T-Force Vulcan Z 16GB DDR4 Series Review : Gaming Memory Murah, Kinerja Superior

T-Force Vulcan Z 16GB DDR4 Series Review : Gaming Memory Murah, Kinerja Superior

Memiliki memori gaming yang solid dengan nilai harga cukup terjangkau tentu banyak menjadi harapan semua orang. Dan ketika kalian sedang mencari pilihan idealnya, T-Force Vulcan Z 16GB DDR4 Series dari TeamGroup bisa cukup layak untuk dipertimbangkan.

Ada banyak alasan mengapa seri ini bisa menjadi pilihan utama kalian, namun untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap jauh lebih detail dibawah ini.

Baca juga : T-Force CARDEA, SSD NVMe Terbaru TeamGroup Dengan Fitur Liquid Water Cooling Resmi Dirilis

T-Force Vulcan Z Desktop Gaming Memory Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

TeamGroup sebagai salah satu produsen handal dalam urusan memori tentu sangat dikenal oleh banyak kalangan. Selain memiliki banyak produk unggulan dan kualitas yang handal, produsen asal Taiwan ini juga bisa memberikan sesuatu yang sangat menyenangkan bagi konsumen, yakni nilai harga yang cukup terjangkau dan kompabilitas yang baik.

T-Force Vulcan Z 16GB DDR4

Dan hal tersebut juga berlaku untuk memori gaming seri Vulcan Z DDR4, khususnya untuk paket 16GB dimana bisa kamu dapatkan dengan harga dibawah 1 jutaan (terhitung nilai harga hari ini).

Seri ini mungkin tidak memberikan nilai plus dalam sudut estetika, dimana memori gaming Vulcan Z hadir dengan bentuk desain sederhana dan memiliki dua pilihan warna, yakni merah dan hitam (khususnya dari modul pendingin heatspreader).

T-Force Vulcan Z 16GB DDR4

Namun, kehadiran modul pendingin aluminium justru bisa memberikan manfaat extra sebagai pelindung yang memiliki struktur yang diperkuat dan disipasi panas yang ditingkatkan. Heatspreader itu sendiri dibentuk dengan proses punch press dengan aluminium alloy one-piece setebal 0.8mm untuk memperkuat struktur tubuh. Selain itu, pewarnaan dengan proses anodisasi elektrolitik juga diklaim bisa meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan membuatnya tidak konduktif.

Dan kehadiran perekat konduktif termal, perekat konduktif termal, diklaim juga bisa memberikan kinerja extra untuk mentransfer panas pada chip IC melalui konduksi panas ke modul pendingin paduan aluminium untuk pembuangan panas yang lebih efektif. Oleh karena itu, memori gaming dapat dipertahankan dalam suhu pengoperasian, dan menawarkan pengalaman gaming terbaik dan paling lancar serta kinerja ekstrem tanpa jeda.

Spesifikasi & Kinerja

Sedangkan untuk spesifikasi, seri ini hadir dengan pilihan spesifikasi internal mumpuni, dimana produsen memberikan beberapa varian clockspeed, mulai dari 2666Mhz hingga 3200Mhz. TeamGroup juga mengatakan bahwa seri ini sangat hemat daya, disamping bisa memberikan kinerja handal maupun sisi kestabilan yang cukup baik dengan nilai voltase hingga 1.35V.

Spesifikasi T-Force Vulcan Z 16GB Series
Module Type 288 Pin Unbuffered DIMM Non ECC
Capacity 8GBx2
Frequency (Mhz) 2666, 3000, 3200
Data Transfer Bandwidth 21,328 MB/s, 24,000 MB/s, 25,600 MB/s
Latency CL18-18-18-43, CL16-18-18-38, CL16-18-18-38
Voltage 1.2V, 1.35V
Dimensions 32(H) x 140(L) x 7(W)mm
Heat Spreader Aluminum heat spreader
Warranty Lifetime warranty
Harga (mulai dari) Rp960.000

Dukungan kompabilitas yang luas juga berlaku untuk seri ini, bahkan mendukung XMP 2.0 maupun pilihan motherboard modern yang disajikan melalui platform Intel maupun AMD. Artinya bahwa semua fitur extra tersebut bisa memudahkan pengguna memori untuk kinerja maksimum, tanpa perlu mengalami berbagai hal ribet untuk menyesuaikan pengaturan kecepatan yang ideal.

T-Force Vulcan Z 16GB DDR4

Hal tersebut juga termasuk untuk seri prosesor AMD Ryzen terbaru, bahkan bisa jauh lebih menyenangkan dengan tingkat kestabilan yang cukup baik. Disamping itu, Ryzen 3000 Series kini memiliki potensi jauh lebih efektif dengan kehadiran memori dengan kecepatan 3200Mhz.

Melihat dari kinerja secara utuh, khususnya pada cache maupun memori benchmark yang disajikan oleh AIDA64, Vulcan Z 16GB DDR4 (disini kami memakai seri 3200M) bisa memberikan kinerja kecepatan Read maupun speed masing-masing hingga 45.258 MB/s dan 25.532 MB/s, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan seri DDR4 2400Mhz maupun 2666Mhz.

T-Force Vulcan Z 16GB DDR4

Dan hal tersebut juga berlaku untuk urusan kinerja memory Bandwith hingga 32.49 GB/s, sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Corsair Vengeance Pada kapasitas maupun speed yang sama (CMK16GX4M2B3200C16 ).

T-Force Vulcan Z 16GB DDR4

Untuk urusan gaming, Vulcan Z 16GB DDR4 3200Mhz terhitung sangat stabil, bahkan jika dipasangkan dengan sistem baru sekelas Ryzen 3000 yang sangat memperhitungkan nilai kompabilitas memori. Bahkan, tingkat fps yang disajikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pilihan default memori dengan clockspeed lebih rendah dari 3200Mhz.

Nilai Unggulan

Dari beberapa hal yang telah kita lalui, ada beberapa nilai unggulan yang ditawarkan oleh memori gaming Team Vulcan Z 16GB DDR4 Series, yakni  :

  • Desain sederhana namun cukup powerful untuk melindungi modul pendingin untuk kinerja yang lebih baik
  • Perekat konduktif termal tinggi bisa memberikan manfaat untuk mentransfer panas jauh lebih efektif
  • Dukungan kompabilitas untuk motherboard Intel & AMD
  • IC berkualitas tinggi
  • Dukungan XMP2.0 yang bisa memberikan kemudahan dalam mengatur kecepatan maksimum
  • Cukup hemat energi dengan tegangan kerja sangat rendah

Kesimpulan

Memori gaming handal dengan tingkat kestabilan dan kompabilitas yang baik bisa berlaku untuk Team Vulkan Z 16GB DDR4 3200Mhz, meski produsen juga memberikan pilihan varian yang berbeda dalam urusan kecepatan. Hanya saja, seri ini bisa menjadi pilihan ideal kamu, khususnya dari nilai harga dan beberapa fitur extra yang ditawarkannya. Sudut estetika mungkin tidak terlalu mewah, namun sangat nyaman dengan pilihan warna solid, meski selera pengguna pastinya berbeda-beda.

Jadi, ketika kamu sedang mencari pilihan memori handal, kompabilitas antar platform yang baik, cukup hemat daya dan nilai harga yang jauh lebih terjangkau, maka Team Vulkan Z 16GB DDR4 3200Mhz sangat layak untuk dipertimbangkan. Selain itu, kebutuhan memori jaman now hari ini tentu cukup menuntut, sehingga kapasitas 16GB bisa menjaga kebutuhan tersebut bisa terpenuhi.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “T-Force Vulcan Z 16GB DDR4 Series Review : Gaming Memory Murah, Kinerja Superior

Comments are closed.