- Hardware, Laptop

ASUS X505Z Review : Seberapa Hebat Sih Laptop 6 Jutaan ini? Cari Tahu Selengkapnya Disini

ASUS X505Z bisa menjadi pilihan ideal bagi kamu yang lagi nyari notebook 6 jutaan dengan banyak pilihan menarik. Dan hal terbaiknya, kehadiran prosesor AMD Ryzen 3 2200U plus sajian Radeon Vega 3 GPU tampaknya bisa membawa magnet tersendiri bagi penggemar, terlebih lagi kinerja yang cukup layak untuk diungkapkan.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan oleh laptop 6 jutaan tersebut? Mari kita ungkap lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Lebih Banyak Layar Berarti Lebih Baik, Dan ASUS ZenBook Pro Terbaru Sudah Bisa Mewakilinya

ASUS Vivobook X505Z Review : Pandangan Umum

Spesifikasi ASUS VivoBook X505Z
Processor AMD® Ryzen™ 3 2200U Processor, 2.5 GHz (1 M Cache, up to 3.4 GHz)
Operating System Windows 10 Home
Memory 4 GB DDR4 2400Mhz
Display 15.6″ (16:9) LED-backlit HD (1366×768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
Graphic AMD Radeon™ Vega 3 Graphics
Storage 1TB HDD 5400rpm
Keyboard Chiclet keyboard
Card Reader Multi-format card reader (SD/SDHC/SDXC/MMC)
WebCam VGAWebcam
Networking Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2), Bluetooth® 4.2
Interface 1 x COMBO audio jack
1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1)
1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1)
2 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN jack for LAN insert
1 x HDMI, HDMI support 1.4
Audio Built-in 18 W Stereo Speakers with Microphone
Battery 3 -Cell 42 Wh Battery
Dimensions 361.4 x 243.5 x 18.9 mm (WxDxH) (w/ 3-Cell Battery)
Weight 1.6 kg
Security fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)
Harga Rp5.999.000

ASUS Vivobook X505Z pada dasarnya sudah cukup lama dirilis, yakni pada awal agustus 2018. Namun, tampaknya masih banyak konsumen yang penasaran dengan seri laptop berbasis Ryzen ini, sehingga akan kami ungkap jauh lebih detail termasuk dari sisi positif maupun nilai minusnya.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Istilah laptop murah dengan bentuk desain yang jauh lebih baik dan terkesan premium bisa menjadi layar utama dari apa yang ditawarkan oleh X505Z ini, apalagi kehadiran bingkai layar dengan bezel tipis mampu memberikan visual terasa jauh lebih luas, pilihan warna dan materi yang cukup solid plus bobot yang ringan juga merupakan salah satu keunggulan lain yang ditawarkan oleh laptop tersebut.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Dengan tingkat ketebalan hanya sekitar 1.7cm dan memiliki bobot super ringan dengan berat hanya sekitar 1.5Kg, tentu ini bisa dikatakan sebagai salah satu nilai positif bagi pengguna. Intinya, kamu bisa membawa dengan sangat mudah perangkat portable tersebut kemana saja tanpa merasakan beban yang berat.

Disamping itu, sajian minimalis namun masih memberikan kesan premium, khususnya dari finishing warna juga merupakan sisi istimewa dari apa yang bisa ditawarkan produsen asal Taiwan tersebut. Hasilnya, pengguna seolah-olah bisa merasakan sebuah laptop premium dengan tampilan bergaya dan cukup elegan saat membawanya di ruang publik, padahal harganya terhitung murah.

Baca juga : ASUS ZenBook Pro 14 UX480 Resmi Dirilis, Notebook Hebat Lainnya Untuk Content Creator

Display & Konektivitas

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Untuk urusan display, seri ini membawa ukuran layar 15.6” dengan ruang resolusi maksimum hingga HD (1366 x 768) serta membawa pilihan 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC. Kehadiran bezel tipis hingga 7.7mm dan rasio screen-to-body hingga 81% merupakan bonus yang besar dan bisa memberikan tampilan visual terasa jauh lebih luas. Meski, sajian panel TN pada notebook tersebut tentunya memiliki keterbatasan dalam hal sudut pandang.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Disisi lain, urusan konektivitas yang dibawah laptop ini membawa banyak pilihan modern meski terbatas dalam jumlah. Beberapa pilihan konektivitas secara fisik tersebut adalah 2x Port USB 2.0, sebuah port USB 3.0, USB Type-C, Port HDMI, Jack Audio Combo, Port Lan RJ-45 dan SD-Card Reader.

Sedangkan untuk urusan konektivitas Virtual, kehadiran Wireles Lan 802.11ac tentu merupakan kemajuan yang cukup besar untuk mendongkrak kinerja WiFi jauh lebih efektif, termasuk kehadiran Bluetooth 4.2 yang modern untuk mendukung berbagai peripheral lain.

