- Berita Terbaru, Gaming Gear, RAM

Trident Z RGB 64GB DDR4 DC Memori Kit, Produk High-End Terbaru Dari G.Skill

Jika pilihan desktop memori yang sudah ada dipasaran ternyata masih belum mencukupi segala kebutuhan High-end kamu, maka kehadiran G.Skill Trident Z RGB 64GB DDR4 mungkin bisa menyenangkan hati pengguna. Terlebih lagi, pilihan memori terbaru ini dikembangkan sesuai dengan produsen motherboard Asus ‘DC (double capacity) DIMM standar.

Ya, kehadiran produk memori terbaru ini baru saja diumumkan pihak produsen, dimana ada 3 pilihan yang bisa disesuaikan pengguna dengan kapasitas maksimum 64GB (2×32) DDR4 3200Mhz. Produsen tampaknya masih kurang puas dengan kehadiran Tradisional UDIMM biasa yang hanya mampu menampung hingga 16 chip memori.

Baca juga : Berapa Sih Kecepatan Memori Yang Ideal Hari Ini?

Untuk itulah, G.Skill bekerjasama dengan tim insinyur Asus Republic of Gamers (ROG) untuk mengembangkan solusi PCB baru yang memungkinkan produsen memori bisa menggandakan kapasitas per modul. Hasilnya adalah format DIMM non-JEDEC dengan kapasitas ganda, yang telah memungkinkan G. Skill memuat hingga 32 chip memori ke dalam satu modul memori.

Modul memori Trident Z RGB DC pada dasarnya lebih tinggi dari rekan UDIMM dari produk yang sama. Tentu, kehadiran desain Trident Z yang identik dan pencahayaan RGB merupakan salah satu keunggulan lain dari modul memori ini, yang dapat dikontrol dengan perangkat lunak G.Skill atau Asus.

G.Skill Trident Z RGB menawarkan kit memori DC dalam kapasitas 64GB dan kecepatan DDR4 hingga 3.200MHz. Setiap kit terdiri dari dua modul DDR4 32GB DC dan memiliki chip memori Samsung B-die 8GB di papan. Penggemar yang tertarik untuk mengambil salah satu kit memori Trident Z RGB DC 64GB yang baru bisa memiliki tiga opsi berbeda.

Pertama, Kit dengan kecepatan 3.000MHz (F4-3000C14D-64GTZDC) memiliki pengaturan waktu pada CL14-14-14-34 dan beroperasi pada 1.35V. Kedua, Kit 3.200MHz tersedia dalam dua varian dengan timing yang berbeda. Kit F4-3200C14D-64GTZDC memiliki timing CL14-14-14-34, sedangkan kit F4-3200C14D-64GTZDCB memiliki lebih banyak timing longgar CL14-15-15-35. Kedua kit berjalan pada 1.35V seperti halnya kit 3.000MHz.

Dan sama halnya dengan perangkat memori konvensional lainnya, kit DC baru dari G.Skill ini juga dilengkapi dengan profil Intel XMP 2.0, sehingga konsumen dapat dengan mudah mengatur memori mereka dengan satu pilihan tombol.

G.Skill Trident Z RGB DC memori kit tampaknya hanya bekerja pada motherboard Asus Z390, yang masuk akal karena Asus mengembangkan standar DC DIMM dengan G. Skill. Hasilnya, hanya tiga motherboard yang dapat menggunakan modul memori DC ini, yakni ROG Z390 Maxmius XI Apex, ROG Maximus XI Gene dan ROG Strix Z390-I Gaming.

Sedangkan untuk ketersediaan, kami belum tahu secara kapan ini akan tersedia, khususnya di negara kita, termasuk juga kisaran harga. Itu karena pihak produsen masih belum menentukan semua hal tersebut secara global, namun kami memperkirakan bahwa pilihan G.Skill Trident Z RGB DC memori kit mungkin tidak lama lagi akan hadir.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat