jauh lebih seru dibandingkan dengan perangkat yang sama dari merk lain.

Perangkat ini juga memiliki berat yang sangat ringan, yakni sekitar 145 gram dan memiliki ukuran dimensi Panjang sekitar 12.8cm, lebar 8cm dan ketebalan hanya sekitar 1.6cm. Sangat ringan bukan?

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti ASUS FX HDD
Interface USB 3.1 Gen1 x 1 (Support USB 2.0)
Color Black
Capacities 1TB/2TB
System Requirements Windows® 10 
Windows® 8 
Windows® 7 
Mac OS X 10.8 or higher
Dimensions 128 x 80 x 16.3 mm
Weight 145 g
Package Content USB 3.1 Gen1 Cable
Quick Start Guide
Harga  Rp1.225.000

Sedangkan untuk spesifikasi detailnya, ASUS FX HDD ini hadir dengan kapasitas 1TB dan memiliki rotasi RPM default sebesar 5400 RPM. Produsen sendiri menyediakan dua pilihan konfigurasi untuk kapasitas, yakni 1TB sebagai pilihan terendah dan 2TB sebagai pilihan tertinggi.

ASUS FX HDD

Konektivitas juga cukup modern, dimana HDD external ini hadir dengan  pilihan konektivitas USB 3.1 Gen 1 yang bisa memberikan kinerja super cepat tanpa banyak hambatan dengan potensi bisa memberikan kecepatan transfer data hingga 5Gbps.

ASUS FX HDD

Disamping itu, seri ini juga kompatibel untuk perangkat lama yang masih memiliki port USB 2.0. Dukungan sistem operasi yang ditawarkan ASUS FX HDD juga cukup luas, termasuk Windows 7, 8 maupun 10, dan hal tersebut juga berlaku untuk Mac OS X 10.8 atau yang lebih tinggi.

Dan ternyata, seri ini juga menyediakan software extra untuk memberikan pengalaman backup terbaik bagi pengguna, yakni NTI BACKUP NOW EZ. Intinya, kehadiran software ini bisa memudahkan proses backup data, meskipun ASUS hanya nyediain versi trial aja.

Perangkat lunak yang dibundel ini bisa menjadi solusi backup yang cukup lengkap, termasuk untuk PC maupun data seluler, media sosial, dan penyimpanan cloud. Disamping itu, storage ini juga mendukung enkripsi AES 256-bit untuk kompresi data yang jauh lebih aman.

Kinerja

Untuk urusan kinerja, ASUS FX HDD external bisa memberikan harapan yang sangat baik untuk semua kebutuhan transfer data maupun proses backup data tanpa banyak hambatan bagi pengguna jaman now.

Sebagaimana apa yang kami lakukan pada tes Crystaldiskmark, ASUS FX HDD mampu memberikan kinerja transfer data Sequential hingga 134 MB/s untuk Read speed dan hingga 127 MB/s untuk write speed.

ASUS FX HDD

Jika dibandingkan dengan seri Seagate Backup Plus Ultra Touch yang pernah kami bahas sebelumnya, HDD external dari ASUS bisa memberikan kinerja yang sedikit lebih baik dengan perbedaan performa hingga 5% baik untuk read speed maupun Write speed.

ASUS FX HDD

Dan hal tersebut juga berlaku untuk benchmark ATTO Disk Benchmark dengan kinerja rata-rata hingga 131 MB/s untuk Read speed dan hingga 130MB/s untuk write speed. Cukup menyenangkan bukan? Intinya, kalian bisa melakukan banyak hal yang bisa menghemat banyak waktu saat proses transfer data file besar melalui perangkat ini.

ASUS FX HDD

Kesimpulan

Jadi, terlepas dari apa yang telah kita ungkap sebelumnya (ataupun belum), ASUS FX HDD external tentu cukup layak untuk dipertimbangin. Ada alasan kuat mengapa seri ini bisa jadi pilihan utama kalian saat mencari perangkat storage external ideal, diantaranya adalah :

  • Nilai estetika terbaik, apalagi kehadiran ASUS RGB Lighting makin membawa kelas tersendiri yang sangat menyenangkan untuk dilihat.
  • Kinerja cepet dan stabil dengan tingkat kecepatan transfer data hingga diatas 120 MB/s.
  • Dan dukungan enkripsi AES 256-bit untuk kompresi data yang jauh lebih aman.

Hanya saja, harga yang ditawarin tentu menjadi kendala tersendiri, dimana HDD external itu sendiri hadir dengan harga sekitar 1.2 jutaan. Padahal, jika kalian membeli perangkat yang sama dengan nilai harga tersebut, kalian bisa mendapatkan kapasitas dua kali lebih besar.

ASUS FX HDD

Intinya, ASUS FX HD bisa worth banget buat pengguna atau gamer yang menginginkan banyak hal berkelas pada perangkat mereka, termasuk juga untuk urusan HDD external, apalagi jika harga enggak masalah buat kalian. Namun jika kalian termasuk kasual user yang melihat bahwa setiap rupiah sangat berarti  dan enggak peduli terhadap sisi estetika super mewah, maka ini enggak cukup layak untuk dipertimbangkan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “ASUS FX HDD Review : External Storage Penuh Gaya – Worth Banget Untuk Gamer

Comments are closed.