Keyboard & Touchpad

Untuk urusan keyboard, sajian perangkat pengetikan yang dibawa produsen mungkin terkesan keren secara visual, namun kinerja yang ditawarkan terkadang sedikit kurang nyaman, khususnya pada beberapa tombol tertentu seperti tombol petunjuk arah kanan, kiri, atas maupun bawah yang dibuat lebih kecil daripada pilihan tombol lainnya. Dan hal tersebut juga termasuk dalam urusan penekanan keyboard yang memiliki tingkat perjalanan cukup dangkal sehingga terkadang membuat kegiatan pengetikan secara utuh suka tidak nyaman untuk dilalui.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Sedangkan untuk urusan touchpad, ASUS X505Z memiliki ruang touchpad yang cukup luas, bahkan mendukung gerakan tiga jari dengan penekanan klik bisa dilakukan dimana saja. Hasilnya, segala kegiatan navigasi melalui jari-jemari terasa sangat nyaman untuk dilakukan.

Audio & Webcam

Kehadiran Audio juga membawa banyak hal yang menyenangkan, bahkan terasa jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kualitas suara dengan seri laptop mainstream lain pada umumnya. Tentu, kehadiran Built-in 18 W Stereo Speakers with Microphone dan membawa teknologi ASUS SonicMaster merupakan salah satu alasannnya, sehingga kegiatan mendengar musik atau apapun itu akan sangat nyaman di telinga konsumen.

Sedangkan untuk webcam, pilihan kasual dan standar dengan versi kamera VGAWebcam tampaknya tidak membawa sisi kualitas yang cukup baik, bahkan jika hal baik berlaku untuk urusan biasa. Artinya bahwa ia tidak bisa membawa harapan positif secara utuh bagi konsumen, terlebih lagi fitur webcam hanya mampu memberikan resolusi kecil, bahkan pengguna perlu membutuhkan pencahayaan terang untuk membukan semua kualitas kamera.

Spesifikasi Internal

Sajian spesifikasi internal bisa membawa nilai istimea tersendiri bagi penggemar, apalagi kehadiran prosesor yang cukup tangguh, yakni Ryzen 3 2200U dan iGPU Radeon Vega yang sempat menjadi pilihan fenomenal konsumen dengan anggaran terbatas pada tahun 2018.

Untuk urusan CPU, AMD Ryzen 3 2200U hadir sebagai pilihan kekuatan komputasi utama, dimana prosesor ini memiliki fitur dual core dan 4 threads, clockspeed dasar sebesar 2.5Ghz dan memiliki maksimum boost clock hingga 3.4Ghz. Kecepatan yang disajikan produsen sangat nyaman untuk dilalui, terlebih lagi membawa nilai L3 cache cukup lumayan hingga 4MB.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Prosesor itu sendiri hadir dalam bentuk sajian 14nm dengan membawa nilai TDP default 15W, sehingga bisa memberikan nilai efekif dan sangat berpengaruh dalam sisi penghematan baterai plus dukungan memori hingga DDR4 2400Mhz.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Dan untuk urusan performa, kinerja yang disajikan melalui Cinebench R15, AMD Ryzen 3 2200U mampu memberikan perlawanan yang ketat dengan seri Core i3, meski memiliki keunggulan dalam kinerja multithread. Artinya bahwa dengan nilai harga cukup murah, kamu bisa mendapatkan sebuah notebook sekelas Core i3 yang cukup populer, bahkan bisa jauh lebih baik.

Sedangkan untuk urusan Grafis, Radeon Vega 3 yang dibawah prosesor Ryzen 3 2200U bisa menjadi pilihan yang cukup menyenangkan. Terlebih lagi, kemampuan grafis ini bisa memberikan kinerja lebih dari istilah kasual, bahkan jauh melebihi dari apa yang ditawarkan Intel HD Grafis.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Intinya adalah, kamu bisa menghadirkan kinerja gaming kasual maupun eSport, termasuk beberapa game lama yang cukup menuntut, khususnya pada resolusi 720p, meski kehadiran memori extra akan mendongkrak kinerja jauh lebih besar.

[Best_Wordpress_Gallery id=”106″ gal_title=”ASUS X505Z GPU Performance”]

Memori dan storage masih terhitung standar, dengan pilihan default adalah 4GB DDR4 untuk memori dan 1TB HDD. Pilihan ini terkadang masih cukup kurang untuk kegiatan modern, bahkan untuk hal kasual sekalipun. Kehadiran SSD dan upgrade RAM tampaknya wajib untuk kamu dapatkan, sehingga bisa memberikan tingkat kecepatan sistem yang ideal, termasuk kinerja gaming yang jauh lebih menyenangkan.

Performa Sistem

Untuk urusan performa, secara keseluruhan dari apa yang ditawarkan oleh laptop ini terhitung sangat baik, khususnya untuk kinerja sistem. Meski kecepatan loading sistem operasi terhitung masih standar, terlebih lagi kehadiran HDD tradisional menjadi pilihan utamannya. Hal tersebut juga dihambat oleh pilihan memori default yang hanya sebesar 4GB. Artinya pekerjaan multi-tasking, laptop ini kurang ideal jika kamu hanya bergantung pada spesifikasi internal yang terbatas, khususnya dari segi RAM maupun storage.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Namun, hasil benchmark dari PC Mark 08 menunjukan bahwa kinerja yang ditawarkan ASUS X505Z bisa melebihi kasual laptop yang sebanding, baik dari sudut harga maupun kinerja. Itu tentu bisa menjadi kelebihan tersendiri dari produsen jika dibandingkan dengan pilihan merk laptop lainnya dengan harga 5 sd 7 jutaan kurang.

Performa Gaming

Dan sebagaimana telah apa yang kami ungkap sebelumnya, seri ini juga bisa memberikan kinerja gaming yang cukup menyenangkan, khususnya untuk level kasual maupun eSport gaming seperti DOTA 2, World Of Warcraft BFA (Battle Of Azeroth), World Of Tanks dan CS:Go. Kinerja FPS rata-rata yang disajikan oleh Radeon Vega 3 bisa melebihi nilai Fps 30, bahkan untuk CS:GO maupun World Of Tanks bisa melebihi nilai Fps 80.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Ini tentu bisa membawa sisi keunggulan ideal, khususnya bagi kamu yang berencana untuk tidak hanya membawa sisi kasual work office saja pada laptop ini, namun juga untuk kebutuhan gaming extra.

Performa Baterai

Sedangkan untuk urusan baterai, ASUS X505Z membawa pilihan baterai 3 -Cell 42 Wh yang cukup baik, dimana ia bisa memberikan kinerja hingga 4.45 jam untuk kinerja kasual, baik untuk penggunaan web browsing, office working dan banyak hal lagi. Dan untuk urusan kinerja gaming, performa baterai yang ditawarkan memiliki waktu hingga 2 jam 30 menit, dan itu cukup baik secara keseluruhan.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Untuk performa charging, dari level 10% hingga 100% untuk kegiatan pengisian daya, kamu perlu menunggu waktu hanya sekitar 1.40 menit. Itu cukup cepat jika dibandingkan dengan laptop kasual pada umumnya.

Upgrade RAM & SSD, Bisa?

Tentu saja bisa, dimana produsen sudah menyediakan slot extra untuk SSD dengan bentuk faktor M.2 maupun memori, meski hanya tersedia satu slot saja. Pilihan RAM Default tidak bisa digantikan karena memori yang hadir sudah permanen dengan sisi motherboard. Hanya saja, tidak ada ruang khusus untuk memudahkan proses tersebut, dan hal terbaiknya adalah menyerahkannya kepada service center atau toko penjual, apalagi jika berkaitan dengan garansi.

Laptop 6 Jutaan ASUS X505Z

Disisi lain, laptop ini sebenarnya bisa diupgrade oleh pengguna secara DIY (do it yourself), meski terkadang itu merupakan hal yang sangat sulit bagi konsumen pada umumnya, apalagi jika kamu tidak memiliki pengetahuan khusus untuk memulai. Tentu, karena kamu perlu membongkar hampir semua komponen pada laptop tersebut, dimana satu kesalahan kecil bisa berakibat fatal.

Kesimpulan

ASUS Vivobook X505Z tampaknya secara keseluruhan bisa cukup layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan utama kamu saat sedang mencari laptop murah dengan harga sekitar 6 jutaan. Ada banyak hal yang bisa menjadi keunggulan laptop tersebut, diantaranya adalah :

  • Bentuk desain yang kompak, ringan dan elegan
  • Kekuatan prosesor dan grafis yang cukup tangguh – setara (atau sedikit lebih baik) dengan seri Core i3
  • Ruang visual yang jauh lebih besar
  • Fitur Audio terbaik
  • Garansi Panjang hingga 2 tahun
  • Bawaan Sistem Windows 10 Original

Sedangkan untuk sisi minusnya adalah :

  • Fitur keyboard yang agak kurang nyaman
  • Fitur Upgrade perangkat yang sulit
  • Harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan seri Laptop Ryzen lainnya

Nah, itu dia ulasan lengkap mengenai laptop ASUS X505Z yang memiliki banyak fitur menarik, kekuatan komputasi ideal, meski beberapa sisi minus juga hadir bersamanya. Namun terlepas dari apa yang telah kami ungkap sebelumnya, ASUS Vivobook X505Z cukup layak untuk kamu pertimbangkan, khususnya ketika nilai utama kamu adalah sisi kemudahan plus kekuatan komputasi yang handal.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat